Mengetahui tips merawat pagar kayu merupakan hal yang penting. Karena pagar itu sendiri sebagai sarana pelindung rumah anda.

Pagar Kayu dipilih menjadi bahan material karena mudah dibentuk. Kayu juga dipilih karena memiliki nilai seni dari kacamata penikmatnya.

Penggunaan kayu sebagai pagar rumah anda, dapat memiliki kesan natural. Pagar yang terbuat dari kayu juga memiliki kesan filosofis dan menggambarkan kesederhanaan namun tetap elegan.

Namun sayang, pagar yang terbuat dari kayu memiliki persoalan tersendiri. yakni rentan terhadap cuaca ekstrem, seperti teriknya sinar matahari dan hujan yang terjadi terus menerus. Ini akan menyebabkan kualitas dan warna pagar kayu akan menurun.

Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan membuat pagar kayu rumah anda terlihat tidak indah lagi. Apalagi ditambah parasit seperi jamur kayu dan bakteri yang akan mempercepat proses pembusukan dan kerusakan pagar kayu rumah anda.

Oleh karena itu, mengetahui informasi seputar tips merawat pagar kayu agar awet menjadi amat penting sekali. Terlebih bagi anda yang suka terhadap desain pagar yang terbuat dari kayu. Berikut informasi seputar 3 tips merawat pagar kayu agar tetap awet.

3 Tips Merawat Pagar Kayu Agar Awet

Setiap persoalan pasti memiliki solusinya, itulah kalimat yang menjadi motivasi kami menyajikan informasi terkait tips merawat pagar kayu tetap awet.

Tips merawat pagar kayu agar tetap awet, terbilang aktivitas yang cenderung lebih mudah. Merawat pagar kayu agar tetap awet tidak membutuhkan usaha yang besar.

Melainkan hanya membutuhkan seputar informasi menganai tips merawat pagar kayu. Berikut ini informasi mengenai tips merawat pagar kayu agar tetap awet.

Contoh pagar kayu yang terawat, Sumber : www.99.co
Contoh pagar kayu yang terawat, Sumber : www.99.co

1. Gunakan Bahan Anti Rayap

Rayap adalah jenis serangga yang terkategori ke dalam ordo isoper,mereka berinteraksi secara berkoloni.

Rayap memang lebih suka terhadap kayu. Hal ini membuat pagar kayu rumah anda menjadi sasarannya. Maka dari itu penting sekali kita mengetahui informasi terkait bahan-bahan yang efektif terhadap serangan rayap.

Ada beberapa jenis bahan yang bisa anda gunakan untuk membasmi rayap yang sering merusak pagar kayu rumah anda.

Yang pertama ada asam borat, asam borat adalah jenis bahan yang memiliki zat kimia yang dapat mencegah rayap untuk merusak pagar kayu rumah anda.

Untuk penggunaannya sendiri, anda cukup mencampurkan sodium borate dengan air biasa. Bahan ini tidak hanya digunakan untuk pagar kayu, akan tetapi juga bisa di gunakan untuk mebel kayu jati dan material lainya yang terbuat dari kayu.

Setelah itu dicampur hingga bahan-bahanya terlihat merata, kemudian ditaruh dalam wadah khusus.
Selanjutnya semprotkan objek atau area rayap bersarang.

Bahan yang kedua, ada minyak dari kulit jeruk. Bahan ini bisa mengurangi serangan rayap terhadap pagar kayu rumah anda. Minyak ini dapat anda produksi sendiri dengan cara melakukan ekstraksi pada kulit jeruk itu sendiri.

2. Menggunakan Cairan Anti Jamur

Pada umumnya, jamur hidup dalam kondisi lingkungan yang cenderung lembab. Termasuk pagar rumah kayu anda, yang jika hujan terjadi terus menerus di mungkinkan itu akan membuat jamur hidup dan berkembang.

Untuk mencegah itu semua, anda bisa gunakan cairan anti jamur, seperti astonish atau sebagainya. Selain itu juga ada cara lain jika cairan tadi di rasa kurang efektif. Yakni anda juga bisa menggosok jamur yang menempel pada pagar kayu rumah anda.

