Apakah Anda pernah melihat suatu brand atau produk perusahaan yang melakukan digital campaign atau kampanye online? Atau mungkin Anda juga pernah melihatnya melalui website dan social media suatu perusahaan? Belakangan ini semua hal tersebut tentu saja sering Anda lihat. Hal-hal demikian disebut dengan istilah digital marketing. Konsep dan Penerapan digital marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand.

Seiring dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga semakin bervariasi. Salah satunya adalah tren digital marketing. Lalu, sepenting apakah sebuah digital marketing diterapkan dalam bisnis yang menjual produk-produk tertentu? Untuk menjawab pertanyaan itu Anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini agar memahaminya secara jelas.

Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Menurut Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blogwebsitee-mailadwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

Kelebihan Digital Marketing

Banyaknya digital marketing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa DM memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh. Berikut beberapa kelebihan dari DM dibandingkan dengan pemasaran konvensional.

Baca Juga : Model Taman Ruangan dengan Lahan Kecil

Bisnis Digital Marketing di Bidang Tanaman

Pelaku usaha di bidang tanaman hias penting sekali mengetahui pentingnya strategi pemasaran. Selain produksi usaha tanaman hias, pemasaran juga bisa dilakukan dengan memanfaarkan berbagai media, salah satunya media sosial. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mendapatkan hasil penjualan yang sesuai dengan harapan.

digital marketing
ilustrasi meilhat website, sumber : shopinn.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa promosi tanaman hias bisa dilakukan di media sosial. Maka dari itu, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara promosi tanaman hias di media sosial dan online shop.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Pemasaran Tanaman

Selain dilakukan pemasaran secara online, pemasaran juga perlu dilakukan secara offline. Sebab, tidak semua orang bisa mengakses dan juga memanfaatkan mesin pencarian di internet. Carilah tempat memasarkan yang strategis sehingga calon konsumen dapat menemukan tempat pemasaran dengan mudah.

Selanjutnya, setelah memiliki tempat pemasaran yang strategis, hal selanjutnya adalah dengan memiliki produk yang bermudu dan juga berkualitas. Pastikan bahwa Anda selalu menjamin tanaman hias tersebut dalam keadaan yang berkualitas. Sehingga calon konsumen bisa mendapatkan tanaman yang baik. Tidak hanya itu, konsumen yang sudah membeli pun bisa jadi pelanggan tetap jika mengetahui mutu tanaman yang pernah dibeli.

Cara promosi tanaman hias di media sosial dan online shop juga memerlukan harga yang kooperatif. Dengan menerapkan harga yang kooperatif, maka hal tersebut akan menjadi pertimbangan bagi para calon konsumen. Berikanlah harga yang tidak terlalu murah dan juga jangan memberikan harga yang terlampau mahal. Untuk menentuka harga, Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu kemudian menentukan harga yang dirasa paling tepat.

digital marketing
Gambar : kebun tanaman hias, sumber : makeitbusiness.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa promosi juga penting sekali untuk dilakukan secara rutin dan berkala. Hal ini tentu saja untuk bisa menggaet konsumen dan juga memutuskan membeli produk yang sedang ditawarkan.

Baca Juga : Menanam Lidah Buaya yang Bermanfaat

Media sosial yang bisa dijadikan sebagai tempat promosi tanaman hias di antaranya adalah Whatsapp, Instagram, Facebook, dan bahkan Twitter dan perusahaan pembuatan website. Kini juga telah banyak online shop yang bisa dijadikan sebagai media dalam promosi tanaman hias. Dengan memanfaatkan media-media tersebut, maka tidak menutup kemungkinan bahwa proses penjualan bisa sukses dilakukan.

Strategi Promosi Tanaman Hias di Media Sosial dan Online Shop dan Sosmed Instagram, Facebook dan Whatsapp

Dalam melakukan promosi, tentu saja ada strategi yang perlu diperhatikan. Di antara strategi tersebut adalah:

1. Mengadakan kuis/kontes

Strategi pertama adalah mengadakan kuis atau kontes. Hal ini bisa jadi membuat calon konsumen tertarik. Buatlah kuis/kontes yang berhubungan dengan tanaman hias, kemudian berikan hadiah bagi pemenang kuis tersebut. Setelah itu, ajak pemenang tersebut mempromosikan produk tanaman hias Anda sebagai feedback yang menguntungkan.

2. Berbagi pengetahuan

Hal ini juga terbilang penting untuk dilakukan. Usahakan agar Anda selalu mengunggah informasi terkait produk ditambah dengan pengetahuan yang informatif di media sosial. Dengan begitu, para pengikut Anda bisa jadi tertarik dengan produk yang sedang ditawarkan.

3. Melakukan kegiatan beriklan

Strategi lainnya adalah beriklan. Beberapa media sosial juga menawarkan jasa pengiklanan di dalamnya. Anda dapat memilih jenisnya yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Menjangkau komunitas

Seperti yang telah diketahui bahwa media sosial menjadi tempat suatu komunitas berkumpul. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dan anda juga bisa menggunakan jasa landing page. Anda dapat masuk ke salah satu grup Facebook yang menyukai tanaman hias, kemudia melakukan promosi di dalamnya. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang di dalam grup tersebut tertarik pada produk yang sedang ditawarkan.

digital marketing
Gambar : susunan tanaman, sumber : fastcompany.com

Nah itulah beberapa tips dan strategi untuk memulai bisnis tanaman melalui digital marketing, yang terpenting dan utama adalah, anda memulainya dan terus melakukannya secara konsisten, jika anda tidak memulai dua hal tadi, tips dan strategi diatas tidak akan pernah terrealisasi semuanya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.