Tanaman hias adalah jenis tanaman yang ditanam untuk menciptakan kesan keindahan, kecantikan, dan menciptakan daya tarik. Tanaman hias merupakan tanaman yang umumnya ditanam di halaman rumah atau ditempatkan dalam ruangan menggunakan pot sebagai tempatnya.

Orang yang menanam tanaman hias umumnya bertujuan untuk memberikan kesan keindahan bagi tempat tinggalnya, baik itu menanam tanaman hias jenis bunga, daun, maupun buah. Jika tanaman itu memiliki keindahan dan ditanam untuk menciptakan daya tarik, maka dapat dikategorikan sebagai tanaman hias.

Sentra tanaman hias terus bermunculan seiring banyaknya pembangunan properti hunian yang terus tumbuh. Serta ditambah lagi dengan pertumbuhan jumlah kendaraan yang semakin tinggi yang akan memicu peningkatan pencemaran udara. Dengan ini membuat orang kembali sadar akan pentingnya penghijauan. Nah, ada salah satu sentra penjual tanaman hias yang bisa dikunjungi yang berlokasi di kawasan Pasar Rebo, Jalan Beringin Raya, Jakarta Timur.

Kawasan Pasar Rebo Jakarta, Sumber: peluangusaha.kontan.co.id

Pasar Rebo yang berdiri sejak tahun 2002 dan sentra ini diramaikan sekitar 16 kios pedagang tanaman hias. Kios-kios tanaman hias ini berukuran sekitar 6 x 10 mĀ². Tempat sentra ini berdekatan dengan mal Cijantung, apabila anda datang dari arah Cawang menuju jalan raya Jakarta-Bogor, setelah jalan layang hanya tinggal belok kiri, sekitar 10 meter ke arah mal Cijantung dan akan ditemukan Jalan Beringin. Lokasi yang persis berada di pertengahan antara mal Cijantung dan Pasar Rebo.

Keberadaan Pasar Rebo yang ada di Jakarta Timur

Sentra ini sudah sangat populer di kalangan para pecinta tanaman hias. Selain Jakarta masih banyak juga warga dari berbagai daerah penyangga Jakarta seperti Tangerang, Bogor, Depok, dan Bekasi yang berburu tanaman hias di sini. Selain koleksi tanamannya lengkap, kawasan ini juga mudah diakses dari berbagai wilayah dengan menggunakan jasa sewa elf di jakarta.

Pasar tanaman hias tengah mengalami tren peningkatan yang sangat baik didalam negeri maupun luar negeri. Penggemar tanaman hias meningkat seiring dengan diterapkannya kebijakan pembatasan kegiatan berkumpul di luar rumah.

Dengan demikian kegiatan di rumah menjadi pilihan masyarakat. Salah satu kegiatan yang cukup banyak diminati adalah berkebun. Dan salah satu tanaman hias yang kembali menggeliat akibat tren baru ini adalah aglaonema.

Melihat peluang ini sebagai Mentreri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyakinkan jajarannya untuk menjadikan tanaman hias sebagai komoditas ekspor yang kompetitif. Terlebih Indonesia yang kaya akan berbagai jenis tanaman hias.

Tanaman Hias yang Sedang Menggeliat di Pasar Rebo Jakarta Timur

Selama pandemi covid-19, berkebun dan merawat tanaman hias menjadi salah satu hobi yang paling digemari banyak orang. Bahkan sebagian dari pecinta tanaman ini rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk melengkapi koleksi tanaman hiasnya.

Beberapa tanaman hias, Sumber: today.line.me

Tak hentinya dari tahun 2020 hingga 2021 banyak sejumlah varietas tanaman hias yang memiliki harga mahal dan dapat anda pilih untuk melengkapi koleksi di rumah. Disini ada beberapa tanaman hias yang sedang menggeliat di Pasar Rebo Jakarta Timur diantaranya:

1. Aglaonema

Macam-macam tanaman hias daun yang sedang menggeliat saat ini adalah aglaonema. Aglaonema termasuk tanaman hias jenis talas-talasan. Ada banyak jenis tanaman ini dengan corak, warna, dan ukuran yang berbeda. Untuk harga tanaman aglaonema juga beragam yang disesuaikan dengan jenisnya, mulai dari 30 ribuan hingga sampai jutaan rupiah.

Baca Juga: Perbedaan Tinggal di Desa dan di Kota

2. Sirih Gading

Tanaman hias sirih gading menjadi salah satu jenis tanaman hias yang sedang populer beberapa waktu ini. Sirih gading adalah tanaman yang merambat semi epifit dengan warna hijau segar. Sirih gading ini termasuk tanaman yang mudah dirawat dan bisa ditanam dengan media air.

3. Lidah Mertua

Tanaman hias lidah mertua, Sumber: okezone.com

Lidah Mertua juga menjadi pilihan yang disukai pecinta tanaman hias. Tanaman hias ini yang dapat dipajang di dalam maupun luar ruangan. Lidah mertua akan tumbuh subur dalam cahaya terang. Tanaman ini juga akan tumbuh dalam kondisi teduh. Dan jika beruntung tumbuhan ini akan bisa tumbuh bunga putih yang harum.

4. Suplir

Tanaman suplir merupakan jenis tanaman paku hias yang sedang populer. Nama dari suplir merupakan adaptasi dari chevelure, nama yang diperkenalkan orang Belanda. Tanaman ini memiliki daun hijau yang rimbun. Tanaman hias suplir cocok untuk menghias beranda rumah anda.

5. Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah adalah tanaman dengan ciri khas daun lebar dengan tulang daun putih melengkung dan melebar.Tanaman kuping gajah masih berkerabat dengan macam-macam tanaman hias daun lainnya seperti aglaonema, philodendron, keladi hias, dan alokasia.

6. Monstera

Tanaman hias monstera, Sumber: www.google.com

Tanaman hias monstera merupakan jenis tanaman hias yang sangat populer di tahun 2020. Tanaman ini kerap menjadi penghias ruangan dan memberikan kesan tropikal yang segar. Untuk jenis tanaman yang populer adalah Monstera Obliqua dan Monstera Adansonii. Kedua tanaman monstera ini bisa dihargai hingga jutaan rupiah.

7. Gelombang Cinta

Tanaman gelombang cinta sempat mengguncang pasar tanaman hias sejak tahun 2007 silam. Tanaman yang satu ini bisa mencapai harga ratusan juta pada masa itu. Saat ini meski harganya tidak setinggi yang dulu untuk tanaman gelomang cinta masih banyak penggemarnya. Tanaman ini memiliki daun yang besar, panjang, dan lebar dengan gelombang di tepi daunnya. Serta tanaman ini juga cukup mudah untuk dikembangkan.

Sekian artikel yang dapat disampaikan dengan tema geliat pusat tanaman hias di Pasar Rebo Jakarta Timur. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menjadi bermanfaat untuk anda.

Tukang Taman Berpengalaman.