Bunga merupakan salah satu objek yang memiliki banyak penggemar. Dari usia muda sampai tua, dari perempuan bahkan laki-laki. Bunga selalu mendapat tempat dimanapun berada, terlebih bagi mereka yang menyenangi cocok tanam.

Selain bermanfaat sebagai penghibur di kala penat, tanaman bunga juga memiliki peran lain sebagai penambah kadar oksigen di bumi. Sehingga rata-rata orang yang memiliki banyak koleksi tanaman, baik tanaman bunga atau sayuran akan terkesan asri dan segar.

Ada sangat banyak tanaman bunga yang bisa ditanam dirumah. Bagi anda yang menyukai bunga yang harum maka sangat cocok menanam tanaman bunga melati. Namun bagi anda yang suka dengan bunga berwarna ada bunga mawar yang bisa dijadikan pilihan.

Pasty, salah satu tempat belanja tanaman hias Jogja, sumber : njogja.com

Terlebih untuk mendapatkan jenis tanaman bunga yang disukai sangat mudah. Anda dapat berburu tanaman hias di pasar Pasty, atau berkunjung ke kios-kios tanaman di tepian jalan. Anda dengan sangat mudah akan menemukan berbagai macam pilihan tanaman bunga.

Selain sangat mudah didapatkan, tanaman bunga juga sangat mudah dalam hal perawatan. Asal diberikan penyiraman yang baik dan mendapatkan sinar matahari yang cukup tanaman bunga akan hidup. Lebih baik lagi jika diberikan pupuk dan pemeliharaan seperti pemotongan dahan mati, maka tanaman bunga akan lebih menarik dilihat saat berbunga.

Tetapi ada juga tanaman bunga yang tidak bisa didapatkan begitu saja. Penyebabnya adalah kesediaan di alam yang sudah sulit ditemui. Sehingga negara menetapkan tanaman bunga tersebut sebagai tanaman yang dilindungi.

Salah satu tanaman yang tidak mudah untuk dimiliki adalah tanaman bunga edelweis. Selain karena hidupnya di wilayah konservasi bunga edelweis juga mendapatkan perlindungan dari negara.

Edelweis tanaman pegunungan yang dilindungi, sumber : pixabay.com

Terlebih bagi mereka yang mendaki gunung, mereka dilarang untuk memetik bunga tersebut. Hal tersebut tercantum dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 pasal 33 ayat 1 dan 2 tentang Konservasi Sumber daya Hayati Ekosistem.

Selain itu ada peraturan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia tahun P.20/Menlhk/Setjen/Kum./1/6/2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi. Membuat keberadaan bunga edelweis semakin sulit untuk diambil dari alam.

Keunikan Bunga Edelweis

Tanaman yang cukup populer tersebut memang hanya tumbuh di daerah pegunungan. Sehingga memang benar dengan pemberlakuan aturan tersebut. Untuk lebih lanjut berikut beberapa fakta unik dari bunga edelweis :

1. Mendapat Julukan Bunga Abadi

Salah satu julukan populer dari bunga edelweis adalah bunga abadi. Hal tersebut dikarenakan waktu mekar yang cukup lama dari bunga tersebut. Jika bunga lain biasanya hanya mekar dalam waktu sebentar, bukan edelweis mampu mekar sampai 10 tahun.

Hal tersebut karena adanya hormon etilen pada bunga edelweis. Hormon tersebut mampu mencegah kerontokan kelopak bunga dalam waktu yang lama. Oleh karena itu pesonanya dapat bertahan dan dinikmati cukup lama.

2. Lebih Enak Dinikmati Saat Mendaki

Walaupun saat ini tanaman bunga edelweis dapat dimiliki melalui pembudidaya seperti di desa Wisata Edelweis Desa Wonokitri, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Namun dalam hal kepuasan dalam menikmati tanaman ini masih kurang jika bukan di tempatnya.

Edelweis semakin nikmat dipandang saat melepas lelah dalam pendakian, sumber : pixabay.com

Tempat tanaman edelweis adalah di daerah pegunungan. Maka akan sangat puas dinikmati sambil mendaki. Bagi anda yang ingin menikmatinya sangat mudah dan murah karena tidak perlu pesan paket wisata untuk kesana. Tidak seperti tempat wisata lain seperti paket wisata ke luar negeri atau paket wisata labuan bajo.

Bunga edelweis yang tersebar di daerah dataran eropa banyak yang dijadikan simbol atau logo sebuah lembaga. Bahkan di negara kita Indonesia bunga edelweis pernah dijadikan gambar pada perangko oleh Pos Indonesia pada tahun 2003.

4. Dapat Bertahan Di Tanah Tandus

Sebagai tanaman pegunungan edelweis tidak mudah mati. Buktinya pegunungan yang sebagiannya memiliki tanah yang tandus, tetap saja tanaman ini bisa ditemui. Tidak seperti tanaman lain yang mengharuskan mendapatkan suplai air yang konsisten, tanaman edelweis akan mengadaptasikan dirinya pada tanah tandus.

5. Dapat Hidup Sampai 100 Tahun

Tanaman ini mampu hidup cukup lama yaitu 100 tahun. Sehingga tidak heran jika di daerah pegunungan tanaman ini dapat hidup dengan ukuran yang cukup besar dan tinggi. Dengan demikian maka edelweis bukanlah salah satu dari tujuh jenis tanaman hias gantung yang cantik.

Nah itulah sedikit fakta unik dari bunga edelweis yang memiliki nama latin anaphalis javanica. Jika anda ingin melihatnya tumbuh subur dan berbunga lebat anda dapat melakukan pendakian di antara bulan april-september saat musim hujan selesai.

Namun jangan sampai anda tergoda untuk memaksa memetik bunga tersebut untuk dibawa pulang. Karena semua yang ada di daerah konservasi baik flora maupun fauna biasanya dilindungi oleh pemerintah.

Alangkah baiknya kita berlaku bijak dengan turut menjaga keberadaan tanaman edelweis agar generasi setelah kita tetap bisa menikmatinya. Jangan sampai mereka hanya mampu mengenal digambar dan foto namun tidak bisa menikmatinya secara nyata.

Jika anda menyukai artikel kami, silahkan baca juga tips strategi digital marketing di bidang tanaman.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.