Taman kota menjadi salah satu lokasi yang tidak lupa dikunjungi para wisatawan yang datang dari luar kota. Dengan tidak memerlukan biaya alias gratis membuat taman kota selalu ramai pengunjung dari berbagai kalangan. Ruang bermain anak menjadi ciri khas taman kota. Namun tahukah Anda? Setidaknya ada 5 taman kota terbaik di Indonesia yang wajib Anda ketahui. Simak artikel ini sampai selesai.

Mengenal Taman Kota

Taman kota merupakan suatu taman yang berada di jantung kota. Alun-alun kota menjadi tempat biasanya taman kota berada. Taman ini bisa dibilang seperti taman-taman pada umumnya, yang membedakan ialah taman ini dirancang oleh bukan sembarang orang, dengan presisis yang telah diukur, dengan sesempurna yang mereka bisa.

Adapun perancang dan pembuat taman di kota-kota besar biasanya merupakan perusahaan konstruksi ternama yang sudah lama berkiprah dan terjun di dunia tersebut. Sebagaimana taman kota di Jakarta ada yang dibangun oleh perusahaan konstruksi di Jakarta. Begitu juga kota-kota besar lainnya, biasanya taman kota yang bagus desainnya dibuat dan dirancang oleh ahlinya ahli.

Taman kota pilihan tepat untuk dikunjungi. Taman Kota Terbaik di Indonesia. Sumber: brilio.net
Taman kota pilihan tepat untuk dikunjungi. Sumber: brilio.net

Menjadi salah satu kebanggaan suatu kota, taman kota di setiap kota-kota didesain sedemikian rupa seindah mungkin supaya siapa saja yang melihatnya dapat langsung terpesona oleh keelokan taman yang ada. Tidak jarang pengunjung yang merupakan masyarakat pribumi kota maupun para pendatang mengabadikan momen saat berjalan-jalan disekitar taman.

Waktu Terbaik Menikmati Taman Kota

Sebagaimana wisata pada umumnya, taman kota juga memiliki waktu terbaik untuk menikmatinya. Apabila Anda ingin sekedar berjalan-jalan serta melihat keindahan kota melalui taman kota, Anda dapat datang dipagi hari sekitar pukul enam hingga delapan pagi. Karena pada jam tersebut banyak orang-orang yang juga mengunjungi taman dengan berbagai kegiatan.

Ada beberapa orang memakai sepatu olahraga terlihat lari-lari kecil mengelilingi taman kota sembari mendengarkan alunan musik melalui earphonenya. Ada sekelompok pesepeda dengan semangat mengayuh sepeda gunungnya yang sudah usang. Ada pula gerombolan anak kecil berlarian kesana kemari berebut permainan ayunan dengan riang gembira.

Pada waktu pagi banyak aktivitas yang dapat dilakukan di taman kota. Anda bisa juga sekedar duduk-duduk di bangku taman menyeruput jajanan kaki lima yang di beli di pedangang seberang taman sembari menikmati indahnya mentari yang terbit dengan malu-malu. Begitulah keindahan taman kota di pagi hari nan cerah bersinar.

Selain pagi hari, waktu sore jugamerupakan waktu rekomended untuk Anda mengunjungi taman kota. Meskipun tidak seramai pagi hari, di sore hari cenderung sunyi senyap namun masih ada satu dua suara terdengar. Sebagian orang menyukai sore di taman kota, karena ia bisa berduaan dengan senja yang dengan setia senantiasa mendengar berbagai celotehan manusia.

5 Taman Kota Terbaik di Indonesia

Ribuan pulau yang ada juga ratusan jenis suku dan budaya menjadikan Indonesia sebagai negeri berjuta keindahan. Dari sabang sampai merauke ada ratusan kota dengan segenap keunikan serta ciri khasnya masing-masing. Terdapat pada kota itu taman kota yang unik dan menarik banyak pengunjung disana.

