Jika kita berbicara tentang hunian, banyak sekali aspek yang harus dipertimbangkan sehingga tidak semua yang kita inginkan bisa diwujudkan. Misalnya saja soal lahan hijau, tidak semua orang bisa memilikinya sebab tidak adanya cukup lahan yang bisa digunakan. Model taman ruangan menjadi bahasan yang cukup menarik bukan?

Tapi, ternyata itu semua tidak bisa menghalangi Anda untuk memiliki taman kecil dalam rumah yang tidak membutuhkan lahan yang luas. Bahkan, taman dalam rumah ini biasanya berukuran minimalis, hanya membutuhkan 5 meter persegi pun bisa menghasilkan sebuah taman yang menarik dan indah.

Anda juga bisa menggunakan jenis tanaman apa saja untuk taman dalam ruangan, dengan tetap menyesuaikannya dengan kondisi rumah Anda tentunya. Bukan hanya penampilan yang bagus dan estetik saja, taman kecil dalam ruangan rumah juga baik untuk menjaga sirkulasi oksigen.

Jika Anda tertarik untuk membuat taman dalam rumah dengan memanfaatkan area yang kecil, penting bagi Anda untuk mengetahui hal apa saja yang bisa dilakukan agar area yang kecil bisa menjadi taman. Memiliki taman dalam rumah sangat didambakan oleh banyak orang, mungkin juga termasuk Anda.

Pasalnya, kehadiran taman kecil di dalam rumah aka mampu menciptakan kesan asri dan alami. Pada hunian yang cukup luas, membuat tanam bukanlah masalah besar, karena ada banyak lahan yang bisa digunakan, Tapi jika jenis rumahnya kecil dan sudah tidak ada lagi tempat kosong apa yang bisa Anda lakukan.

Bukan hanya penampilan yang bagus dan estetik saja, taman kecil dalam ruangan rumah juga baik untuk menjaga sirkulasi oksigen.
Ilustrasi taman mini, sumber: casaindonesia.com

Daftar Model Taman Ruangan Kreatif

Tentunya pemilik rumah harus kreatif untuk bisa menghadirkan area hijau dalam rumah, Namun tidak perlu merasa khawatir, beberapa taman dalam rumah di bawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk mengembangkannya lebih lanjut dengan konsep yang Anda inginkan atau mengaplikasikannya secara langsung.

Model Taman Ruangan Portable

Rumput jenis sintetis seringkali dipilih untuk membuat taman dalam rumah. Namun kendalanya adalah ketika hujan rumput sintetis harus sering dikeringkan sebagaimana mengerinkan karpet yang basah terkena tempias air hujan. Untuk Anda yang tidak mau repot, Anda bisa memindahkan bantal-bantal dan aksesoris lainnya, kemudian melipat rumput sintetis. Jangan lupa untuk rutin membersihkan lantai dari debu dan kotoran yang menempel.

Taman Samping Laundry Room

Aktifitas mencuci dan menjemur merupakan salah satu kegiatan yang membosankan karena dilakukan setiap hari, untuk menyegarkan mata, Anda bisa menambahkan sedikit ruang untuk dibuat menjadi taman kecil sesuai keinginan dan kreatifitas Anda. Untuk cara membuatnya juga cukup mudah, karena jenis taman yang satu ini adalah jenis taman kering.

Supaya penampilannya menjadi lebih indah dipandang mata, Anda bisa menambahkan beberapa elemen lain, misalnya batu hias pada bagian lantai, kemudian letakkan beberapan tanaman hias dalam pot untuk menambah aksen natural. Penempatan rak tanaman minimalis yang warnanya disesuaikan dengan warna rumah akan menjadi poin lain yang membawa kesan estetis.

Taman Sebelah Ruang Makan

Apakah Anda mengetahui bahwa ruangan kosong dengan lebar seluas 1 meter saja ternyata bisa dijadikan taman lho! Memanfaatkan sisa ruang sebelah ruang makan, ia mengubahnya menjadi taman kering. Desain atap pada bagian taman dibuat transparan, sehingga cahaya bisa menerobos masuk secara sempurna. Jenis tanaman yang cocok pada area yang seperti ini bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Model Taman Ruangan Tertutup

Siapa bilang hanya tanaman hias saja yang bisa diletakkan di dalam ruangan? Jenis tanaman yang biasa kita konsumsi sehari-hari ternyata bisa lho! Anda bisa meletakkan beberapa tanaman pangan yang Anda miliki, misalnya jeruk purut, kangkung hidroponik atau jenis tanaman bonsai.

Jenis tanaman yang biasa kita konsumsi sehari-hari ternyata bisa lho! Anda bisa meletakkan beberapa tanaman pangan yang Anda miliki, misalnya jeruk purut, kangkung hidroponik atau jenis tanaman bonsai.
Ilustrasi tanaman bonsai, sumber: today.line.me

Kebun Dalam Rumah

Ingin membuat area taman memiliki banyak fungsi? Sangat bisa sekali, Anda bisa memadukan taman dengan ruang bersantai sekaligus. Misalnya meletakkan sofa atau atau kursi kecil di tengah kebun mini. Dekorasi disekitarnya harus dibuat dengan tema bohemian rustic. Untuk Anda yang ingin meniru desain taman yang satu ini, pastikan taman atau kebun dalam rumah yang Anda miliki selalu dalam keadaan kering, agar tetap nyaman ketika digunakan.

