Memiliki taman di rumah memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun kendala yang sering dialami adalah ketiadaan lahan untuk dibuat taman. Tetapi jika kita melihat, saat ini terdapat tanaman hias gantung indoor yang bisa menjadi pilihan untuk memiliki taman seperti taman minimalis atau taman vertikal di rumah.

Taman minimalis dan taman vertikal relatif tidak memerlukan lahan yang luas. Sehingga, bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang cukup untuk dijadikan taman, tidak perlu berkecil hati. Taman vertikal dengan tanaman hias gantung indoor bisa adalah salah satu ide taman indoor yang memberikan manfaat positif.

Untuk membantu Anda mengetahui bagaimana cara untuk membuat taman vertikal atau taman minimalis di rumah, kami sediakan tips membuat taman vertikal di rumah serta berbagai pilihan tanaman hias gantung yang cocok didalamnya. Simak informasi berikut ini.

Tips Membuat Taman Vertikal

Taman vertikal adalah taman yang dirancang agar dapat tumbuh secara vertikal baik dari bawah ke atas atau dari atas ke bawah. Kelebihannya adalah ide taman ini tidak menghabiskan lahan begitu luas karena memanfaatkan media vertikal seperti tiang, tembok, pagar dan lainnya. Nah, bagaimana sebaiknya Anda membuat taman ini?

1. Memilih Spot di Tengah

Membuat taman vertikal indoor dapat memberikan manfaat bagi penghuni. Karena sebagaimana diketahui bahwa keberadaan tanaman di dalam rumah sebagai salah satu hiasan interior begitu menarik dan dapat memberikan manfaat salah satunya adalah membersihkan sirkulasi udara dalam rumah.

Carilah dinding atau tembok yang tinggi namun berada di ruangan tengah. Memilih ruangan tengah akan memberikan dampak positif yang lebih merata dibandingkan membuat taman di salah satu sudut rumah.

2. Menentukan Rancangan yang simpel

Tips selanjutnya adalah memilih rancangan yang simpel saja. Harapannya, rancangan yang simpel dapat memberikan kemudahan dalam merawat tanaman yang berada di dalam rumah ini. Namun jangan khawatir, tidak semua rancangan yang simpel itu tidak indah. Tanaman merupakan makhluk hidup yang terus tumbuh dan berpotensi memenuhi ruangan. Maka, rancangan yang simpel menurut kami lebih disarankan.

Tanaman Dischidia, sumber : World of Succulents
Tanaman Dischidia, sumber : World of Succulents

3. Memilih Tanaman Berukuran Kecil

Ada berbagai jenis tanaman dengan berbagai bunga yang menarik untuk dipandang. Bukan hanya itu, bahkan terdapat juga tanaman yang menghasilkan buah atau sayuran yang bisa dijadikan pilihan untuk taman vertikal. Yang jelas, taman vertikal jarang memanfaatkan tanaman besar seperti pepohonan karena memang tidak lazim.

Pilihan untuk taman vertikal biasanya adalah tanaman yang tumbuh merambat; tanaman mini seperti kaktus mini, bonsai atau bambu mini; dan pilihan jenis tanaman lainnya yang cocok. Bahkan terdapat ide taman vertikal di dapur yang dapat dimanfaatkan untuk menanam bumbu dan sayuran.

Tanaman Hias Gantung Indoor

Salah satu jenis tanaman hias yang cocok untuk dijadikan sebagai pengisi taman vertikal atau taman minimalis rancangan Anda adalah tanaman hias gantung indoor. Ternyata, banyak sekali tanaman hias gantun indoor yang memiliki pesona dan berwarna cukup menarik. Berikut beberapa diantaranya.

1. Dischidia Geri

Tanaman Dischidia Geri adalah jenis yang tumbuh menjuntai kebawah. Tanaman ini tepat sekali untuk ditanam di pot gantung dan menghiasi taman vertikal di dalam rumah. Sirami tanaman ini saat permukaan tanah terlihat mulai mengering, namun tak usah khawatir akan ketahanan tanaman ini jikalau Anda terlupa untuk menyiraminya dari waktu ke waktu. Tumbuhan ini relatif bisa bertahan untuk waktu yang cukup lama.

2. Sedum Morganium

Tanaman ini diindonesia dikenal dengan nama kaktus anggur karena bentuk daunnya yang unik dan bergerombol menyerupai buah anggur. Tanaman ini juga memiliki sifat yang sama dengan jenis kaktus lainnya yaitu memiliki ketahanan yang tinggi dan lebih banyak membutuhkan sinar matahari ketimbang air. Jadi selama mendapat akses sinar matahari yang cukup, Anda tidak perlu repot untuk menyiram setiap hari.

Baby Tears Plant, sumber : PETALS N BUDS BRENTWOOD BAY FLORIST
Baby Tears Plant, sumber : PETALS N BUDS BRENTWOOD BAY FLORIST

3. Baby Tears Plant

Tanaman dengan daun-daun kecil yang terlihat rapuh ini, sebenarnya memiliki ketahanan yang tinggi sebagai tanaman indoor. Cukup diletakkan di lokasi dengan kondisi cahaya yang tidak terlalu terang, baby tears plant tetap akan tumbuh di hunian Anda.

4. Million Hearts

Tanaman ini dikenal juga dengan nama Dischidia Ruschifolia Variegata tanaman dengan bentuk unik ini berasal dari thailand. Perawatan dari Million Hearts juga mudah, cukup disiram sehari sekali pada pagi atau sore hari dan beri sirkulasi udara seminggu sekali. Jadi cocok untuk dijadikan pilihan taman vertikal indoor.

5. Tradescantian

Tanaman ini identik dengan daun dengan garis berwarna ungu, putih, hijau, dan silver. Selain itu, tradescantia dapat tumbuh dalam beragam kondisi lingkungan namun patut diingat agar menjaga akarnya untuk tidak terlalu lembab. Tanaman tradescantia ini memiliki 30 jenis dialam liar dengan tekstur daun, batang yang berbeda, tanaman ini sangat cocok untuk menempati pekarangan taman anda.

6. Sirih Gading

Tanaman hias sirih gading merupakan tanaman yang dapat ditempatkan di indoor maupun outdoor, tanaman ini biasanya menghiasi ruang kantor maupun ruang keluarga. Tanaman ini tumbuh dengan merambat karena itu sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias gantung.

7. Silver Hair

Tanaman silver hair merupakan tanaman yang mudah tumbuh baik didataran rendah maupun dataran tinggi, saat dewasa tanaman ini dapat tumbuh hingga 1 meter. Tanaman silver hair juga mudah dalam perawatannya dan tidak memerlukan perawatan khusus, cukup disiram sehari sekali untuk membantu dalam fotositensis.

Itu dia beberapa rekomendasi dari tanaman gantung hias indoor untuk dijadikan sebagai taman vertikal di rumah Anda. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan menarik bagi Anda. Simak terus berbagai ulasan menarik lainnya seputar taman indoor di go green garden Jogja.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.