Rumah Anda akan tampak lebih cantik dan menarik apabila menambahkan berbagai jenis tanaman hias di sekitarnya. Dan salah satunya adalah jenis tanaman hias gantung. Mengingat salah satu jenis tanaman hias yang satu ini cocok dan layak untuk diletakkan di dalam maupun luar rumah.

Berbicara mengenai jenis tanaman hias gantung, saat ini telah banyak kita temukan berbagai jenis tanaman gantung cantik di toko atau jasa taman yang menjajakan beragam jenis tanaman hias. Selain itu harga yang ditawarkan pun cukup bersahabat dan murah. Hal ini, tentu sangat membantu dan mempermudah Anda untuk memilikinya.

Ruangan lebih indah dengan berbagai jenis tanaman hias gantung, foto: unsplash.com
Ruangan lebih indah dengan berbagai jenis tanaman hias gantung, foto: unsplash.com

Mengkoleksi berbagai jenis tanaman hias gantung di rumah, Anda dapat meletakkannya pada ruangan rumah, teras rumah ataupun taman rumah. Anda juga dapat menambahkan berbagai jenis tanaman hias populer lainnya untuk mendapatkan keindahan yang maksimal.

Nah, bagi Anda yang berkeinginan untuk memiliki berbagai jenis tanaman hias gantung dalam waktu dekat. Maka jangan khawatir dan bingung lagi. Karena melalui artikel kali ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai macam-macam tanaman gantung yang cantik dan layak untuk dimiliki.

Berikut Jenis Tanaman Hias Gantung

Menambahkan berbagai jenis tanaman hias pada rumah akan membuat suasana menjadi asri dan terlihat alami. Selain itu, aktivitas rutin merawat tanamannya pun juga dapat Anda jadikan sebagai kegiatan pengisi waktu luang atau dikala rasa bosan melanda. Jangan khawatir apabila Anda masih awam mengenai perawatan tanaman, karena saat ini telah banyak situs online yang menyediakan informasi terkait cara merawat tanaman dengan mudah.

Dan untuk memudahkan Anda dalam memilih jenis tanaman hias gantung, maka berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias gantung yang cantik dan layak untuk dimiliki.

1. Bunga Lantana

Bibit jenis tanaman gantung bunga Lantana, foto: blibli.com
Bibit jenis tanaman gantung bunga Lantana, foto: blibli.com

rekomendasi jenis tanaman hias gantung pertama adalah bunga Lantana yang banyak digemari, lantaran warna cerahnya. Beberapa variasi warnanya mulai dari warna merah muda, kuning hingga orange. Memang jenis tanaman hias gantung ini pertama kali ditemukan di wilayah tropis pada benua Amerika.

Bunga Lantana sebelum dibudidayakan menjadi tanaman gantung biasa, tumbuh liar dan merambat hingga ke tempat yang jauh dari akarnya. Di Amerika banyak bunga Lantana yang ditemukan merambat hingga dinding, pagar maupun juga ke pepohonan di sekitar tumbuhnya bunga Lantana tersebut.

Bunga Lantana yang ditanam menggantung ini juga sangat mudah untuk menarik perhatian lebah maupun juga kupu agar mendekatinya. Perawatan bunga Lantana cukup mudah yakni hanya perlu disiram secara berkala, namun juga jangan berlebihan. Untuk merapikannya, pengguntingan ranting juga bisa Anda lakukan.

2. Bunga Petunia

jenis tanaman hias gantung Bunga Petunia, foto: unsplash.com
jenis tanaman hias gantung Bunga Petunia, foto: unsplash.com

Bunga gantung lainnya yang tak kalah menawan dengan warna ngejrengnya yakni dari jenis Petunia. Bunga satu ini memiliki keunikan lain dari bunga gantung jenis lainnya. Bunga Petunia memiliki warna serta aroma yang sangat harum. Aroma harumnya menguar kuat utamanya semenjak pagi hari lho.

Jika Anda tertarik membudidayakan jenis bunga yang satu ini tenang saja, lantaran bunga ini sangat cocok hidup di daerah tropis layaknya di Indonesia ini. Umur Petunia juga cenderung lama, jika terhindar dari cuaca yang ekstrim. Jika diberi pupuk secara rutin dan berkala, Petunia bisa berbunga penuh sepanjang tahun.

3. Million Bells

Jenis tanaman hias gantung bunga Million Bells, foto: parkseed.com
Jenis tanaman hias gantung bunga Million Bells, foto: parkseed.com

Million Bells memiliki nama latin resmi yakni Calibrachoa. Sesungguhnya bunga Million Bells ini kekerabatannya masih sejenis dengan bunga Petunia. Bunga Million Bells juga identik dengan mekaran bunga yang banyak hingga bertumpuk dengan aneka warna yang cerah.

Sangat cantik serta cocok dijadikan sebagai tanaman gantung hias. Perawatan bunga gantung Million Bells hanya membutuhkan tanah gembur dengan kadar air bagus, paparan sinar matahari mencukupi serta pemberian cukup pupuk secara berkala.

