Salah satu jenis tanaman populer saat ini yang menjadi incaran banyak penghobi tanaman hias adalah jenis tanaman Caladium. Bagaimana tidak? Dimana salah satu ciri utamanya adalah bentuk daunnya yang unik dan berwarna-warni, serta bernilai jual yang dengan harga tinggi. Selain itu juga terdapat berbagai jenis tanaman Caladium yang mudah dibudidayakan.

Tanaman Caladium yang juga sering dikenal dengan “Keladi” ini mudah Anda temukan di berbagai toko atau jasa taman Jogja yang menyediakan berbagai jenis tanaman hias. Terutama bagi Anda yang tinggal Yogyakarta dan sekitarnya.

Berbagai jenis tanaman Caladium atau Keladi, foto: instagram.com
Berbagai jenis tanaman Caladium atau Keladi, foto: instagram.com

Memiliki tanaman Caladium, bisa meletakkannya bersamaan dengan jenis tanaman lainnya pada taman rumah. Dengan demikian, akan semakin menambah cantiknya taman dan rumah Anda. Namun, apabila belum memiliki taman rumah, maka dapat meletakkannya di teras atau dalam rumah. Dan jika ingin memiliki taman rumah sekarang juga, maka Anda dapat mempercayakan pembuatannya kepada jasa taman berpengalaman.

Nah, bagi Anda yang berkeinginan untuk memiliki jenis tanaman Caladium dalam waktu dekat. Maka sangat tepat apabila membaca artikel kami yang satu ini. Karena dengan artikal ini kami akan mengulas mengenai beberapa jenis tanaman Caladium yang mudah dibudidayakan.

Daftar Jenis Tanaman Caladium

Tanaman Caladium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang bisa Anda terapkan di dalam atau luar rumah. Karena tanaman yang satu ini cocok untuk menjadi salah satu jenis tanaman pengihas rumah Anda, baik indoor maupun outdoor. Selain itu, tanaman Caladium juga mudah untuk dibudidayakan.

Untuk memudahkan Anda memilih jenis tanaman Caladium, maka berikut ini adalah beberapa jenis tanaman Caladium yang mudah dibudidayakan.

1. Keladi Tikus

Jenis tanaman Caladium TIkus, foto: instagram.com
Jenis tanaman Caladium TIkus, foto: instagram.com

Jenis tanaman Caladium yang mudah dibudidayakan ini memiliki julukan sebagai Keladi Tikus. Lantaran bentuk daun tunggalnya memang menyerupai bentuk wajah tikus. Yakni memiliki dua bentuk serupa bulatan pada bagian pangkal serta lumayan meruncing pada bagian ujungnya. Bentuknya sangat unik lho.

Pertumbuhan batangnya biasanya mencapai maksimal di kisaran 30 cm. Keladi Tikus ini dikatakan sangat mudah dibudidayakan lantaran menanamnya tak melulu membutuhkan media tanah lho. Anda bisa memiliki tanaman hias jenis Keladi Tikus ini hanya dengan menanamnya menggunakan media air biasa.

Jika Anda menginginkan pajangan atau hiasan estetik misalnya, maka bisa mulai mengoleksi tanaman Keladi Tikus ini yang ditanam dalam pot kaca berisikan air. Bisa disulap sebagai tanaman hias gantung yang menarik. Tanaman hias gantung belakangan ini memang tengah banyak sekali digandrungi kolektor ya.

Dan ternyata tumbukan daun Keladi Tikus juga bisa digunakan sebagai obat luka atau obat kulit. Jadi selain daun hijau bercoraknya amat indah kala dipandang, memiliki koleksi tanaman Keladi Tikus juga bisa dijadikan sebagai obat alamiah untuk sakit kulit yang diderita. Komplit bukan manfaatnya?

2. Keladi Polka

Jenis tanaman Caladium Polka, foto: shopee.co.id
Jenis tanaman Caladium Polka, foto: shopee.co.id

Mungkin bisa dibilang jika Keladi Polka ini salah satu jenis tanaman hias yang terpopuler sedari dulu melampaui lintas zaman. Hal tersebut tentu tak terlepas dari daya tahan tanaman hias satu ini yang amat Tangguh. Keladi Polka bisa dengan mudah tumbuh subur dengan perawatan minim di tanah yang lembab.

Mungkin saja Anda juga sudah familiar dengan corak Keladi Polka yang lumayan mudah ditemukan di beragam tempat ini. Daun tunggal hijaunya layaknya terkena percikan tumpahan cat aneka warna. Corak warna tersebut ada yang berwarna merah, putih hingga hitam.

Buat Anda yang tertarik memiliki koleksi tanaman hias dari jenis Keladi yang memikat dengan perawatan minimalis bisa mulai coba dari Keladi Polka ini. Coraknya yang ramai dan cukup mencolok dijamin sempurna untuk makin menceriakan suasana dalam rumah.

