Pupuk adalah bahan kimia organik dan anorganik yang terbuat dari bahan alamia maupun sintetis dan yang telah diolah dari organisme yang telah melalui proses rekayasa.

Untuk mendediakan unsur hara bagi tanaman baik dipakai untuk tanaman secara langsung maupun tidak langasung. Maka dari itu banyak cara yang kita lakukan untuk membuat tanaman di rumah hunian dengan memberikan pupuk.

Agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan alami dan mendapatkan hasil yang bagus dan cantik. Salah satunnya adalah menggunakan dan memanfaatkan pupuk secara berkala.Yang mana dipercaya dapat memberikan nutrisi pada tanah.

Ilustrasi gambar sedang memberikan pupuk pada tanaman sumber flamboyansari.com

Sehingga dapat membuat tanaman hias ini tumbuh dengan sehat dan segar. Agar dapat di cetak kemasan untuk membuat suatu karangan maupun buket dari tanaman hias maupun dari tanaman bunga.

Bagi anda yang memiiki tanaman bunga maupun tanaman hias atau mempunyai hobi merawat tanaman tersebut. Maka dari itu simak ulasan jenis-jenis pupuk dibawa ini agar kita dapat merawat tanaman dengan pupuk secara baik dan benar.

Pupuk Kompos

Jenis pupuk pertama yang baik untuk merawata tanaman adalah pupuk kompos. Pupuk kompos adalah pupuk yang terbuat dengan cara menguraikan sisa-siasa tanaman dan hewan dengan bantuan organisme hidup.

Sementara untuk membuat pupuk kompos sendiri diperlukan bahan baku berupa material organik dan organisme pegurai. Yang mana organisme pengurainya bisa berupa mikroorganisme ataupun makroorganisme.

Maka dari itu manfaat pupuk kompos ini sangat penting untuk kita ketahui, salah satunnya adalah dapat memberikan kepata semua tanaman. Mulai dari tanaman perkebunan, peertanian, tanaman hias, sayur-sayuran dan buah-buahan dan lain-lain.

Ilustrasi gambar sedang membuat pupuk kompos dari sisa-sisa makanan sumber itera.ac.id

Pupuk Kandang

Jenis pupuk yang baik untuk tanaman berikutnya adalah pupuk kandang. Pupuk kandang merupakan jenis pupuk yang terbuat dari kotoran hewan baik hewan sapi, kambing, kuda, dan ayam.

Fungsi dari pupuk kotoran hewan ini digunakan pada lahan pertanian yang mana untuk menyediakan unsur hara bagi tanaman dan bisa juga untuk memperbaiki kesuburan tanah dan struktur tanah.

Pupuk kandang tersebut memiliki dua jenis pupuk kandan yaitu pupuk kandan dingin yang berasal dari kotoran hewan yang diurai mikroorganisme secara perlahan.

Untuk yang kedua adalah pupuk panas yang mana pupuk tersebut biasannya berasal dari kotoran hewan seperti sapi dan kerbau. Maka dari itu pupuk kandan tersebut sangant cocok untuk merawat tanaman dipekarangan rumah kita.

Manfaat daru pupuk kandang tersebut dapat memberikan manfaat berupa ketersediaan unsur hara, mikro dan makro, serta dapat memerikat ion tinggi dalam tanah. Sehingga struktur pada tanah dapat diperbaiki secara optimal.

Gambar contoh pupuk kandang dari kotoran kambing sumber m.kaskus.co.id

Pupuk Urea

Jenis pupuk yang baik untuk tanaman selanjutnya ialah pupuk urea. Pupuk urea adalah pupuk yang mengandung nitrogen berkadar tinggi.

Sementara itu pipuk ini banyak dikenal dengna nama carbamide yang terutama digunakan dikawasan negara bagian Eropa. Pupuk urea ini sangat bermanfaat bagi tanaman yaitu untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Sementara itu pupuk ini termasuk salah satu jenis pupuk higroskopis, sehingga lebih mudah menguap diudara. Pupuk urea sendiri mempuntai manfaat diantaranya seperti dapat membuata daun pada tanaman lebih hijau dan segar.

Selain membuat daun terlihat lebih hijau pupuk urea juga dapat mempercepat pertumbuhan tanaman, sehingga taman akan cepat tinggi dan memiliki cabang yang banyak selain itu juga bisa meningkatkan produksi panen jika pemberian pupuk secara tepat.

Pupuk KCL

Gambar contoh kemasan pupuk kcl sumber kiospupuk.com

Jenis pupuk yang cocok untuk dan baik untuk tanaman berikutnya ialah pupuk KCL. Pupuk KCL adalah merupakan jenis pupuk penyubur tanah yang bersifat anorganik tunggal dengan konsentrasi tinggi.

