Salah satu cara memperindah pekarangan atau halaman rumah agar tidak terlighat kosong. Salah satunnya adalah dengan cara menghiasi dengan rumah dengan tanaman hias.

Oleh karena itu kita bisa memulaui dengan merawat tanaman hias dan bunga. Cara merawat tanaman tidak hanya membuat rumah asri tetapi juga bisa sebagai pelepas stress.

Maka dari itu untuk anda yang akan memilih benih tanaman hias yang bagus untuk ditanam dirumah baik indor maupun outdor. Dengna cara memilih benih tanaman yang berkualitas unggul dan sehat tanpa cacat.

Merupakan poin terpenting untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan anda. Bila tidak mengimbanginya dengan perawatan intensif maka tanaman akan sulit tumbuh dan akan mengakibatkan tanaman mati.

Gambar bibit tanaman
Gambar bibit tanaman sumber folderbisnis.com

Maka dari itu pemilihan benih tanaman yang berkualitas patut dijadikan sebagai pertimbangan, jadi bagi anda yang masih bingung dengan cara memilih benih tanaman hias yang baik dan unggul.

Bagi anda yang ingin membelinnya dalam jumlah banyak saya sarankan untuk menggunakan jasa sewa truk box, yang mana ketika anda membeli benih tanaman hias dalam jumlah banyak dapat meringankan beban berat saat membawanny.

Karena truk box akan lebih nyaman dan aman ketika bibit dan benih tanaman dikirimkan diberbagai daerah di Indonesia. Sehingga akan aman sampai ketujuan dan tidak ada masalah satu pun.

Maka dari itu seblum anda membeli benih dan bibit yang berkualits, saya sarakna telebih dahulu untuk menyimak ulasan  singkat dibawah ini!

Mempunyai Akar Yang Banyak

Tips pertama, memilih benih tanaman hias yang berualitas adalah mempunyai akar yang banyak. Karena dengan bibit yan unggul dan berkualitas apabila memiliki pertumbuhan akar primer dan sekunder dalam jumlah yang cukup banyak.

Maka ketebalan akarnya dapat ditolerasi dengan menggunakan indera, serta pertumbuhan akarnya sejalan dengan bertambahnya umur daru tanaman benih tersebut.

Perhatikan Daun Pada Benih Tanaman

Gambar tanaman dengan daun yang lebat dan segar sumber reallifproduction.blogspot.com

Tips memilih benih tanaman hias yang baik dan berkualitas adalah memperhatika daun pada benih tanaman. Karena dalam menentukan pilihan benih tanaman berkualitas bisa kita amati pada daun tanaman itu sendiri.

Oleh sebab itu benih tanaman yang baik dapat ditandai dari warna daunnya yang hijau atau yang beewarna hujau muda pada badian puncak daunnya berwarna hijau kemwrahan.

Sehingga tanaman yang sehat biasannnya terlihat pada daunnya yang ditidak ada gulungan. Seteleh itu baru kita periksa secara keseluruhan dibagian daun.

Dan pastikan semuannya dalam kondisi sehat dan tanpa ada yang cacat satu pun. Usahakan jangan memilih bibit atau benih tanaman hias dengan daun yang bekas gigitan ulat maupun terkena hama.

Benih Tumbuh Lebih Cepat

Tips memilih benih tanaman hias yang baik dan berkualitas berikutnya adalah dengna memperhatikan benih tumbuh lebih cepat. Sehingga akan segera dihasilkan tanaman baru yang unggul.

Dengan pertumbuhan lebih cepat maka benih tanaman menjadi benih dewasa yang unggul dan juga sangat dipengaruhi oleh faktor dalam pemberian pupuk saat dalam perawatan.

Perhatikan Bagian Batang Tanaman

Ilustrasi gambar batang tanaman yang kokoh dan banyak cabang sumber blog.tokotanaman.com

Tips memilih benih yang berkualitas selanjutnya adalah dengan memperhatikan pada bagian batang tanaman. Karena pada bagian benih maupun bibit tanaman yang bagus biasanya ditandai dengna tumbuh tegak lurus dan tidak bengkok serta tidak adanya bekas patah.

Sehingga pada saat anda memilih benih maupun bibit tanaman yang sudah tumbuh dan banyak cabang. Hal ini akan membedakan tanaman dalam kondisi baik dan sehat. Selain itu kita harus memilih dan meneliti sebelum membelinnya.

Karena bibit tanaman yang bagus dan ideal akan memiliki batang yang proposional sehingga tidak mengalami batang yang kurus tinggi dan langsing.

Tahan Saat Dipindahkan Ke Lahan Lain

Selain memperhatikan benih tumbuh lebih cepat dan memperhatikan bagian batang tanaman. Tips berikutnya adalah tahan saat benih dipindahkan ke tempat atau lahan lain.

Pilihlah beberapa benih tanaman yang tudak mudah mati ketika dipndahkan dari satu tempat ke tempat lain, atau sebagai contoh tanaman jenis A yang ditanam ditempat polybag telah dipindahkan ke lahan tanam bedengan.

Maka akan mengakibatkan tanaman itu langsung mati. Jadi intinya bahwa ketika kita hendak membeli benih dan bibit tanaman hias perlu memperhatikan juga terkait dengan kemungkinan hidup tanaman hias tersebut ketika dipindahkan.

Karena dengan cara tersebut kita dapat mendemostrasikan langsung kepada penjual benih maupun bibit tanaman supaya kelak tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Ilustrasi gambar sedang memindahkan tanaman ke tempat lain sumber 1000kebun.org

Memilih Benih Yang Vegetatif

Tips memilih benih tanaman hias yang bagus adalah dengan memilih benih yang vegetatif. Karena itu jika kita membandingkan dengan membeli bibit tanaman yang masih berupa biji.

Maka benih dari tanaman vegetatif jauh lebih bagus dan ideal dibanding dengan bibit tanaman biasa. Karena benih dari vegetatif jauh lebih cepat berbuah dan berkembang bila dibandingkan dengna cara generatif atau dalam wujud biji.

Batang, Akar Dan Daunnya Kokoh

Ciri-ciri benih tanaman yang tumbuh subur dan berkembang adalah kita juga harus dapat menjadikan dasar saat memilih benih tanaman yang baik dan berkualitas.

Sehingga dalam pemilihan benih dipasaran harus melihat kondisi tanaman yang mencakup aspek kekokohan akar, daunya yang menghijau dan juga batangnya yang keras dan kuat. Namun tidak hanya untuk tanaman cangkok.

Biasanya pada saat anda membeli bibit tanaman dari hasil cangkok sangat wajar apabil akarnya belum terlalu kokoh. Maka dari itu ketika ditanam dilahan yang terbuka seperti di halaman rumah, taman indoor, maupunn di balkon rumah dan lainnya.

Tentu harus diberikan tiang sementara untuk tanaman cangkok tadi supaya tidak mudah rohoh dan batangnya tidak melengkung ketanah.

Demikian beberapa informasi mengenai tips memilih benih tanaman hias yang baik dan berkualitas yang dapat anda coba sendiri di rumah.

Dan jangan lupa untuk memberinnya pupuk yang baik untuk tanaman hias. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Selemat membaca!

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.