Salah satu yang perlu dilakukan agar memiliki taman yang indah adalah merawat tanaman yang ada di dalamnya. Berbagai tanaman yang tumbuh subur akan menjadikan pemandangan yang indah terutama saat berbunga. Usaha untuk menjaga agar taman selalu tampak indah ini dapat memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan suasana di sekitar lingkungannya.

Bercocok tanam memang memiliki dampak positif. Salah satunya adalah menjadikan waktu kita lebih produktif. Selain itu, lingkungan juga menjadi indah serta terjaga. Selain bercocok tanam, kita tentu juga perlu merawat berbagai tanaman agar senantiasa terawat dan tampak indah.

Bagaimana tips merawat tanaman yang ada di taman agar tetap tampak indah, terjaga dan subur? Selain menggunakan jasa taman Jogja untuk membuat taman dan merawat taman, tentu Anda juga bisa melakukannya sendiri. Simak beberapa tips untuk menjaga tanaman berikut ini.

Tips merawat tanaman

Merawat tanaman juga ada caranya. Bukan hanya sekedar menyiramnya saja setiap hari. Meskipun tidak setiap tanaman dirawat dengan cara yang sama, namun perawatan tanaman secara umum dilakukan dengan langkah-langkah yang hampir sama. Berikut informasinya.

Ilustrasi Tanaman, sumber : Realtor.com
Ilustrasi Tanaman, sumber : Realtor.com

1. Menyiram dengan teknik yang tepat

Tidak semua tanaman disiram dengan cara yang sama. Karena itu, Anda perlu mencari tahu kepada penjual tanaman atau ahli tanaman tentang bagaimana cara menyiram tanaman sesuai jenisnya. Selain jenisnya, masih terdapat faktor lainnya yang juga membedakan cara menyiram tanaman.

Faktor lainnya yang membedakan cara menyiram tanaman adalah faktor cuaca. Pada jenis tanaman tertentu, kekeringan dapat ditolerir, sehingga Anda hanya perlu menyiram secukupnya. Namun pada jenis tanaman lainnya, apabila cuaca sedang panas maka Anda perlu menyiram lebih banyak air. Sebaliknya, apabila cuaca sedang hujan, Anda bahkan tidak perlu menyiram sama sekali.

Selain itu adalah waktu yang tepat untuk menyiram tanaman. Biasanya, ada dua pilihan waktu, yakni saat pagi hari atau sore hari. Kedua waktu ini juga tidak dipilih sembarangan. Apabila Anda ingin mencegah kekeringan, bisa jadi Anda perlu menyiram tanaman Anda saat sore dan pagi hari. Karena keduana adalah waktu yang panjang.

Siramlah tanaman Anda secara merata dan jangan sampai ada genangan air disekitar pot atau tanah tempat tanaman tumbuh. Genangan air dapat menutup sirkulasi udara di dalam tanah sehingga berpeluang untuk menghambat sirkulasi oksigen di dalam tanah. Oksigen di dalam tanah berhubungan dengan nutrisi tanaman.

2. Memberikan nutrisi tanaman

Sebagaimana manusia dan hewan yang membutuhkan makanan sehari-hari, begitu juga tanaman. Tanaman juga membutuhkan makanan agar bisa tumbuh dengan baik. Lantas, apa makanan yang baik untuk tanaman? Apakah air?

Sebenarnya, saat tanaman disiram, tanaman akan menyerap air siraman tersebut. Namun bukan hanya itu, air yang membasahi tanah tempat tanaman tumbuh juga menjadi transportasi bagi berbagai macam nutrisi dalam tanah yang dibutuhkan oleh tanaman. Nutrisi ini diserap melalui akar tumbuhan. Sehingga, akar bukan hanya menyerap air saja, tetapi sekaligus berbagai kandungan tanah yang larut dalam air tersebut.

Bagaimana dengan pemberian pupuk? Pemberian pupuk tujuannya juga memberikan nutrisi pada tanah. Sehingga tidak langsung diserap oleh tanaman. Nutrisi yang terdapat dalam pupuk akan melebur pada tanah. Sehingga, saat disiram, bersamaan dengan akar menyerap air, nutrisi pada pupuk juga ikut terserap.

Dalam hal ini ada sedikit perbedaan antara pupuk organik dengan pupuk kimia. Meskipun pupuk kimia lebih mudah didapat dan bisa jadi lebih murah, namun pupuk organik dipercaya lebih baik untuk menjaga lingkungan. Pupuk kimia bisa berdampak negatif pada lingkungan.

3. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar tanaman

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, lingkungan disekitar tanaman juga perlu dijaga. Misalnya keberadaan gulma. Gulma juga merupakan tanaman, namun keberadaannya cenderung menyaingi tanaman yang ada. Misalnya rumput.

Rumput akan tumbuh lebih cepat karena menyerap nutrisi di dalam tanah dan menyebabkan tanaman tidak kebagian nutrisi. Lihat saja, rumput di sekitar tanaman tumbuh dengan cepat. Karenanya, rumput disebut sebagai gulma.

Agar tanaman mendapatkan nutrisi yang maksimal, Anda perlu membersihkan gulma yang ada di sekitar tanaman. Begitu juga sekaligus membersihkan tanah dan lingkungan di sekitar tanaman dari hal-hal yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman lainnya.

4. Mencegah hama dan penyakit pada tanaman

Ilustrasi Merawat Tanaman, sumber : Visit The Scotsman
Ilustrasi Merawat Tanaman, sumber : Visit The Scotsman

Hama biasanya akan mempengaruhi bagian dari tanaman misalnya daun, batang, buah dan bunga. Keberadan hama biasanya dapat merusak pertumbuhan daun, bunga, batang dan buah. Karena itu, Anda perlu mencegah keberadaan hama ini. Selain hama, hal yang sama juga perlu dilakukan terhadap penyakit pada tanaman.

Untuk mencegahnya, biasanya terdapat obat tanaman. Obat ini berbeda-beda sesuai dengan penyakit dan tanamannya. Namun, pemberian obat ini disarankan tidak berlebihan. Seperti misalnya jika hama tidak sampai merusak tanaman, hanya sekedar memiliki dampak kecil saja, sebaiknya tanaman tidak perlu diberi obat. Karena pemberian obat juga memberikan dampak pencemaran pada tanaman.

5. Tips tambahan

Masih terdapat tips lainnya yang bisa Anda lakukan agar tanaman dapat terawat dengan baik. Misalnya seperti mengatur posisi tanaman, memangkas bagian yang sudah kering dan layu, menempatkan tanaman sesuai dengan kebutuhannya akan sinar dan kelembaban dan lain-lain. Semuanya berdasarkan karakteristik tanamannya masing-masing.

Itu dia beberapa tips merawat tanaman yang bisa Anda coba. Semoga tips-tips diatas dapat Anda lakukan dengan mudah dan memberikan dampak yang positif bagi tanaman Anda. Simak juga berbagai ulasan bermanfaat lainnya seputar taman dan tanaman di halaman Gogreen Garden Jogja.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.