3. Caladium Puppy Love

Jenis tanaman Caladium Puppy Love, foto: instagram.com
Jenis tanaman Caladium Puppy Love, foto: instagram.com

Ingin memiliki tanaman hias jenis Caladium yang estetik tapi perawatannya mudah? Caladium Puppy Love adalah pilihan yang tepat. Sedari pertama kali Anda memandangnya dijamin akan susah untuk tak langsung jatuh hati pada keelokannya. Daun lebar berbentuk layaknya hati dipenuhi warna merah muda.

Corak berwarna merah muda tersebut berbentuk corak serabut yang memenuhi seluruh permukaan daun berbentuk hatinya. Corak pertulangan yang amat estetik tentunya. Masih ditambah dengan aksen hijau segar yang melingkar di sekitar tepian daun berbentuk hati tersebut.

Sangat cocok dijadikan tanaman hias untuk menyegarkan pandangan mata dalam rumah. Uniknya lagi tanaman hias Caladium Puppy Love ini juga sangat kuat terhadap sinar matahari dibanding tanaman hias yang sejenis. Tak perlu harus melakukan rotasi pencahayaan terlalu sering untuk tanaman yang satu ini.

4. Caladium Florida Cardinal

Jenis tanaman Caladium Florida Cardinal, foto: singapore.top-free-ad.com
Jenis tanaman Caladium Florida Cardinal, foto: singapore.top-free-ad.com

Jika Anda menyukai tanaman hias jenis Caladium Puppy Love pada poin di atas sebelumnya, kemungkinan Anda juga akan suka dengan jenis Caladium Florida Cardinal pula. Lantaran daun tunggalnya yang berbentuk hati juga didominasi dengan kombinasi warna merah muda serta hijau tua.

Bedanya warna merah muda pada tanaman hias satu ini memenuhi pusat daun bagian tengah, bukan sekadar dalam bentuk bercak maupun corak serabut. Warna merah muda tersebut lalu membaur menimbulkan gradasi warna dengan paduan hijau tua di sekeliling pinggiran daunnya.

Banyak yang bilang tanaman hias jenis Caladium Florida Cardinal ini mirip dengan jenis Caladium Puppy Love namun dalam bentuk yang lebih kokoh. Tampak dedaunan tunggalnya juga memiliki ketebalan yang lebih kuat dilengkapi dengan corak yang jauh lebih terlihat kontras.

5. Caladium Miss Muffet

Jenis tanaman Caladium Miss Muffet, foto: instagram.com
Jenis tanaman Caladium Miss Muffet, foto: instagram.com

Jenis tanaman Caladium yang mudah dibudidayakan selanjutnya ini cenderung memiliki tinggi batang yang minimalis. Caladium Miss Muffet Namanya dan biasa disebut sebagai tanaman hias Keladi yang kerdil. Tinggi batangnya hanya berkisar di ukuran 20 cm saja ya.

Ukurannya yang mungil tak akan membuat pesonanya kalah dibanding jenis tanaman hias Keladi yang berukuran besar lainnya. Uniknya daun tunggalnya yang berbentuk hati didominasi dengan warna mendasar bernuansa limau.

Dihiasi juga dengan sulur tulang bernuansa putih. Lengkap juga dengan bercak bernuansa merah yang menyala. Sebuah tanaman hias mungil dengan corak daun yang estetik. Menilik ukurannya yang cenderung mungil, pasti sangat cocok juga dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah.

6. Caladium White Christmas

Jenis tanaman Caladium White Christmas, foto: instagram.com
Jenis tanaman Caladium White Christmas, foto: instagram.com

Tanaman hias dari jenis Keladi lainnya yang tak kalah unik nan memesona yakni jenis Caladium White Christmas. Daun tunggalnya yang berbentuk hati memiliki warna dominan putih yang mungkin saja jarang ditemui dalam jenis tanaman sejenisnya.

Daun tunggalnya yang terkesan tipis tersebut masih dihiasi dengan kombinasi corak simetris mirip bentuk mata panah di sepanjang pertulangan daunnya. Corak tersebut bernuansa hijau gelap yang membuatnya tambah menawan. Tak heran memang jika tanaman hias ini dinamai Caladium White Christmas.

Inilah beberapa jenis tanaman Caladium yang mudah dibudidayakan. Anda bisa mengkoleksi salah satunya ataupun semua jenis tanaman Caladium tersebut. Jangan khawatir mengenai harga yang harus Anda keluarkan. Karena dengan harga yang dikeluarkan, akan mempengaruhi bagaimana kualitas tanaman tersebut.

Merasa artikel ini bermanfaat? Anda dapat share artikel ini malalui laman sosial media yang dimiliki. Serta jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya seputar dunia taman dari kami, seperti cara menanam bunga bagi pemula yang mudah diikuti.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.