Bagi sebagian orang, menanam bunga untuk membuat taman yang bagus di rumahnya adalah suatu hal yang baru. Karena itu, informasi seputar cara menanam bunga bisa menjadi solusi bagi para pemula. Meskipun baru mencoba, menanam bunga bisa menjadi aktivitas yang bermanfaat bagi keseharian.

Bagi siapa saja yang belum pernah untuk memberikan perhatian khusus pada tanaman, cobalah kebiasan baru yang satu ini. Dijamin ada manfaat positif yang bisa didapatkan. Bahkan, meskipun tidak ikut menanam, memiliki taman hasil kreasi jasa taman di rumah saja bisa memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan pemilik rumah.

Manfaat Menanam Bunga

Berbagai Bibit Tanaman, sumber Business Matters Magazine
Berbagai Bibit Tanaman, sumber Business Matters Magazine

Menanam bunga sedikit berbeda dengan aktivitas bertani atau berkebun. Tentu saja ada hal-hal yang sama seperti cara menanam dan merawat tanamannya, namun tujuannya berbeda. Menanam bunga biasanya tidak untuk tujuan komersial, meskipun juga bisa ditujukan untuk bisnis. Nah, apa manfaat menanam bunga?

1. Menghilangkan Stress

Melakukan pekerjaan di kantor atau hal lain yang menjadi kesibukan sehari-hari ternyata lebih mudah untuk memicu stress. Stress di sini tidak harus menjadi penyakit. Bisa saja dalam bentuk pikiran yang sudah tidak fresh. Aktivitas yang berada di lingkungan alam seperti menanam bisa menjadikan stress berkurang. Karena lingkungan alam terasa lebih bebas, dihiasi dengan keindahan serta memiliki udara yang segar.

2. Mengurangi Resiko Demensia

Demensia adalah penyakit pikun yang biasanya menjangkiti orang-orang yang lanjut usia. Dengan terus aktif melakukan kegiatan (seperti menanam tumbuhan) yang tidak terlalu memberatkan secara fisik dapat menjaga kebugaran kemampuan kognitif. Selain itu, perilaku agresif yang sering menjadi ciri penyakit demensia bisa dihindari karena kegiatan seperti ini lebih memberikan ketenangan.

3. Bermanfaat Untuk Otak

Melatih otak tidak harus dengan selalu menguji kemampuan dengan berbagai permasalahan. Membuatnya fokus berkegiatan rutin seperti kegiatan menanam dan merawat bunga, juga dapat membantu aktivitas otak agar tetap sehat. Terlebih lagi, aktivitas ini lebih ringan dibandingkan dengan kegiatan menguji otak lainnya.

Bunga Matahari, sumber : Pinterest
Bunga Matahari, sumber : Pinterest

4. Meningkatkan Produktivitas

Menanam bunga bukan berhenti hanya sekedar meletakkan bibit pada tanah dan pot. Setelah meletakkan bibit, perlu perawatan, perhatian dan penjagaan hingga bunga tumbuh dan memberikan hasil salah satunya pemandangan yang indah. Dengan terus menerus memperhatikan tumbuhan, produktifitas kita akan senantiasa terjaga bahkan meningkat.

5. Mengurangi Depresi

Menanam bunga yang indah, berada di lingkungan alam yang segar, serta memiliki kesibukan bisa menjadikan kita tidak tertekan atau depresi. Tentu saja kegiatan-kegiatan tadi bukanlah solusi dari berbagai permasalahan yang menimpa Anda. Namun kegiatan tersebut dapat memberikan Anda pengalihan sembari menyegarkan kembali pikiran yang sedang tertekan serta mencari solusi atau permasalahan yang menimpa Anda.

Cara Menanam Bunga Untuk Pemula

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari aktivitas menanam bunga, lantas bagaimana jika Anda seorang pemula? Menanam bunga sebenarnya bukanlah aktivitas yang membutuhkan skill berlevel tinggi. Aktivitas ini lebih kepada peningkatan kemampuan melalui kebiasaan atau rutinitas melakukannya. Apa saja yang perlu dilakukan untuk menanam bunga? Berikut informasinya.

