Membuat taman lebih indah bisa dilakukan dengan menambah lampu taman outdoor agar taman terlihat indah di malam hari. Ada berbagai macam lampu taman yang bisa anda dapatkan.  Berbagai lampu taman tersebut tentu memiliki fungsi tersendiri. Anda bisa membaca tips berikut ini sebelum anda memutuskan untuk membeli lampu taman outdoor untuk taman anda.

Lampu Taman Outdoor
Lampu badai. Sumber Unsplash

1. Rencanakan Lebih Awal

Ketika anda memutuskan untuk membuat taman dengan pencahayaan lampu di malam hari, maka anda sebaiknya sudah merencanakan jauh hari sebelum taman dibangun. Ini berkaitan dengan penentiuan letak lampu dan juga pembuatan saluran listrik di bawah tanah. Dengan demikian ketika taman sudah terbangun maka akan terbentuk dengan indah.

Tentu saja dengan menggunakan lampu taman outdoor dengan kabel yang bergelantungan akan menimbulkan tampilan yang buruk. Hal itu seperti akan merusak estetika keberadaan lampu taman outdoor. Lampu bentuk vintage dengan tiang yang tanpa terlihat kabel akan menambah keindahan estetika.

2. Tentukan Nuansa yang Ingin Anda Ciptakan

Ada beragam lampu taman outdoor yang bisa anda pilih untuk mempercantik taman rumah anda. Mulai yang menggunakan tenaga matahari, menggunakan listrik rumah dan berbagai macam bentuk lainnya. Namun yang menentukan pemilihan lampu adalah nuansa yang akan anda bentuk. Kesan apa yang akan anda unggulkan.

Mungkin anda akan lebih memainkan bayangan siluet, lebih menampakkan warna-warni tanaman di malam hari, lebih cenderung shoot ke batu hias taman rumah  dan sebagainya.

3. Tentukan Anggaran Penerangan

Banyak produk yang bisa anda pilih, namun jika tidak anda anggarkan dari awal, anda mungkin akan kebingungan ketika sudah sampai di lokasi penjualan lampu taman. Langkah terbaik adalah dengan melakukan hunting lampu di pasaran internet. Disana anda bisa melihat spesifikasi dan harga yang akan tertera dengan jelas.

Selain itu anda tentu harus menganggarkan biaya instalasi. Jika anda bisa memasang sendiri itu akan menjadi lebih baik.  Namun jika anda benar-benar tidak memiliki cukup kemampuan, anda sebaiknya membayar orang yang benar benar ahli dalam masalah bangunan dan listrik. Karena hal ini menyangkut dengan keamanan.

Agar pekerjaan anda terjamin keamanannya, anda bisa mempercayakan kepada penyedia jasa taman Jogja yakni GoGreenGardenJogja.Com. dengan mempercayakan kepada yang berpengalaman, anda tidak perlu mengkhawatirkan kemanan taman anda yang menggunakan lampu bertenaga  listrik.

4. Pilih Perlengkapan Berkualitas

Lampu taman outdoor tentu akan menghadapi segala cuaca secara langsung. Artinya lampu tersebut akan kehujanan dan kepanasan, jadi sebaiknya pilih perlengkapan yang tahan lama dan dibuat dengan baik yang akan bertahan lama.

Lampu yang terbuat dari kuningan berkualitas tinggi sangat direkomendasikan karena  secara alami tahan terhadap korosi dan dapat bertahan dalam berbagai kondisi cuaca. Kuningan juga memiliki bahan dasar yang bagus seandainya nanti dilapisi dengan warna lain atau dengan bahan lainnya.

5. Pilih Jenis Pencahayaan yang Tepat

Ada banyak pilihan lampu dengan karakteristik sinar yang berbeda. Pemilihan ini berpengaruh pada hasil yang didapatkan. Berikut adalah jenis lampu taman outdoor yang bisa anda jadikan pilihan.

