Penggunaan kemasan yang berbahan plastik sangatlah dibutuhkan. Seperti kemasan minuman botol plastik yang sering kita jumpai bahkan membelinya. Bila minuman tersebut sudah habis, maka botol itu dibuang dan dibiarkan. Namun, seharusnya kita dapat memanfaatkan botol bekas tersebut untuk membuat berbagai kreasi yang dapat kita buat.

Beberapa Kreasi Taman dari Botol Bekas Untuk Hiasan

Taman adalah tempat yang memiliki kesan menyejukkan, hijau, bersih, dan terdapat banyak tanaman hias cantik. Biasanya orang-orang menggunakannya sebagai penyejuk di luar ruangan. Taman ada yang alami maupun buatan dengan banyak tumbuhan dan hiasan lainnya. Nah, berikut ini akan ada beberapa kreasi yang bermanfaat dari botol bekas untuk tambahan hiasan taman agar lebih indah dan mengurangi limbah dari botol plastik tersebut, diantaranya:

1. Pot Gantung

Jika memiliki banyak botol bekas anda dapat kreasikan botol tersebut sebagai pot gantung. Jadi anda tidak usah repot untuk membeli pot yang dijual di toko tanaman. Dengan hanya menyiapkan alat dan bahan seperti botol bekas, gunting, tali, dan lainnya anda dapat membuat pot dari botol bekas.

Cara buatnya potong botol menjadi dua bagian dan ambil salah satu botol, lalu berikan lubang pada botol dan anda berikan tanah dan tanaman hias, selanjutnya berikan tali untuk gantungannya. 

2. Lampu Taman

Botol bekas juga bisa dijadikan sebagai lampu taman yang indah. Jika saat malam hari akan terasa terang saat dinyalakan. Anda cukup menyediakan alat dan bahan seperti botol bekas, lampu hias, gunting, dan peralatan lainnya. Agar lebih indah dan unik anda bisa menggunakan botol bekas yang berwarna. Lalu anda dapat kreasikan botol bekas itu dengan bentuk yang anda inginkan.

3. Tempat Tanaman Sayur

Apabila anda memiliki lahan yang terbatas dirumah tidak menjadi penghalang bagi anda untuk memiliki taman. Botol bekas yang anda punya dapat dikreasikan menjadi vertical garden. Anda hanya menggunakan botol plastik pekanbaru dan tanaman hias atau sayuran.

Tanaman sayur dari botol bekas, sumber: petaniindo.com
Tanaman sayur dari botol bekas, sumber: petaniindo.com

Vertical garden merupakan taman dengan bentuk vertikal yang biasanya menempel pada bagian dinding rumah atau penyangga buatan dan dapat ditempatkan diluar maupun didalam ruangan. Jika tidak ada dinding anda dapat membuatnya dengan menggunakan rangka besi atau bambu yang bisa digunakan untuk menaruh tanaman yang berjajar.

4. Kursi Taman

Botol bekas sangatlah bermanfaat untuk dibuat berbagai kreasi atau kerajinan daripada dibuang yang mungkin dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Anda bisa memanfaatkan botol yang dapat dijadikan kursi taman.

Dengan mengumpulkan botol bekas minuman  yang disatukan menjadi lingkaran atau bentuk lainnya dan dilapisi dengan pembungkus untuk melindungi bagian botol tersebut.

5. Bunga Hias

Kreasi dari barang bekas selanjutnya adalah anda dapat buat botol bekas menjadi bunga hias. Kreasi bunga plastik ini sangat cocok untuk tambahan hiasan taman indoor anda, karena kondisi taman akan terlihat cerah dan berwarna meskipun hujan turun.

Bunga dari botol bekas, sumber: i.ytimg.com
Bunga dari botol bekas, sumber: i.ytimg.com

Anda dapat menyiapkan bahan dasar dari botol bekas yang berwarna supaya bunga plastik mirip seperti bunga aslinya. Bunga plastik bisa dibentuk sesuai dengan keinginan yang anda pilih. 

6. Meja Taman 

Tidak hanya kursi taman saja yang dapat dibuat, tentu meja taman juga dapat dibuat untuk kreasi taman anda. Seperti yang lainnya anda perlu menyiapkan botol bekas secukupnya untuk dapat membentuk kerangka meja yang ingin anda buat.

Jadi anda tidak usah perlu membeli banyak meja untuk taman anda. Dengan menggunakan barang bekas seperti botol ini sudah bisa dijadikan manfaat untuk meja taman.

7. Vas Bunga

Vas bunga tidak hanya terbuat dari bahan dasar tanah. Jika anda memiliki botol bekas manfaatkan barang bekas tersebut menjadi berbagai hiasan seperti vas bunga. Jadi anda dapat mengkreasikan botol bekas dengan berbagai macam bentuk dan warna-warni dari vas bunga tersebut.

Vas bunga dari botol bekas, sumber: hot.liputan6.com
Vas bunga dari botol bekas, sumber: hot.liputan6.com

Anda juga bisa tambahkan rak vas bunga dari kayu atau rangka besi dan anda dapat membuatnya lebih banyak. Dengan itu taman dan rumah anda akan lebih cantik dan indah dari vas bunga hasil karya anda.

8. Pagar Taman

Pagar atau pembatas antara tempat anda dengan tempat orang lain itu perlu ada. Dengan menggunakan pagar taman tentu akan lebih indah dan rapi. Apabila anda sedang merencanakan membuat taman, jangan lupa untuk memberikan hiasan seperti pagar taman ini.

Anda hanya menyediakan botol bekas yang banyak dan anda dapat merangkainya dengan memanjang mengitari keliling taman wilayah anda. 

9. Penghias Taman

Botol bekas yang anda punya dapat dimanfaatkan untuk membuat hiasan taman. Anda dapat berkreasi dengan membentuknya menjadi hiasan kincir angin. Adanya kincir angin akan menambah hiasan taman anda lebih banyak.

Caranya anda anda siapkan alat dan bahan seperti botol bekas, lem, gunting, bambu, dan cat untuk pewarnaan. Kincir angin yang sudah jadi dapat anda letakkan di halaman rumah atau di area taman tersebut.

10. Tempat Sampah

Bagi anda yang memiliki banyak botol bekas di rumah dan bingung bagaimana membuangnya, karena anda ingin mengurangi pencemaran lingkungan. Nah, anda dapat memanfaatkan botol bekas menjadi barang yang berguna.

Bahan dari botol bekas ini bisa dibuat menjadi wadah yang bisa untuk menampung sampah. Caranya anda hanya cukup menyiakan botol bekas dan lem untuk menempel botol tersebut dengan botol yang lainnya.

Itulah beberapa kreasi yang dapat dimanfaatkan dari bahan botol bekas minuman dan dijadikan hiasan untuk taman ataupun sebagai penghias halaman rumah. Terimakasih telah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga dengan membaca artikel ini ada manfaatnya.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.