Jika melihat tanaman hias yang berbagai macam pasti membuat setiap orang merasa senang. Apalagi tanaman hias untuk saat ini sedang naik daun di kalangan masyarakat luas khususnya ibu-ibu. Banyak ibu-ibu yang berbondong-bondong menanam tanaman hias ini di sekitar rumahnya. Tapi apa jadinya jika kita menjumpai tanaman hias yang ada di kuburan, pasti akan merasakan hal yang lain.

Namun ternyata tanaman hias yang cantik ini ada juga yang tumbuh di kuburan loh, bukan berarti tanaman yang tumbuh di kuburan lalu akan berkesan mistis. Masyarakat pada umumnya menganggap kuburan adalah tempat yang menyeramkan yang biasanya terdapat keranda mayat yang gunanya untuk menggotong jenazah saat akan di makamkan. Sebenarnya kuburan atau makam itu dijadikan sebagai pengingat bagi manusia bahwasannya semua makhluk yang hidup pada akhirnya akan kembali pada sang Pencipta.

Sering kali kita jumpai keranda mayat yang terbuat dari stainless steel, keranda yang terbuat dari bahan dasar stainless steel ini memiliki kelebihan yaitu tahan akan korosi, serta memiliki keawetan yang tahan lama. Harga keranda mayat stainless ini pun juga cukup terjangkau, mengingat kelebihannya yang tahan akan korosi dan memiliki keawetan yang tahan lama serta perawatan yang cukup mudah.

Nah untuk tanaman hias biasanya ada 2 tipe tanaman yaitu tanaman hias daun dan tanaman hias bunga. Tanaman hias daun merupakan tanaman yang memiliki warna serta keunikan pada bentuk daun sehingga terlihat lebih indah dan eksotis. Sedangkan tanaman hias bunga merupakan tanaman yang menghasilkan bunga yang bentuk, warna, ukuran serta aroma yang unik dan tentu saja memukau nan eksotis.

Jenis bunga tanaman hias yang ada di kuburan, Sumber : tokopedia.com
Jenis bunga tanaman hias yang ada di kuburan, Sumber : tokopedia.com

Jenis Tanaman Hias Bunga di Kuburan

Ada berbagai jenis tanaman hias yang ada di kuburan yang perlu anda ketahui, walaupun berada di tempat yang dianggap menyeramkan namun tanaman hias bunga ini tetap dapat memancarkan keindahannya bila di pandang mata. Kami telah merangkumkannya khusus untuk anda.

1. Bunga Lily

Jenis bunga pertama adalah bunga lily, tidak hanya bunga mawar saja yang biasa kita jumpai dan kita gunakan pada saat berziarah ke sebuah makam dan identik dengan bunga tabur. Ternyata bunga lily yang indah ini bisa kita jumpai di kuburan. Perlu anda ketahui bahwa bunga lily sebenarnya melambangkan nilai kesederhanaan yang juga menyimpan pesan dari rasa simpatik dan biasanya akan diberikan kepada mereka yang sedang berduka.

Ternyata bunga lily juga memiliki corak dan ragam warna yang bervariasi loh, dan bunga lily yang memiliki warna putih adalah jenis bunga yang cocok untuk di tanam di sebuah pemakaman atau kuburan. Walaupun di Indonesia tanaman bunga lily belum terlalu umum namun beda dengan daerah yang ada di negara-negara maju seperti Eropa. Di Eropa sendiri setiap lokasi yang ada di pemakaman hampir semua tempat dapat anda jumpai jenis tanaman ini.

Bunga lily, Sumber : popbela.com
Bunga lily, Sumber : popbela.com

2. Bunga Kantil

Tanaman bunga yang dapat anda jumpai di kuburan atau pemakaman selanjutnya ialah bunga kantil. Sebagian orang mengenai bunga Kantil dengan sebutan cempaka yang merupakan jenis bunga yang mudah dan sering anda temui di sekitar lingkungan pemakaman atau kuburan. Bunga kantil ini memiliki batang yang besar dan juga tumbuh tinggi, oleh sebab itu membuatnya membutuhkan lokasi yang cukup lebar di dalam area pemakaman.

Bunga kantil ini juga memiliki bau dan aroma yang khas dan unik serta kerap di kaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis atau berhubungan dengan makhluk halus. Untuk menanam bunga kantil ini juga cukuplah mudah anda hanya perlu menanam anakan bunganya saja yang biasanya dapat anda jumpai tumbuh disekitar tanaman induknya. Anda hanya tinggal memindahkan anakan tanaman tersebut di area pemakaman yang cukup lebar karena nantinya tanaman kantil ini akan tumbuh menjulang tinggi serta memiliki batang yang berukuran cukup besar dan daun yang rimbun.

Bunga kantil, Sumber : dijelas.in
Bunga kantil, Sumber : dijelas.in

3. Bunga Kamboja

Berikutnya ada bunga kamboja, bunga kamboja ini cukup familiar dan sering sekali anda jumpai tumbuh di sekitar area pemakaman atau kuburan. Bunga jenis ini memiliki warna yang cukup beragam namun yang paling identik dengan pemakaman ialah bunga yang memiliki warna kuning atau yang biasa kita tahu sebagai kamboja Bali, karena bunga jenis ini biasanya juga dikenakan oleh kalangan wanita di Bali saat melakukan sembahyang di pura.

Tidak hanya itu saja jenis bunga ini juga merupakan jenis bunga yang sangat mudah tumbuh. Anda hanya cukup menggunakan stek bagian batangnya yang tidak terlampau muda dan tua. Kemudian anda runcingkan bagian dasar batang, setelah itu tanam maupun bisa anda tancapkan pada area kuburan atau pemakaman. Biasanya kelopak bunga kamboja ini pun sering berjatuhan di tanah kuburan yang dapat memberikan bau wangi pada pusara.

Bunga kamboja, Sumber : gambarcoloring.blogspot.com
Bunga kamboja, Sumber : gambarcoloring.blogspot.com

4. Bunga Melati

Bunga melati memiliki wewangian yang khas sampai di kenal oleh masyarakat luas bahwa wangi dari bunga melati memiliki hubungan kuat dengan keberadaan makhlk gaib atau disangkut pautkan dengan hal-hal mistis lainnya. Maka dari itu anda juga dapat menjumpai tanaman ini disekitar area kuburan atau pemakaman sekitar. Untuk cara menanam jenis tanaman, anda cukup menggunakan stek batang saja yang pastinya bisa anda temukan pada batang bunga melati yang usianya sudah cukup. Pilihlah stek yang tidak terlalu tua maupun terlalu muda supaya pertumbuhannya dapat tumbuh dengan optimal.

Bunga melati, Sumber : lifestyle.kompas.com
Bunga melati, Sumber : lifestyle.kompas.com

5. Bunga Sedap Malam

Selanjutnya ada bunga sedap malam, biasanya bunga sedap malam ini di gunakan sebagai bahan pembuatan parfum. Namun anda juga dapat menemui bunga ini di sekitar area kuburan atau pemakaman. Aroma dari bunga sedap malam ini cukup kuat dan harumnya dapat memberikan efek menenangkan kepada mereka yang menghirupnya, oleh sebab itu biasanya dipakai untuk di makam tujuannya agar memberika efek menenangkan bagi orang yang sedang berduka.

Bunga sedap malam, Sumber : Wikipedia
Bunga sedap malam, Sumber : Wikipedia

Demikian informasi mengenai bunga yang di jadikan tanaman hias yang ada di kuburan, semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan anda. Anda juga dapat menemukan informasi lain semisal tips merawat tanaman atau yang lainnya yang dapat anda akses pada laman website kami.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.