1. Menentukan Jenis Bunga

Ada berbagai macam bunga yang indah untuk dijadikan penghias ruangan atau halaman rumah Anda. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melihat di toko bunga, jasa taman, penjual tanaman dan tempat sejenis lainnya. Lantas, mana yang Anda sukai?

Jenis bunga yang pernah ada bisa dikatakan begitu banyak bahkan tidak terhitung jumlahnya. Misalnya, bunga matahari. Untuk satu jenis tanaman ini ada banyak banyak variannya, bisa lebih dari 5 varian bunga matahari. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk bingung memilih.

Selain itu, jenis bunga juga bisa dipilih berdasarkan kesibukan cara menanam dan perawatannya. Ada jenis bunga yang tidak perlu selalu diperhatikan perawatannya, cukup disirami bahkan 1 minggu 1 kali. Namun ada juga jenis bunga yang perlu perhatian yang cukup intens. Mana yang lebih menarik untuk menemani hari-hari Anda?

2. Siapkan Tempat Tanam

Dimana Anda akan menanam bunga? Apakah di lahan rumah Anda atau pada pot? Keduanya akan berbeda. Menanam di lahan rumah akan lebih cenderung kepada pemandangan yang permanen dan dalam waktu yang lama. Sedangkan menanam pada pot akan lebih dinamis dalam hal penataan.

Untuk komposisi tempat tanamnya sebenarnya bukan hanya tanah yang subur. Secara umum, tanaman akan tumbuh dengan baik melalui kombinasi antara tanah yang gembur, batu kerikil, pasir, sekam dan pupuk kandang organik, baik diletakkan pada lahan atau ditanam pada pot.

Jika menggunakan pot, saat ini pot terbuat dari berbagai bahan seperti plastik, semen dan tanah liat. Diantara semua bahan pot, pot dari tanah liat akan menghasilkan kesuburan yang lebih baik. Karena komposisi tanah liat, meskipun telah menjadi tembikar, memberikan pori-pori sirkulasi udara yang baik. Sedangkan untuk plastik dan semen, permukaan potnya lebih padat.

Gardening tools, sumber Teleflora
Gardening tools, sumber Teleflora

3. Proses Menanam

Proses menanam akan berbeda berdasarkan sumbernya. Jika sumbernya merupakan biji tanaman, akan berbeda apabila menanam dalam bentuk tanaman kecil yang baru tumbuh. Tanaman kecil yang baru tumbuh cenderung sudah jadi, tinggal dipindahkan ke media tanam yang lebih baik.

Jika Anda membeli tanaman dalam bentuk bibit yang dibungkus, biasanya terdapat cara menanam bibit tersebut. Namun secara umum, cara menanam bibit adalah dengan cara meletakkan tanaman pada kedalaman tertentu pada media tanam serta seberapa padat media tanam yang dibuat. Informasi ini biasanya tertera pada bungkusan. Jika tidak, bertanyalah pada penjual biji tanaman tersebut.

4. Perawatan

Setelah ditanam, perlu dilakukan perawatan pada tanaman. Biasanya perawatan yang pertama kali diperlukan adalah menyirami tanah. Dengan menyirami tanah, segala gizi tumbuhan yang terdapat dalam tanah dapat diserap seiring dengan pertumbuhan akar pada tanaman. Maka, siramilah tanah tempat tanam hingga cukup basah. Jika menggunakan pot, sirami hingga air keluar melalui celah di bawah pot.

Itu dia beberapa cara menanam bunga yang bisa dilakukan untuk pemula. Semoga menjadi petunjuk yang ringan dan mudah untuk dilakukan bagi para pemula. Bagi yang sudah advance tentu saja akan terdapat teknik-teknik dalam menanam tanaman yang perlu diketahui.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.