Bambu merupakan tanaman yang populer di Indonesia. Selain digunakan sebagai bahan perabotan, bambu juga di kenal sebagai alat perlengkapan pertukangan di Jawa. Berbagai perusahaan kontraktor, seperti jasa kontraktor Jogja dan daerah lain di Jawa menggunakan bambu untuk menjadikan penahan dak cor. Tetapi tahukah anda bahwa olahan bambu ternyata banyak manfaatnya ?

Setidaknya ada dua macam olahan bambu yang memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Pada artikel ini kami akan mengulasnya.

Cuka Arang

Olahan Bambu
Bambu bisa diolah menjadi bahan yang lebih bermanfaat. Sumber Unsplash

Cuka kayu adalah cairan berwarna coklat pekat dan berbau sangit yang diperoleh dari distilasi asap yang dihasilkan dari proses pembuatan arang kayu, namun tidak hanya jayu jeras saja yang bisa digunakan sebagai arang, bambu juga bisa dijadikan arang dan menghasilkan cuka dalam pembakarannya.

Komponen utama yang terdapat dalam cuka kayu adalah asam asetat dan metanol, dan karenanya zat ini pernah digunakan sebagai sumber komersial untuk asam asetat.

Manfaat Cuka Arang atau Cuka Kayu untuk Tanaman

1. Membantu metabolisme

Cuka arang yang diencerkan dengan air, jika disiramkan ke daun atau sekitar akar tumbuhan bisa dimanfaatkan untuk membantu metabolisme tumbuhan tersebut. Dengan demikian tanaman menjadi lebih sehat dan segar tanpa menggunakan bahan kimia. Namun cuka kayu tidak bisa digunakan sebagai pupuk karena tidak adanya unsur hara pada cuka arang atau cuka kayu tersebut.

2. Sebagai biopestisida

Cuka kayu bisa dimanfaatkan sebagai biopestisida pada berbagai jenis tanaman. Penggunaannya pada berbagai komoditas pertanian secara empiris menunjukan peningkatan pertumbuhan, kesehatan, produktivitas panen, serta keawetan hasil panen.

3. Meningkatkan pertumbuhan

Ternyata cuka arang juga bisa digunakan pada tanaman keras. Cuka arang terbukti mampu meningkatkan persentase pertumbuh benih dan mencegah serangan hama penyakit pada beberapa jenis tanaman keras ketika dilakukan persemaian.

Olahan Bambu
Cuka arang bambu bagus untuk tanaman hias. Sumber Unsplash

Arang Bambu

Mungkin banyak orang yang tidak begitu mengenal bahan arang bambu. Jika mengenal pun hanya mengetahui manfaat arang bambu sebagai bahan untuk pewarnaan alami makanan. Dulunya arang bambu tidak populer sebagai pewarna alami, saat ini penggunaan arang bambu sebagai pemberi warna hitam alami pada makanan bahkan berkembang menjadi sebuah tren.

Aneka makanan serba hitam mulai banyak bermunculan dengan menggunakan bubuk arang bambu sebagai bahan utama pewarnanya. Arang bambu sebenarnya sudah lama digunakan oleh penduduk China kuno sejak tahun 1486. Begitu pun dengan masyarakat Jepang yang ternyata sudah sering menggunakan arang bambu sebagai bahan bakar masak sekaligus digunakan untuk mengeringkan teh.

Sebenarnya arang bambu sangat bermanfaat untuk tanaman, utamanya adalah tanaman hias. Namun karena harganya yang lebih mahal berkali-kali lipat dari arang biasa, sebagian besar pecinta tanaman tidak pernah menggunakan arang bambu untuk media tanam. Namun arang bambu sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Arang Bambu untuk Kesehatan

Selain sebagai pewarna makanan, arang bambu juga bermanfaat untuk kesehatan. Anda bisa mendapatkan produk ini di toko herbal online atau di marketplace. Inilah beberapa khasiat dari arang bambu.

