Terdapat berbagai pohon taman yang dapat menghiasi halaman rumah Anda agar tampak lebih segar dan indah. Berbagai pohon taman ini juga memiliki fungsinya selain hanya sekedar menghiasi taman. Memilih pohon taman juga berdasarkan konsep tersendiri yang sedikit banyaknya perlu diketahui agar dapat memiliki taman yang indah.

Keberadaan taman sudah ada sejak dahulu sebagaimana yang kita perhatikan pada istana kerajaan di masa lalu. Sedangkan rancangan taman yang paling sering dikenal memiliki rancangan yang menarik biasanya adalah seperti taman Jepang dan Prancis. Namun saat ini, rancangan taman sudah sangat beraneka ragam seperti yang baru-baru ini diketahui yaitu taman minimalis.

Pohon apa saja yang cocok untuk menghiasi taman rumah Anda? Untuk memudahkan mengetahuinya, Anda juga perlu mengetahui berbagai keunikan yang terdapat pada pohon taman berikut ini.

Pinus, sumber : Paulipu
Pinus, sumber : Paulipu

Aneka Pohon Untuk Taman

Jika kita membicarakan pohon, tentu saja akan terbayang tanaman besar yang biasanya tinggi dan sering terdapat di hutan yang rimbun. Karena berada di tengah hutan dengan berbagai macam pepohonan lainnya, tidak begitu menonjol keindahannya satu per satu. Namun berbeda jika Anda meletakkan pohon di taman halaman rumah Anda.

Beberapa pohon berikut ini dikenal keindahan serta manfaatnya untuk taman di rumah Anda. Berikut aneka macam pohon taman yang biasa dijadikan pilihan :

1. Pohon Pinus

Pinus dapat mencapai ketinggian 30 m. Daunnya berpenampakan kecil seperti lidi dengan panjang 6-18 cm. Pinus mempunyai buah kecil dengan sisik mirip salak. Tanaman tinggi ini biasanya ditanam berderet sepanjang jalan masuk sebagai pengarah. Bila telah dibentuk dan dipangkas indah, pinus dapat ditanam tunggal maupun berkelompok pada taman.

Pohon Palem, sumber : iCube R&D Group
Pohon Palem, sumber : iCube R&D Group

2. Pohon Palem

Palem adalah tanaman yang cocok untuk suhu tropis di Indonesia. Terdapat beberapa jenis Palem yang biasa ditanam di taman yaitu Palem Ekor Tupai, Palem Kipas dan Palem Botol. Pohon yang satu ini bukan hanya memberikan keindahan pada taman, namun juga bisa menciptakan suasana teduh. Jika hanya memiliki luas taman yang kecil, terdapat Palem yang ukurannya relatif pendek yang bisa menjadi pilihan.

3. Pohon Mangga

Mangga adalah tanaman yang bukan hanya bagus karena juga dapat berbunga, namun juga merupakan tanaman yang memberikan keuntungan dengan buahnya yang memiliki cita rasa yang disukai banyak orang. Jika dirawat dengan benar, tanaman ini dapat memperindah taman rumah Anda.

Dimulai dari bibit buah mangga dan media berupa pot besar atau gundukan tanah yang memadai, pohon mangga bisa memberikan estetika tersendiri untuk halaman rumah. Batang pohonnya terlihat kokoh dan daunnya juga tumbuh rimbun di kala subur. Bukan hanya pemandangan taman yang asri yang kamu dapat, tetapi juga buah mangga yang manis.

Mangga, sumber : Jamaicans.com
Mangga, sumber : Jamaicans.com

4. Pohon Kurma

Pohon berbuah manis ini mungkin belum begitu terbukti dapat menghasilkan di Indonesia. Namun sekarang tidak jarang pecinta tanaman menghadirkannya sebagai penghias taman. Tubuhnya mirip dengan kelapa sawit tapi berbatang lebih ramping. Umumnya keluarga palem bisa bertahan hidup hingga 100 tahun dengan tinggi mencapai 15-20 meter.

Palem dengan nama latin Phoenix dactylifera bertangkai sepanjang 6 meter dan tertutup daun hijau kebiruan yang berjajar rapi. Penempatan palem besar ini sangat fleksibel, bisa ditanam di sudut taman, bagian tengah hamparan rumput, atau sebagai background sekelompok tanaman hias mini.

Kurma, sumber : Britannica
Kurma, sumber : Britannica

5. Pohon Kaktus

Kaktus dengan nama lain Hercules Club dapat tumbuh tinggi hingga 10 m. Batang tebal bersudut 5 atau 6 dengan puncak sudut terdapat duri kehitaman. Anda perlu memposisikan tanaman berduri ini diantara tanaman lain atau di pinggir kolam karena getahnya mengandung racun. Namun jika ditempatkan dengan benar, Anda tidak perlu khawatir lagi.

Selain kaktus yang biasa, sebenarnya terdapat juga pilihan menarik dari kaktu yaitu kaktus mini. Bedanya kaktus mini tumbuhannya kecil dan langsung berbunga dibandingkan dengan kaktus biasa yang tumbuh banyak batang terlebih dahulu sebelum akhirnya berbunga.

Ariocarpus, sumber : Visit World of Succulents
Kaktus Hias, sumber : Visit World of Succulents

6. Pohon Kamboja

Kamboja adalah pohon yang tinggi namun memiliki bunga yang cantik. Jika Anda pernah melihat taman bertemakan tropis seperti taman Bali, Kamboja adalah salah satu yang wajib ada. Tidak jarang bunga Kamboja digunakan juga sebagai aksesoris bagi pakaian adat Bali. Pohon ini sangat cocok dipadukan dengan kolam ikan, gazebo dan berbagai ornamen ala Bali lainnya.

Bunga Kamboja, sumber : SALAM PAPUA
Bunga Kamboja, sumber : SALAM PAPUA

7. Bambu

Di Indonesia, pohon Bambu bisa dikatakan tumbuh liar di hutan. Tetapi Bambu adalah salah satu pohon yang menarik untuk dijadikan penghias taman rumah Anda. Dengan warna hijaunya yang alami serta tampak segar, rumah Anda akan terlihat asri dengan pohon yang satu ini. Namun terdapat beberapa jenis Bambu yang bisa dijadikan pilihan.

Biasanya pilihan bambu yang menjadi favorit adalah Bambu Jepang dan Bambu Kuning. Bambu kuning dapat mencapai tinggi 4-9 m dengan diameter batang 8 cm. Bambu dengan nama latin Phyllostachys sulphurea memiliki daun hijau sepanjang 12 cm dengan lebar 2 cm. Namun sebenarnya terdapat macam bambu kuning, yaitu bambu kuning besar dan bambu kuning mini.

Bambu, sumber : filsafat pendidikan
Bambu, sumber : filsafat pendidikan

Sedangkan Bambu Jepang disebut juga Chimonobambusa quadrangularis hampir serupa dengan bambu kuning. Bambu ini mampu tumbuh menjulang hingga 10 m. Daun hijau dengan tulang sejajar berukuran 5-15 cm dengan lebar 2 cm. Selain untuk pagar, bambu cantik ini bisa pula ditanam diantara batuan pinggir kolam.

Itu dia tujuh pohon taman yang sering menjadi pilihan untuk menghiasi keindahan taman rumah Anda. Tentu saja masih terdapat banyak pohon lainnya yang belum sempat diulas dalam kesempatan kali ini. Simak terus berbagai ulasan seputar tanaman dan taman di gogreengardenjogja.com.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.