  • Lampu spike: Cocok untuk tempat menonjolkan tanaman atau fitur tertentu oada taman.
  • Lampu tonggak: Bagus untuk jalur penerangan atau jalan masuk yang ada di taman rumah.
  • Lampu sorot: Baik untuk menerangi batang pohon atau menyoroti fitur arsitektur pada taman.
  • Lampu proyeksi : Berguna untuk menciptakan pola yang menarik pada dinding dan permukaan tanah.
  • Lampu strip: Dapat digunakan untuk pencahayaan di tangga, menerangi area di bawah kursi dan sebagainya.
  • 6. Gunakan Warna Hitam untuk Barang Yang Memancar

Jika anda menggunakan lampu taman dengan menyoroti barang yang terbuat dari logam semisal stainless steel maka cahaya tersebut akan terpantulkan. Terkadang hal seperti itu akan mengganggu pencahayaan pada taman. Kondisi ini akan menyebabkan seolah lampu taman outdoor anda berlebihan dalam memberikan sinar.

Cara mengatasinya, barang yang jika nantinya tersorot lampu taman akan memantulkan cahaya dan mengganggu pencahayaan diatasi dengan melapisi barng tersebut dengan warna black doff, atau black matte. Pastikan hanya lampu taman anda saja yang dominan menyinari tanpa ada distorsi sinar dari pantulan barang lainnya.

6. Gunakan Lampu LED

LED telah banyak digunakan untuk sebagian besar aplikasi pencahayaan, termasuk penggunaan pada lampu tamanoutdoor. Dengan menggunakan lampu LED maka akan lebih hemat energi, tahan lama dan mengurangi keluaran panas. Apalagi bagi anda yang menggunakan lampu taman outdoor yang menggunakan tenaga solar cell, dengan kampu led konsumsi daya akan rendah.

7. Sorot Tempat ’Berbahaya’

Selain diarahkan ke fitur terbaik dari taman anda, sangatlah penting untuk menerangi area berbahaya di taman anda seperti jalan setapak, pinggir kolam tangga, dinding penahan dan sebagainya. Saat menerangi jalan setapak, anda hanya perlu memberi sinar pada bagian jalan tersebut dan orang bisa mengenali bahwa di area tersebut ada jalan. Hal serupa bisa anda terapkan di sudut-sudut berbahaya taman anda.

8. Soroti Fitur Terbaik Taman Anda

Anda harus mengidentifikasi fitur terbaik taman anda dan area mana yang perlu diberi penekanan cahaya. Anda bisa menyorot pohon, air terjun atau patung yang indah. Anda bisa memulainya dengan membuat sinar yang merata pada taman anda. Selanjutnya anda bisa nenkankan sinar pada fitur terbaik taman anda.

9. Nikmati Dari Dalam Rumah

Anda harus merancang taman tersebut denga sebaik-baiknya dan memungkinkan anggota keluarga dapat menikmati keindahan taman dari dalam rumah. Anda bisa meletakkan jendela besar yang menghadao ke taman di ruang keluarga anda atau ruangan lain di rumah anda. Ini tentu akanmenimbulkan kesan tersendiri, apalagi di malam hari.

Jangan sampai ketika taman sudah terbentuk dengan pencahayaan yang indah dan enak dipandang mata, namun untuk menikmatinya di malam hari anda harus keluar rumah. Itulah mengapa perencanaandari awal sangat penting dilakukan.

10. Jangan Berlebihan

Lampu Taman Outdoor
lampu taman lentera. Sumber Unsplash

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pemilik taman rumah adalah dengan terlalu banyak menerangi taman mereka. Pencahayaan luar ruangan bukan bertujuan menciptakan kesan gemerlap di taman. Penting untuk memasukkan area gelap di taman anda untuk menciptakan kontras dan keseimbangan. Penggunaan pencahayaan yang bijaksana dapat mengurangi penggunaan energi.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.