1. Mengatasi keracunan

Zat warna hitam pekat pada arang bambu berfungsi untuk mengikat zat racun yang masuk ke dalam tubuh seperti keracunanan makanan. Meskipun begitu tidak semua jenis racun dapat diatasi menggunakan arang bambu

Jenis keracunan yang tidak dapat disembuhkan dengan menggunakan arang bambu yaitu keracunan zat akali, bensin, zat asam dan cairan pembersih.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Arang bambu dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Arang aktif diproduksi melalui proses pemanasan dalam suhu yang sangat tinggi dan berbeda dengan jenis arang biasa.

Menurut beberapa penelitian bahwa mengkonsumsi 4 sampai 32 gram arang bambu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Meskipun begitu ada beberapa penelitian lain yang memberikan hasil yang berbeda, sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

3. Mengatasi gangguan pada pencernaan

Menurut beberapa studi kasus bahwa arang bambu dapat digunakan untuk mengurangi gas pada saluran pencernaan dan perut kembung. Pada saat Anda atau keluarga Anda mengalami perut kembung, maka bisa memanfaatkan arang bambu untuk mengatasinya.  Selain itu, arang bambu juga sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan.

4. Memutihkan gigi

Karena arang bambu diyakini memiliki manfaat untuk memutihkan gigi, maka kini sudah ada jenis pasta gigi yang mengandung arang aktif untuk memutihkan gigi dengan lebih cepat. Namun penggunaannya harus secara tepat karena penggunaan secara berlebihan justru dapat merusak enamel gigi.

5. Mencerahkan kulit

Arang bambu tidak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh saja, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Dalam dunia kecantikan, arang bambu sering dimanfaatkan sebagai masker wajah. Penggunaan masker wajah dari arang bambu dapat mengatasi bekas jerawat dan mencerahkan wajah.

Kandungan zat yang terdapat pada arang bambu dapat mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada wajah, menghaluskan kulit wajah dan mengangkat kotoran yang menempel dengan lebih maksimal.

Sebelum menggunakan arang bambu untuk perawatan kulit wajah. Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena penggunaan arang bambu secara berlebihan akan memberikan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan kulit.

6. Mengobati Jerawat

Jika Anda memiliki masalah jerawat yang membandel. Anda bisa menggunakan arang bambu ini untuk mengatasinya. Karena arang bambu dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi jerawat yang meradang. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda cukup mencampurkan bubuk arang dan tambahkan 2 sendok teh gel lidah buaya, setelah itu aduk rata hingga berbentuk pasta.

Setelah itu, Anda oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan biarkan 5-10 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Zat arang yang telah diaktifkan berfungsi untuk mengangkat kotoran dan mengikat bakteri yang menjadi penyebab utama wajah berjerawat.

7. Mencegah penuaan dini

Olahan Bambu
Selain tanaman perdu, tanaman bambu juga bisa untuk kesehatan. Sumber Unsplash

Manfaat arang bambu yang terakhir yaitu untuk mengatasi terjadinya penuaan dini. Proses penuaan memang terjadi secara alami pada siapa pun. Akan tetapi ada beberapa faktor dari luar yang dapat mempercepat terjadinya penuaan dini seperti bahan kimia, berbagai jenis makanan dan minuman yang tidak sehat, pola hidup tidak sehat dan sering terpapar polusi secara langsung.

Untuk menjaga fungsi normal hati dan ginjal dari proses penuaan dini, maka Anda dapat mengkonsumsi arang bambu untuk membersihkan berbagai jenis zat kimia dan racun di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi arang bambu, maka penyebab penuaan dini di atas dapat diminimalisir dengan baik.

Itulah beberapa ulasan mengenaui olahan bambu yang bermanfaat untuk budidaya tanaman dan juga kesehatan. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk anda dan jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang batu hias taman . Terima kasih.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.