Taman kota menjadi wisata murah tanpa biaya. Taman Kota Terbaik di Indonesia. Sumber: brilio.net
Taman kota menjadi wisata murah tanpa biaya. Sumber: brilio.net

Dengan daya tarik serta keunikan masing-masing, sebenarnya tidak bisa disamakan antara satu taman dengan taman di kota lain, karena memang berbeda suku dan budaya yang ada. Namun bila dirangkum, setidaknya ada 5 taman kota terbaik yang ada di negeri kita tercinta, Indonesia raya. Mari kita simak satu per satu.

1. Taman Bungkul, Kota Surabaya

Peringkat pertama taman kota terbaik di Indonesia jatuh kepada taman milik kota Surabaya, taman Bungkul Surabaya. Taman ini telah diakui kecantikannya oleh dunia, karena mendapat penghargaan internasional dari PBB, yaitu The 2013 Asian Townscape Sector Award, pada tahun 2013 yang lalu.

Taman Bungkul Surabaya disinyalir menjadi simbol dari pada keindahan serta kesejahteraan kota Surabaya. Sebagai warga Indonesia kita boleh berbangga karena taman ini dinilai oleh PBB sebagai taman yang terbaik se-Asia. Bukan Asia Tenggara namun Asia. Berbagai fasilitas dapat Anda temui di taman Bungkul diantaranya taman bermain anak, jogging track, skateboarding arena dan juga wifi.

2. Taman Kota Batu, Batu Malang Jawa Timur

Peringkat kedua sebagai taman kota terbaik di Indonesia disandang oleh taman Kota Batu, Malang Batu Jawa timur. Banyak sekali fasilitas di taman ini seperti sarana edukasi, sarana olahraga, sarana rekreasi, dan masih banyak lagi. Di taman Kota Batu Anda juga bisa mencoba berbagai wahana yang tersedia, misalnya saja bianglala, kereta mini dan sebagainya.  

Taman Kota Batu memiliki umur yang sudah tidak muda lagi, pasalnya taman ini diresmikan pada tahun 2011. Dengan mengusung tampilan berupa apel yang merupakan identitas dan ciri khas kota Malang, diharapkan taman ini dapat menjadi ikon kota Malang dan senantiasa menjadi destinasi wajib para wisatawan.

Taman Kota Batu. Taman Kota Terbaik di Indonesia. Sumber: tempatwisataseru.com
Taman Kota Batu. Sumber: tempatwisataseru.com

3. Taman Hutan Raya Juanda, Bandung Jawa Barat

Berikutnya ialah taman Hutan Raya Juanda. Taman milik kota Bandung ini sering dikunjungi untuk wisata kuliner. Namun begitu taman ini juga memiliki pemandangan yang eksotis dan masih alami membuat turis lokal suka mengunjungi taman satu ini. Dengan memiliki luas sekitar 600 hektar, taman Hutan Raya masih asri dan penuh rindang pepohonan.

4. Taman Kota Pecangakan, Bali

Taman berikutnya ada di Bali. Taman Kota Pecangakan merupakan taman kota mengagumkan milik Bali. Taman ini memiliki keunikan dan ciri khas yang tidak dimiliki taman lainnya. Patung Dewa Ruci akan ditemui di taman ini, yang menjadikan taman Kota Pecangakan semakin megah dan gagah. Apabila Anda ingin mengunjungi taman ini, Anda dapat pergi ke Jalan Sudirman Bali.

5. Taman Alam Lumbini, Berastagi Sumatera

Yang terkahir ada Taman Alam Lumbini. Di taman ini ada replika Pagoda Shwedagon yang hanya dapat ditemukan di Myanmar. Karena itu taman ini sebenarnya lebih tepat bila disebut sebagai temapt wisata dari pada sekedar taman kota. tidak sedikit para pengunjung baik dari dalam maupun luar daerah yang mengunjungi tempat ini.

Akhir kata, itulah 5 taman kota terbaik yang ada di Indonesia. Bila Anda sedang mengunjungi salah satu kota diatas, kami sarankan Anda untuk mampir ke taman tersebut meski sekedar sejenak. Artikel kami lainnya tentang kursi taman unik dan bunga Edelweis juga dapat Anda baca. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.