4. Bunga Fuschia

Bibit jenis tanaman hias gantung bunga Fuschia, foto: lazada.co.id
Bibit jenis tanaman hias gantung bunga Fuschia, foto: lazada.co.id

Tanaman hias gantung juga akan sangat menarik jika disusun dari jenis bunga Fuschia. Bunga ini memang paling cocok ditanam dalam wilayah yang cenderung sejuk. Lantaran bunga gantung ini memang membutuhkan suplai air maupun pupuk yang mencukupi secara berkala.

Jika kebutuhannya tersebut dapat terpenuhi sempurna, bunga Fuschia akan mekar dengan sangat indah. Bunganya berbentuk seperti lonceng yang cantik. Disertai pula dengan nuansa warna cerah nan mencolok. Buat Anda yang tinggal di daerah dengan iklim cenderung sejuk sepertinya wajib memilikinya.

5. Bunga Hoya Carnosa

Jenis tanaman hias gantung Hoya Carnosa, foto: lazyflora.com
Jenis tanaman hias gantung Hoya Carnosa, foto: lazyflora.com

Tanaman hias Hoya Carnosa biasa juga disebut dengan julukan Tanaman Tali Hindu. Jika diperhatikan bentuknya lebih lanjut memang lilitan dedaunannya menyerupai bentuk sebuah temali. Keunikan tanaman hias Hoya Carnosa ini mulai dari dedaunan maupun juga bunganya kala mekar.

Hoya Carnosa memiliki bentuk dedaunan yang banyak melilit atau melengkung. Dedaunannya tersebut berbentuk menebal dengan tekstur licin layaknya diselimuti oleh lapisan lilin. Belum lagi bunganya kala mekar yang berbentuk layaknya gemintang dengan aroma seperti coklat yang amat harum lho.

Tanaman hias Hoya Carnosa ini sangat cocok ditanam di wilayah Indonesia dengan nuansa iklim tropisnya. Perawatan Hoya Carnosa ini baiknya di tanah yang cenderung lembab namun pengairannya jangan sampai menggenang dan berlebihan. Pastikan juga cahaya matahari juga sinarnya mencukupi.

6.Tradescantia

Jenis tanaman hias gantung Tradescantia, foto: idntimes.com
Jenis tanaman hias gantung Tradescantia, foto: idntimes.com

Jenis tanaman hias gantung yang layak Anda miliki selanjutnya ini bernama Tradescantia. Tradescantia juga memiliki julukan lain yakni Hati Ungu. Kemungkinan karena nuansa warna dedaunannya yang memiliki kombinasi hijau keemasan juga ungu. Bentuknya dedaunannya juga menyerupai hati yang mungil.

Namun daya pikat dari Tradescantia ini tak hanya berhenti pada pesona daunnya saja. Bunganya pun tak kalah menawan. Tradescantia memiliki variasi warna mencolok mulai dari merah muda, biru indigo hingga nuansa putih juga. Tradescantia merupakan salah satu jenis bunga yang sangat istimewa.

Pada dasarnya bunga Tradescantia ini mampu melambangkan keabadian. Lantaran bunga satu ini bahkan tetap bisa bertahan baik-baik saja hingga suhu minus 7 derajat Celsius. Namun lantaran berasal dari daerah tropis sedari mula, bunga ini juga sangat cocok dibudidayakan di iklim Indonesia juga.

7. Bunga Ekor Kucing

Jenis tanaman hias gantung bunga Acalypha Steffi, foto: shopee.co.id
Jenis tanaman hias gantung bunga Acalypha Steffi, foto: shopee.co.id

Namanya bunga Acalypha atau biasa juga disebut sebagai bunga Ekor Kucing. Bunganya yang panjang menjuntai memang akan sangat menawan jika dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Selain menawan bunga satu ini juga memiliki khasiat pengobatan herbal yang sangat beragam.

Misalnya saja bagus untuk mengatasi keluhan asam urat, gejala cacingan hingga bagus juga untuk pertolongan pertama pada pengobatan luka berdarah. Bunga Ekor Kucing ini memang paling cocok dibudidayakan di daerah yang cenderung memiliki nuansa iklim tropis.

Jangan salah dengan sebutan sebagai bunga Ekor Kucing-nya saja ya. Sejujurnya bunga ini lebih mirip disebut menyerupai bentuk cabai besar. Lantaran memang warnanya merah menyala berpadu dengan daunnya yang menghijau. Bedanya bunga ini memang mirip seperti cabai yang terdiri dari bulu-buluan.

Lebih asri dan alami dengan berbagai jenis tanaman hias gantung, foto: unsplash.com
Lebih asri dan alami dengan berbagai jenis tanaman hias gantung, foto: unsplash.com

Inilah beberapa jenis tanaman hias gantung cantik dan layak untuk Anda miliki. Selain cantik dan menarik, masing-masing tanaman gantung tersebut juga cukup mudah dalam perawatannya. Sedangkan untuk mendapatkannya, Anda bisa menghubungi toko atau jasa taman Jogja yang menjajakan berbagai jenis tanaman hias. Terutama bagi Anda yang tinggal di Jogja dan sekitarnya.

Demikian artikel ini kami susun, semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber referensi untuk Anda dalam memilih jenis tanaman hias gantung. Anda juga dapat share artikel ini melalui laman sosial media yang dimiliki. Serta jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya dari kami. Terimakasih.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.