Ikan koi merupakan ikan yang sangat cocok dipelihara di kolam taman rumah, apalagi konsep taman jepang. Karena itu selain membangun taman untuk tanaman hias, ada baiknya anda juga membangun kolam untuk memelihara ikan koi sebagai pelengkap taman depan rumah. Anda bisa membuat kolam ikan koi sederhana baik anda kerjakan sendiri atau di serahkan pengerjaannya kepada tukang taman.

Mengapa harus ikan koi? Memang untuk memelihara ikan harus memperhatikan sisi estetika. Sangat berbeda antara ikan yang di pelihara di aquarium yang membutuhkan tampilan indah dari samping dengan ikan kolam yag dilihat dari sisi atas. Ikan koi memang sangat cocok di pelihara di kolam ikan karena memang secara tampilan enak dilihat dari atas..

Sedangkan untuk merancang kolam ikan koi sederhana cukup mudah dan bisa menggunakan desain minimalis yang tidak memakan tempat. Berikut ulasannya.

Kolam Ikan Koi Sederhana
Ikan koi yang indah. Sumber Unsplash

Ketentuan Membangun Kolam Ikan

Dalam membangun kolam ikan koi sederhana di depan rumah anda, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar kedepannya kolam yang anda bangun tidak mendapatkan masalah seperti kebocoran atau kesalahan lainnya.

1. Jenis Tanah

Pastikan anda mengetahui jenis tanah tempat anda membangun kolam. Apakah tanah berbatu, tanah pasir, tanah liat, atau jenis tanah lainnya. Karena kolam ikan akan menahan berat volume air maka sebaiknya bangun struktur kolam yang kuat. Tanah yang tidak stabil dan tidak padat akan menyebabkan bangunan di atasnya juga kurang kuat meskipun hanya sebuah kolam ikan.

2. Ukuran

Tentukan ukuran kolam ikan koi sederhana anda sesuai dengan luas pekarangan untuk taman. Selain itu sesuaikan juga dengan bentuk lahan. Kolam bisa dibuat memanjang, melingkar, atau persegi, atau bentuk tidak beraturan sesuai dengan bentuk lahan dan dekorasi yang anda inginkan.

Hindari terbantuknya titik yang sulit mendapatkan aliran air saat air kolam digerakkan menggunakan pompa. Lokasi yang tidak bergerak airnya akan menyebabkan air tidak sehat dan akan terjadi penumpukan kotoran di area tersebut.

3. Desain

Ada banyak opsi desain kolam ikan koi sederhana. Namun untuk kolam ikan koi, sebaiknya dibangun dengan kolam yang berada di bawah permukaan tanah. Desain kolam di atas permukaan tanah, atau sebagian di atas permukaan tanah, tidak membuat punggung ikan koi terlihat secara sempurna. Selain itu secara estetika, tampilan kolam akan terlihat alami jika di bangun di bawah permukaan tanah.

4. Dasar Kolam

Dasar kolam ikan koi, hendaknya dibuat agak miring dengan bagian bawah diberi saluran pembuangan. Desain ini bertujuan memudahkan aliran air saat dilakukan pengurasan dan pembersihan dasar kolam. Kotoran ikan akan mengendap di dasar kolam yang paling rendah, sehingga ketika dasar kolam miring akan mudah dalam pembersihannya.

5. Cat Kolam

Anda bisa menambahkan car pada dinding dan dasar kolam, namun penambahan cat ini hanyalah opsional saja. Anda bisa menentukan warna cat yng bisa menampilkan ikan menjadi lebih indah. Pilihan warna putih bisa menjadi rekomendasi. Anda bisa menggunakan cat anti kebocoran sehingga selain memberikan warna pada kolam juga mengatasi kebocoran.

Perlengkapan Kolam

Selain memperhatikan pembangunan kolam, anda harus mempersiapkan perlengkapan kolam berikut ini untuk kualitas air yang sehat.

1. Filter Kolam

Filter kolam memiliki fungsi untuk menjadikan air tetap bening. Cara kerjanya adalah dengan manglairkan air melalui pompa dan memasukkan air ke kotak filter untuk kemudian mengalirkan lagi ke kolam. Filter air kolam dapat anda beli di toko ikan. Fungsi lainnya adalah agar ada aliran air yang gemericik sehingga air kolam akan kaya oksigen.

2. Lampu Kolam

Untuk memaksimalkan pemandangan saat malam hari, lampu kolam ikan bisa ditambahkan sesuai selera. Anda bisa memilih lampu sorot led yang bisa digunakan outdoor. Lampu ini hanya opsional sehingga jika tidak dipasang pun tidak berpengaruh pada ikan.

3. Tanaman Kolam

Untuk menciptakan kesan sejuk dan alami pada kolam anda bisa menambahkan tanaman pada kolam koi sederhana anda. Tanaman kolam koi selain memiliki nilai estetika juga memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai berikut.

  • Meningkatkan produksi oksigen
  • Meneduhkan kolam dan melindungi dari terik
  • Membantu mengendalikan pertumbuhan ganggang
  • Sebagai filter natural yang menyerap zat nitrat berbahaya
  • Mencegah tumbuhnya gulma pada kolam

Yang menjadi masalah adalah terkadang tanaman yang ada di kolam malah dikonsumsi oleh ikan itu sendiri. Anda bisa meletakkan bebatuan atau batu hias sebagai pelindung untuk menghalangi ikan makan tanaman. Bisa juga ditanam dengan tempat terpisah namun masih dalam satu bagian kolam.

Kolam Ikan Koi Sederhana
yang indah. Sumber dekoruma

Opsi terbaik untuk memberikan tanaman pada kolam adalah dengan tanaman mengambang. Tanaman jenis ini biasanya mudah dirawat dan bisa memperkaya keindahan warna bersama koi. Selain itu, keberadaan tanaman ini bisa mengatasi alga dan menyaring fosfat pada air kolam. Salah satu tanaman yang populer dijadikan tanaman permukaan adalah enceng gondok.

Selain itu bisa juga dengan menggunakan tanaman rawa yang bisa ditanam di tanah yang becek. Anda bisa menanamnya di pinggir kolam ikan koi. Beri jarak yang aman sehingga koi tidak bisa mencapainya untuk dimakan. Untuk tanaman yang ditanam di dasar kolam biasanya akan rentan untuk di makan oleh ikan.

Itulah beberapa ulasan tentang ikolam ikan koi sederhana di depan rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jika anda memerlukan bantuan tentang pertamanan anda bisa menghubungi jasa taman Jogja yang siap membantu anda menciptakan surga kecil nan indah di pekarangan anda. Terima kasih.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.