Setiap orang mendambakan memiliki taman yang sejuk dan nyaman. Tak heran, hal tersebut karena taman sering dijadikan tempat untuk melepas penat ataupun lelah dengan kesibukan sehari-hari. Namun tahukah anda, ternyata anda dapat mendesain taman yang anda miliki dengan menggunakan marmer. Selain itu anda juga dapat menggunakan marmer tersebut untuk mendesain ruang terbuka lainnya. Lalu apa itu marmer dan bagaimana penggunaannya? Berikut kami berikan ulasannya untuk anda.

Apa itu Marmer?

Sebagian orang mungkin mengenal marmer hanya sebagai bongkahan batu. Namun dugaan itu tidak sepenuhnya salah. Marmer adalah jenis batu metamorf yang terbentuk dari batuan kapur. Batu ini memiliki beragam corak. Sehingga kalau kita lihat setiap batu marmer akan memiliki liku yang berbeda. Namun perbedaan corak ini justru menjadikan batu marmer menjadi pilihan yang berbeda dibandingkan dengan batu-batu lainnya.

Marmer Dengan Tekstur Batu Mineral dan Kuarsa Putih, Sumber: Unsplash/@olga_o

Banyak sekali penggunaan marmer di kehidupan kita. Seringkali marmer dimanfaatkan sebagai ubin lantai rumah maupun bangunan lain seperti Masjid Istiqlal Jakarta. Namun selain digunakan sebagai ubin lantai, marmer juga sering dimanfaatkan sebagai pelapis tembok. Marmer juga sering kita lihat sebagai bahan untuk pembuatan meja ataupun kursi.

Jenis Marmer

Setelah mengenal lebih dalam mengenai marmer, ada baiknya kita untuk mengenal juga apa saja jenis-jenis marmer tersebut. hal ini menjadi penting karena masih banyak orang yang awam mengenai jenis-jenis marmer. Selain itu dengan mengetahui jenis-jenis marmer ini maka anda juga akan mengetahui juga karakteristik setiap marmer tersebut.

1. Marmer Carrara

Jenis marmer yang pertama adalah marmer carrara. Marmer ini memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga banyak yang menggunakannya untuk bahan pembuatan patung. Selain untuk membuat patung, marmer carrara juga sering dipakai di kamar mandi. Warnanya yang keabu-abuan membuat daya tarik tersendiri dibandingkan jenis marmer yang lain.

2. Marmer Onyx

Apabila anda menginginkan batu marmer yang berkesan keren dan elegan, maka marmer onyx bisa menjadi pilihan. Marmer ini merupakan jenis marmer yang memiliki lapisan banyak dan sekilas terlihat transparan. Karena keunikannya ini pun marmer onyx sering dipakai sebagai penambah aksen pada furniture.

3. Marmer Travertine

Marmer yang satu ini tidak kalah uni dibandingkan dengan jenis marmer sebelumnya. Keunikan pada marmer travertine ini adalah adanya lubang yang terbentuk alami di permukaannya. Lubang-lubang ini menjadikan kesan khas tersendiri. Dalam pemasangannya, anda dapat membiarkan lubang-lubang ini ataupun menutupnya. Untuk menutup lubangnya anda dapat menggunakan resin atau polimer. selanjutnya anda dapat memolesnya agar mengkilap. untuk itu Anda dapat menggunakan jasa poles marmer

Penggunaan Marmer Buat Taman (Eksterior)

Apabila anda hendak menggunakan marmer pada taman atau bagian eksterior anda, marmer tersebut dapat diaplikasikan pada beberapa bagian, antara lain :

Marmer Bisa Dimanfaatkan Untuk Pembuatan Lampu Taman, Sumber: Instagram/@marblestone215

1. Lampu Taman

Marmer adalah salah satu batuan yang memiliki sifat meneruskan cahaya. Dari sifat tersebut anda dapat menggunakan marmer sebagai penghias lampu taman. Namun untuk melakukannya anda harus menyiapkan uang yang lumayan banyak karena desain ini akan memakan banyak biaya.

2. Pilar

Selanjutnya anda dapat menggunakan marmer sebagai kolom atau pilar taman anda. Dengan menggunakan marmer untuk pilar taman, maka akan membuat taman tersebut terkesan mewah. Selain mewah taman nantinya juga akan terlihat kokoh bila dipandang. Itulah sebabnya rumah yang bertemakan klasik kontemporer menggunakan marmer sebagai pilarnya karena akan memberikan ikon tersendiri.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kursi Taman Unik dan Menarik

3. Pot Tanaman

Mungkin sebagian banyak dari anda mengira bahwa pot hanya terbuat dari plastik saja. Namun untuk kesan taman yang lebih mewah, anda dapat memanfaatkan marmer sebagai media tanaman atau pot. Anda dapat membentuk pot tersebut sesuai dengan keinginan anda. Dengan demikian taman anda akan terlihat asri dan terkesan mewah. Untuk mendesain taman tersebut anda dapat  memanfaatkan jasa arsitektur desain rumah.

Keunggulan Marmer Untuk Penggunaan Taman (Eksterior)

Walaupun terkenal ahal, penggunaan marmer masih menjadi idola di setiap kalangan. Permintaannya pun masih sangat banyak. Hal ini bukan tanpa alasan. Banyak sekali keunggulan yang bisa didapatkan apabila menggunakan marmer seperti berikut ini:

Marmer Dengan Tektur Mirip Kertas, Sumber: Unsplash/@kellysikkema

1. Tahan Panas

Marmer sudah sangat terkenal karena sifatnya yang dapat menahan panas. Hal ini karena marmer adalah salah satu bahan yang tidak bisa menghantarkan panas atau penghantar panas yang buruk. Inilah yang menjadikan keistimewaan bagi marmer sehingga lebih banyak dipilih dibandingkan bahan yang lain.

2. Mudah Dibersihkan

Selain tahan panas, marmer juga dapat dibersihkan dengan mudah. Batu marmer memiliki karakteristik padat dan mengkilap. Untuk membersihkannya pun anda cukup memanfaatkan pembersih lantai yang tersedia di rumah anda. Anda juga dapat memanfaatkan baking soda untuk hasil yang lebih baik. Dengan demikian pemanfaatan marmer untuk eksterior pun akan terhindar dari noda membandel.

3. Tahan Lama

Marmer adalah contoh batuan yang sangat tahan terhadap segala cuaca baik itu panas ataupun. Dengan demikian marmer pun akan tahan lama inilah yang menjadi keunggulan dan dicari oleh para penggemar batu.

4. Mudah Dipotong

Salah satu sifat marmer yang paling digemari adalah marmer tersebut mudah dipotong. Selain mudah dipotong marmer juga mudah dibentuk. Dengan mudah dibentuk maka anda dapat memanfaatkan kreatifitas anda untuk membentuk taman secantik mungkin.

Demikianlah ulasan mengenai penggunaan marmer untuk untuk taman atau ruang terbuka. Setiap taman yang akan anda buat akan sangat terlihat mewah apabila menggunakan marmer di dalamnya. Semoga dengan uraian di atas dapat membantu anda untuk membuat taman anda menjadi lebih indah.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.