Taman Healing Space

Anda bisa mencoba model yang satu ini juga guys! Menjadikan area taman dalam sebagai healing space, terutama pada masa pandemi seperti sekarang ini yang mengharuskan semua orang tidak banyak keluar rumah. Namun terlalu lama di dalam rumah juga tidak bagus bagi psikologis Anda, bisa membuat Anda stress.

Pada bagian lantai, Anda bisa menggunaka kombinasi rumput sintetis dan kayu decking tile. Pot gerabah berwarna terakota bisa disusun rapi di rak tanaman serta kursi berwarna putih minimalis bisa dimasukan untuk menambah aspek keindahannya. Saat Anda menyiram tanaman, tidak perlu takut rumput sintetis bermasalah karena sinar matahari tetap masuk sempurna dengan adanya atap transparan.

Model Taman Ruangan Semi Outdoor

Walaupun tidak beratap, lantai dari taman belakang rumah bisa dibuat kering menggunakan batu coral dan perpaduan rumput sintetis. Salah satu tips yang bisa Anda lakukan, perhatikan jalur pembuangan air dan berikan biopori untuk membantu peresapan air kembali ke tanah, sehingga ketika hujan turun, air tidak menggenang dan banjir.

Taman Mini Sekaligus Area Bermain Anak

Anak-anak seharusnya harus sering bermain diluar rumah untuk menjaga kesehatan tubuh dan lancarnya asupan nutrisi kulit dari sinar mentari pagi. Ketika pandemi menjangkiti kita Anda tidak perlu khawatir untuk memikirkan solusinya, cukup dekorasi ulang taman belakang rumah Anda menjadi area bermain bagi anak. Walaupun dengan lahan yang terbatas, Anda tentunya mengingkan anak-anak Anda tetap bisa merasa nyaman dan sehat bukan?

Taman Vertikal

Inspirasi taman kecil dalam rumah lainnya adalah dalam bentuk vertical garden. Cukup dengan sepetak dinding dan bingkai tanah yang ditata sedemikian rupa, anda bisa punya taman di dalam rumah instan yang membuat suasana semakin segar setiap saat. Ide vertical garden atau taman vertikal ini memang merupakan solusi hemat ruangan untuk anda yang ingin punya sepetak pemandangan hijau tanpa harus banyak mengorbankan banyak ruang di dalam rumah.

Cukup dengan sepetak dinding dan bingkai tanah yang ditata sedemikian rupa, anda bisa punya taman di dalam rumah instan yang membuat suasana semakin segar setiap saat.
Ilustrasi taman vertikal, sumber: pinterest.com

Area kamar mandi, dapur, mini bar dan taman dalam ruangan rumah Anda, meskipun ukuranya kecil. Untuk menyiasati lahan yang sempit, Anda bisa menggunakan model taman vertikal yang diletakkan di dinding rumah. Ini adalah ide yang cukup bagus untuk mengemat tempat dan ruangan. Apalagi jika rumah Anda memang sudah sempit.

Taman Bawah Tangga

Tangga bukan lagi elemen murni fungsional di rumah; berkat desain besar dan bahan yang tersedia untuk kita saat ini, kehadiran mereka juga menjadi lebih berat elemen dekoratif. Ada yang bentuk tangganya melingkar, berwarna-warni, anak-anak tangganya dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan, dan ada juga yang dimanfaatkan sebagai taman di dalam rumah.

Tentu saja, ketimbang diisi dengan tumpukan barang tak terpakai, area bawah tangga ini lebih baik untuk digunakan sebagai taman indoor yang menyejukan mata. Selain tanamanan, anda bisa memberi sentuhan bebatuan pada taman kecil ini agar tampilannya lebih menarik. 

Taman Bergaya Jepan

Taman bergaya oriental ini juga merupakan favorit yang bisa diaplikasikan untuk taman kecil dalam rumah yang berukuran kecil. Biasanya, taman ini akan ditandai dengan dekorasi taman berbahan batu, sedikit hiasan pohon bamboo, dan kolam ikan yang bergaya natural. 

Hasilnya adalah sebuah taman kecil sejuk ala Jepang yang bisa anda nikmati bersama anggota keluarga setiap saat. Tambahan tanaman hijau lainnya juga bisa menambah semarak sekaligus menciptakan aliran udara yang segar di dalam rumah.

Demikianlah artikel singkat yang bisa kami sajikan untuk pembaca sekalian, semoga artikel pada segmen kali ini bisa menginspirasi Anda dalam menentkan model taman ruangan tipe apa yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan tentunya jenis rumah Anda juga. Sampai jumpa lagi dipembahasan berikutnya ya, see you!

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.