Pupuk ini dapat dikategorikan dalam dua macam yaitu jenis pupuk KCL 80 yang memiliki kandungan K20 sebesar 53% dan jenis yang kedua yaitu KCI 90 yang memiliki kandungan K20 sebesar 58%.

Pupuk KCL tersebut berbentuk kristal dan berwarna putih dan merah. Maka dari itu pupuk ini dangat cocok untuk tanah dengan kadar klorida yang rendah.

Sementara manfaat dari pupuk ini adalah diantarannya untuk meningkatkan kualitas, memperkuat batang tanaman dan tanaman lebih tanah rterhadap serangan hama dan penyakit dan juga dapat meningkatkan hasil panen.

Pupuk Cair Bio Organik

Jenis pupuk yang baik untuk tanaman dirumah selanjutnya adalah pupuk cair bio organik. Pupuk Cair Bio Organik adalah pupuk organik berupa cairan yang dijhasilkan dari proses bioteknologi.

Gambar pupuk bubuk dan cair bio organik sumber sidomunculpupuknusantara.com

Yang mana pupuk ini terbuata dari bahan-bahan organik pilihan yang ramah lingkungan sehingga dapat bermanfaat untuk memaksimalkan hasil panen dan budidaya seperti buah-buahan dan sayuran.

Manfaat dari pupuk Cair Bio Organik diantarannya dapat mendorong dan meningkatkan pembentukan klorofil daun dan pembentukan bintil akar pada tanaman.

Sehingga dapat meningkatkan kemampuan berfotosintetis maupun dalam menyerap nitrogen dari udara.Selain itu pupuk cair ini memiliki bahan. dan pengikat sehingga larutan yang diberikan kepermukaan tanah bisa langsung digunakan untuk menanam tanaman.

Pupuk NPK

Jenis pupuk yang baik untuk tanaman dipekarangan selanjutnya adalah Pupuk NPK. Pupuk NPK merupakan jenis pupu buatan yang berbentuk cair dan padat berupa butiran kasat yang menagandung unsur hara utama, nitrogen, fosfor dan kalium.

Bentuk produk dari pupuk NPK yang sering dipakai oleh para petani adalah berupa pupuk tablet, pelet, cair dan bubuk. Sementara untuk kemanfaatannya secata umum adalah dapat memnantu pertumbuhan tanaman agar berkembang secara maksimal.

Dan juga menjadikan tamanan lebih hijau dan pertumbuhan tanaman secara keseluruhan menjadi lebih cepat dan juga dapat meningkatkan kandungan protein ketika panen serta dapat memacu pada perkembangan jaringan.

Tidak hanya itu saja pupuk NPKini juga dapat merangsang pembentukan bunga dan pematangan buah serta dapat meningkatkan daya tahan terhadapa penyakit dan juga dapat menyalurkan hasil asimilasi dari daun ke seluruh jaringan tanaman.

Pupuk Hijau

Gambar orang sedang mengolah dedauna dijadikan sebagai pupuk hijau sumber tgc.lk.ipb.ac.id

Jenis pupuk yang baik untuk tanaman berikutnya adalah pupuk hijau. Pupuk Hijau adalah pupuk yang terbuat dari bahan dasar dari tanaman dan tumbuhan hijau yang diperoleh dari sisa panen.

Biasannya pupuk hijau ini digunakan untuk jenis tumbuhan kacan-kacangan, yang mana lebih seringa digunakan. Karena pupuk tanaman ini memiliki kandungan niterogen yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya.

Manfaat yang kita gunaka dari pupuk hijau ini adalah agar dapat meningkatkan produktivitas ranah. Karena dengan meningkatkan tabnah dengna bahan organik dan unsur hara dalam tanah.

Maka dari penggunaan pupuk tersebut akan terjadi perbaikan sifat, fisik, kimia dan biologi tanah. Manfaat lain dari pupuk hijau ialah untuk meningkatkan ketahanan tanah supaya lebih kuat terhadap bahaya erosi.

Bagi anda yang tidak mempunyai lahan tanah atau mempunyai tanah yang sampi untuk menanam tanaman alangkah baiknya anda bisa membeli tanah yang sesuai dengan budget anda.

Agar anda bisa memiliki rumah dengan pekaranan yang luas sehingga anda bisa menanam tanaman sesuai dengan keinginan anda dan anda bisa merawatnya meggunakan pupuk organik dan anorganik yang telah saya sarankan diatas.

Itulah beberapa jenis pupuk yang baiik untuk tanaman hias dan bunga yang dapat anda coba sendiri dirumah. Dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya mengenai tips menanam tanaman hias teh-tehan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.