Dalam era modern ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk menanam sendiri tanaman di rumah mereka. Salah satu metode yang semakin populer adalah tanaman hidroponik rumahan. Lalu apa itu tanaman hidroponik ini? Tanaman hidroponik adalah tanaman tanpa menggunakan tanah. Dalam hal ini dengan menyediakan nutrisi secara langsung ke akar tanaman melalui air yang diperkaya dengan nutrisi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang tanaman hidroponik, seperti jenis sistem hidroponik yang cocok untuk rumahan, serta beberapa informasi lainnya.

Jenis Sistem Tanaman Hidroponik Rumahan

Menjadi Petani Modern Di Rumah Dengan Tanaman Hidroponik Rumahan
Aneka jenis sistem hidroponik, Sumber: Istockphoto.com

Ada beberapa jenis sistem hidroponik yang dapat diterapkan di hunian Anda dan menjadi taman hidroponik yang unik. Anda dapat memilih yang paling sesuai kebutuhan dan ketersediaan ruang di rumah Anda untuk menanam tanaman secara efisien dan efektif.

1. Sistem Kratky

Sistem Kratky adalah salah satu metode hidroponik yang paling sederhana dan cocok untuk pemula. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan akar tanaman di dalam larutan nutrisi yang diletakkan dalam wadah tertutup, tanpa adanya aliran air. Tanaman hidroponik akan mengambil nutrisi dari larutan tersebut dan tumbuh secara alami.

2. Sistem Wick

Sistem Wick menggunakan sumbu atau kain sebagai perantara untuk mengangkut larutan nutrisi dari wadah penyimpanan ke akar tanaman. Cara kerjanya mirip dengan sistem Kratky, namun dengan tambahan sumbu atau kain sebagai medium penyerap. Sistem ini juga cukup sederhana dan cocok untuk digunakan di rumah.

3. Sistem NFT (Nutrient Film Technique)

Sistem NFT melibatkan aliran terus menerus larutan nutrisi yang sangat dangkal melalui akar tanaman. Larutan nutrisi mengalir di atas akar tanaman hidroponik rumahan dalam saluran yang dangkal. Sehingga akar tetap terkena nutrisi tetapi tidak tenggelam di dalamnya. Sistem ini cocok untuk tanaman yang membutuhkan akses terus menerus terhadap air dan nutrisi, seperti selada dan bayam.

4. Sistem Drip

Sistem Drip menggunakan pipa yang mengalirkan larutan nutrisi ke akar tanaman melalui nozzle yang ditempatkan dekat dengan akar tanaman. Cara kerja hidroponik sistem drip mirip dengan tetesan air, nutrisi disalurkan secara langsung ke akar tanaman dengan tingkat aliran yang dapat diatur.

5. Sistem Aeroponik

Sistem Aeroponik adalah metode hidroponik yang menggunakan udara sebagai media tumbuh bagi akar tanaman. Nutrisi disemprotkan ke akar tanaman dalam bentuk kabut atau partikel kecil menggunakan pompa atau sistem semprot. Sehingga akar tanaman hidroponik rumahan terpapar langsung dengan nutrisi. Metode ini memungkinkan pertumbuhan tanaman yang cepat dan efisien, serta penggunaan air yang minimal.

6. Sistem Vertikultur

Sistem Vertikultur adalah metode hidroponik di mana tanaman ditanam secara vertikal, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Tanaman ditempatkan dalam pot atau wadah yang ditumpuk secara vertikal, dengan larutan nutrisi mengalir dari bagian atas ke bawah. Metode ini sangat cocok untuk mengoptimalkan ruang taman atau halaman rumah yang terbatas.

Jenis Tanaman Hidroponik Rumahan

Menjadi Petani Modern Di Rumah Dengan Tanaman Hidroponik Rumahan
Jenis tanaman untuk hidroponik rumahan, Sumber: Istockphoto.com

Dengan memilih jenis tanaman sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, Anda dapat menikmati hasil panen yang melimpah dan berkualitas tinggi. Bahkan ini bisa menjadi peluang bisnis tanaman hidroponik untuk Anda. Nah, berikut beberapa jenis tanaman hidroponik yang bisa Anda tanam.

1. Selada

Selada merupakan salah satu jenis tanaman yang paling cocok untuk ditanam dengan metode hidroponik rumahan. Tanaman selada memiliki akar yang dangkal dan cepat tumbuh. Sehingga cocok untuk ditanam dalam sistem hidroponik yang menyediakan nutrisi secara langsung ke akarnya.

2. Bayam: Tanaman Hidroponik Rumahan Populer

Bayam adalah tanaman daun hijau lainnya yang sering kali ditanam dengan metode hidroponik rumahan. Bayam memiliki pertumbuhan yang cepat dan membutuhkan sedikit ruang untuk tumbuh. Dengan sistem hidroponik, bayam dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan daun hijau yang segar dan bergizi.

3. Herba Aromatik

Herba aromatik seperti mint, basil, dan rosemary juga merupakan pilihan yang populer untuk ditanam dengan metode hidroponik rumahan. Tanaman-tanaman hidroponik rumahan ini sering digunakan sebagai tambahan aroma dan rasa dalam masakan. Sehingga memiliki nilai tambah yang tinggi bagi pecinta kuliner.

4. Tomat Ceri

Tomat ceri adalah jenis tomat yang kecil dan cocok untuk ditanam dalam wadah atau pot kecil di dalam rumah. Dengan metode hidroponik, Anda dapat menanam tomat ceri secara efisien dan mendapatkan hasil yang melimpah dalam waktu yang relatif singkat. Tomat ceri juga memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga menjadi pilihan favorit bagi para penggemar buah tomat.

5. Cabai Rawit

Cabai rawit adalah tanaman yang cocok untuk ditanam dengan metode hidroponik bagi pecinta pedas. Tanaman cabai rawit memiliki pertumbuhan yang cepat dan membutuhkan sedikit perawatan. Dengan sistem hidroponik, Anda dapat menghasilkan cabai rawit segar sepanjang tahun tanpa harus menunggu musim tanam di luar.

6. Kangkung

Kangkung adalah tanaman sayuran hijau yang populer di Asia Tenggara dan sering kali ditanam dalam sistem hidroponik rumahan. Tanaman hidroponik ini memiliki pertumbuhan yang cepat dan dapat dipanen dalam waktu yang relatif singkat. Dengan sistem hidroponik, Anda dapat menanam kangkung dengan mudah di dalam rumah dan memiliki pasokan sayuran segar secara teratur.

Menjadi Petani Modern dengan Tanaman Hidroponik Rumahan

Menjadi Petani Modern Di Rumah Dengan Tanaman Hidroponik Rumahan
Ilustrasi berkebun rumahan dengan hidroponik, Sumber: Istockphoto.com

Tanaman hidroponik rumahan merupakan cara inovatif untuk menanam tanaman di dalam rumah dengan efisien dan ramah lingkungan. Dengan memahami jenis-jenis tanaman tersebut dan sistemnya, Anda dapat berhasil menjadi petani modern di dalam rumah Anda sendiri.

Itu dia sekilas informasi mengenai jenis tanaman hidroponik dan sistemnya. Masih banyak informasi mengenai taman dan kebun hanya di sini.

Tukang Taman Berpengalaman.