Menciptakan taman dalam ruang kerja menjadi keinginan hampir sebagian orang yang memiliki kantor atau yang bekerja sebagai karyawan di sebuah perkantoran. Tidak hanya layanan internet kantor yang penting diperhatikan, namun suasana ruang kerja juga penting diperhatikan. Dengan adanya taman di ruang kerja, secara tidak langsung akan memberikan rasa nyaman bagi karyawan atau pekerja.

Apalagi bagi mereka yang bekerja di depan laptop atau PC, tentu keberadaan taman akan membantu mereka mengurangi stress ketika bekerja. Adanya taman dalam ruang kerja dapat memberikan kontribusi yang cukup penting untuk sirkulasi udara yang segar dan bersih bagi orang dalam ruang kerja.

Terlebih jika kantor tersebut berada di wilayah perkotaan yang tidak memiliki taman khusus, pasti kebutuhan akan taman sangat diperlukan dalam ruang kerja. Di tempat seperti ini, taman dapat berperan penting sebagai penyangga ekosistem dan sebagai suplai oksigen dan udara bersih yang menyehatkan.

Lalu bagaimana menciptakan taman dalam ruang kerja dan apa saja kelebihan taman dalam ruang kerja, berikut kami berikan informasinya untuk Anda:

Tips Merancang Taman dalam Ruang Kerja

Dalam merancang Taman di ruang kerja ada 3 langkah-langkah yang harus dilakukan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

A. Persiapan

Persiapan dilakukan untuk menentukan klasifikasi atau syarat dasar dalam merancang taman dalam ruang kerja.

Tempat Kerja Dengan Konsep Taman Minimalis, Sumber; Instagram/@yuyun_mukenamaisara

1. Memilih Ruang yang Tepat

Menciptakan taman di suatu ruang kerja atau taman indoor, sangat tergantung pada pemilihan ruang yang membantu tanaman untuk tumbuh. Dengan kualifikasi seperti banyak jendela yang ada disekitarnya, adanya cahaya matahari yang masuk, dan sisi jendela yang menghadap ke timur maupun barat. Dalam pemilihan ruang yang tepat juga perlu menghindari hal-hal berikut:

  • Ruangan bersuhu dingin seperti loteng atau garasi dapat dengan mudah membunuh atau melambatkan pertumbuhan tanaman. Sedangkan tanaman umumnya membutuhkan panas untuk berkembang.
  • Area ventilasi udara atau kipas sebaiknya dihindari dalam pemilihan kualifikasi ruangan karena dapat membuat tanaman menjadi kering dan dapat dengan mudah merusak tanaman.

2. Memutuskan Gaya Tanaman

Secara umum ada 2 gaya dalam merancang taman di suatu ruang kerja yaitu Kontainer dan Hidroponik. Taman container adalah sebuah taman berbasis rangkaian menggunakan pot tanaman, dengan media tanam menggunakan tanah sedangkan Taman hidroponik adalah taman khusus di dalam ruangan yang menggunakan air berpupuk (kandang berisi ikan hidup) dan tanah awal non pupuk untuk tanaman, yang ditata secara vertikal. 

3. Mengendalikan ruang taman dengan benar

Mengendalikan tanaman di ruang kerja merupakan suatu kemampuan yang sangat jarang dimiliki oleh setiap orang karena harus memiliki ekstra kesabaran, tenaga, dan waktu yang diluangkan untuk menjalaninya. Ada 3 hal umum yang tentunya harus dikendalikan yaitu berkaitan dengan suhu udara, waktu penyiraman air, dan kondisi Tanah.

4. Suhu Udara

Secara umum suhu udara yang diperlukan kebanyakan tanaman untuk tumbuh subur yaitu pada suhu 23,8 hingga 29,4 Derajat Celcius. Karena suhu tersebut tergolong panas apalagi di dalam ruangan maka untuk mengatasinya dengan memakaikan tikar listrik untuk memanaskan pot dari bawah atau mengatur suhu tanah.

5. Waktu Penyiraman

Waktu penyiraman sebaiknya dilakukan dipagi hari karena akan memberi tanaman waktu untuk mengering sebelum malam hari.

6. Kondisi Tanah

Kondisi tanah juga perlu diperhatikan untuk taman di ruang kerja, adapun kondisi tanah yang baik yaitu tanah gembur karena memiliki rongga rongga yang cukup untuk menyimpan unsur hara, air dan udara.

7. Memilih Jenis Tanaman

Memilih jenis tanaman di sebuah ruangan kerja sangatlah penting. Karena tidak semua tanaman dapat hidup didalam ruangan kerja. Berbagai tanaman yang bermanfaat untuk taman termasuk ditanam di ruang kerja adalah sebagai berikut:

Desain Tanaman Buat Ruang Kerja, Sumber: Instagram/@lie_luisa
  • Sayur Mayur seperti tomat, lada terong, wortel, dan Jamur.
  • Buah-buahan seperti strawberry, jeruk, dan anggur.
  • Tanaman hias seperti bunga lili, marigold, kaktus, begonia, dan sukulen.