3. Gunakan Pelapis

Pelapis ini biasanya di gunakan sebagai pelindung. Jenis pelapis ada yang bermacam-macam, seperti jenis cat epoxy lantai rumah rumah yang biasa digunakan untung pelindung lantai rumah anda .

Untuk pelindung pagar kayu, bisa juga gunakan pelapis yang memiliki resistensi terhadap sinar matahari dan hujan.

Selain itu juga pelapis menjadi solusi alternatif pangganti cairan anti jamur. Selain itu, cara ini bisa membuat pagar kayu rumah anda lebih terlihat indan dan tidak kusam.

Tips Mengecat Pagar Kayu Agar Tetap Awet

Setelah kita mengetahui bagaimana tips merawat pagar kayu. Sekarang kita akan membahas terkait tips mengecat pagar kayu.

Ternyata, awet dan tidaknya pagar kayu yang ada di rumah anda ditentukan oleh bagaimana kualitas cara dan bahan dari cat yang kita gunakan.

Selain membuat pagar kayu agar awet, mengecat akan membuat tampilan warna pagar kayu rumah anda lebih indah dan membuat nyaman dipandang, apalagi jika anda menambahkan tanaman hias gantung yang akan membuat halaman rumah anda kan tampak lebih indah.

Berikut ini, informasi yang kami sajikan mengenai tips mengecat pagar kayu rumah anda agar tetap awet :

Tips mengecat pagar kayu, sumber : google.com
Tips mengecat pagar kayu, sumber : google.com

1. Pilihlah Cat Pagar Kayu Khusus

Jenis cat yang di pakai dalam pengecatan berbeda-beda. Untuk kebutuhan pagar kayu sendiri, gunakanlah cat khusus. Cat khusus ini adalah cat yang secara komposisi bahannya tahan terhadap segala bentuk cuaca yang ada.

Anda bisa gunakan jenis cat politur yang khusus untuk eksterior. Hal ini dapat merawat pagar kayu tetap awet.

Bahan ini dipercaya melindungi pagar rumah anda dari sinar UV yang bersumber dari matahari, yang dapat membuat warna pagar kayu rumah anda menjadi kusam.

Anda juga dapat menggunakan cat jenis akrilik yang mempunyai karakteristik yang cenderung kuat untuk melindungi pagar rumah anda.

Akan tetapi, anda juga perlu mengusapkan primer di permukaan yang belum anda di cat. Setelah itu, Anda dapat menggunakan cat yang berbahan dasar minyak pada pagar kayu rumah anda.

2. Pilihlah Cat Yang Water Based

Cat ini pada umumnya dipakai untuk pengencer air. Yang sifatnya cenderung fleksibel terhadap perubahan suhu.

Hal ini akan melindungi pagar kayu dari pemuaian dan penyusutan. Juga dapat melindungi dari keretakan. Cat berjenis water based, cenderung lebih aman dan ramah terhadap lingkungan.

3. Pilih Pelapis Dan Cairan Anti Jamur

Tips yang terakhir, anda juga bisa mengecat pagar kayu dengan menggunakan pelapis untuk pagar kayu seperti yang sudah di jelaskan diatas. Selain itu, gunakan cairan anti jamur.

Ternyata selain rayap sebagai hama yang menyebabkan kerusakan pagar kayu, jamur juga menjadi faktor yang mempercepat penyebab kerusakan pagar kayu rumah anda.

Pelapis dapat melindungi kayu dari sinar matahari serta mencegah jamur yang berkembang pada permukaan kayu akibat suhu yang lembab.

Contoh pelapis yang bisa anada gunakan, seperti biopaint wallcoat, bio cide, dan lain sebagainya.

Dan perlu diketahui juga, untuk jenis pagar ada bermacam-macam seperti pagar tanaman hias, pagar kayu, dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai tips merawat pagar kayu, yang dapat kami bagikan untuk anda. Jangan lupa untuk share. Terimakasih

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.