B. Tempat Tanaman (Container/hidroponik)

1. Container

Tempat tanaman menggunakan container ada beberapa poin poin yang perlu dipertimbangakn dan dilakukan yaitu sebagai berikut:

a. Jenis Container

Untuk jenis container tanaman sendiri memiliki beberapa jenis, ada yang terbuat dari plastic, keramik kayu dan lainnya. Untuk pemilihan jenis container dapat diselesaikan dengan suasana serta warna ruang kerja kita.

b. Proses Pencampuran Tanah

Dalam membuat taman di ruang kerja perlu melakukan pencampuran tanah sendiri. Karena dalam pencampuran tanah tidak boleh sembarang dilakukan atau mengambil dari sembarang tempat. Ada 3 campuran yang perlu dimasukan kedalam container yaitu tanah liat, compost, dan sekam kayu. Cara menggabungkan 3 jenis campuran tadi yaitu dengan komposisi 3 bagian tanah, 1 bagian compost dan 1 bagian sekam (2:1:1). Setelah bagian bagian tersebut sudah ditakar kemudian campur ketiga bagian tersebut sampai merata dan tanah siap digunakan.

Baca Juga: Ide Taman Indoor yang Menarik Diketahui

c. Sistem Taman

Sistem taman yang baik dalam suatu ruang kerja  berhubungan dengan persiapan faktor faktor pengendalian seperti pencahayaan, sistem penyiraman, dan suhu. Jika menggunakan sistem rak, mestinya akan cukup mudah menginkorporasikan lampu fluorescent dan pengairan bersistem infus ke dalam rak. Jika tidak, upayakan ruang taman di ruang kerja sampai semua komponennya tersesuaikan. Tikar pemanas juga harus diletakkan di bawah container untuk menjaga suhu yang dibutuhkan oleh tanaman untuk dapat berkembang.

d. Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman menggunakan media tanah dengan container yaitu dengan hanya memastikan agar taman di ruang kerja mendapat asupan cahaya matahari yang cukup, dan air yang teratur. Serta pastikan suhu tanah tidak berada jauh dibawah 21,1 derajat celcius.

2. Hidroponik

Taman dengan metode hidroponik metode perawatannya hamper sama dengan container menggunakan media tanah. Ada beberapa langkah yang dilakukan jika ingin menggunakan tanaman hidroponik sebagai taman di ruang kerja. Adapun langkah langkah tersebut adalah sebagai berikut:

Tanaman Hidroponik, Sumber: Instagram/@umi_assyifa
  • Memilih sistem hidroponik.
  • Pemilihan lokasi penempatan tanaman hidroponik.
  • Penyiapan container.
  • Penyiapan sistem hidroponik.
  • Proses pemeliharaan.

B. Kelebihan Taman dalam Ruang Kerja

Taman yang terdapat didalam ruang kerja, akan memberikan kontribusi serta dampak positif  untuk seluruh karyawan atau pekerja. Demikian tersebut terjadi karena dengan adanya taman maka akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih bersih dan segar bagi seluruh pekerja di lingkungan tersebut. Terlebih lagi untuk ruang kerja yang berada di lingkungan perkotaan yang padat dan memiliki tingkat polusi udara yang tinggi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat adanya taman didalam ruang kerja:

1. Menghasilkan Oksigen Untuk Bernafas

Tanaman hijau merupakan penghasil oksigen terbesar untuk kehidupan di bumi, juga dapat menyerap karbondioksida yang ada dilingkungan tersebut. Dengan membuat taman didalam ruang kerja maka akan mengurangi karbondioksida dan polusi yang dapat menyebabkan pemanasan global.

2. Mengurangi Kebisingan

Tanaman selain digunakan untuk mengurangi polusi, juga dapat digunakan sebagai solusi untuk mengurangi kebisingan ditempat kerja. Apalagi lingkungan kerja yang berisik dan padat seperti dikota kota besar, ini merupakan solusi yang tepat.

3. Pendingin Alami

Tanaman yang ada di ruang kerja juga dapat dimanfaatkan sebagai pendingin alami. Dengan adanya tanaman yang merambat di dinding maupun plafon, akan membuat suasana menjadi lebih asri sehingga mengurangi stress berlebih saat pekerjaan menumpuk.

4. Lingkungan sehat

Manfaat selanjutnya yaitu dengan adanya taman didalam ruang kerja maka akan membuat lingkungan menjadi lebih sehat dan bersih tentunya.

Itulah, tips menciptakan taman di ruang kerja. Apabila anda memiliki kantor, tidak ada salahnya mengaplikasikan tips dari kami diatas. Dengan adanya taman di kantor anda, tentu anda dan karyawan anda yang bekerja akan merasa nyaman. Dengan rasa nyaman maka tugas kerja yang dikerjakan pun akan berjalan lancar.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.