Pagar tanaman hias adalah salah satu model halaman rumah yang menarik sekaligus berdampak positif bagi lingkungan. Karena merupakan tanaman yang menjadi pagar, tampak keindahan sekaligus manfaat kesegaran pada lingkungan di sekitar rumah Anda. Pada rumah yang bertemakan minimalis, pagar tanaman hias salah satu pilihan yang cocok.

Beberapa jenis tanaman memang cocok untuk dijadikan pagar asri di rumah Anda. Bukan hanya tanaman hijau, beberapa jenis tanaman berbunga juga bisa menjadi pagar tanaman yang memberikan warna serta keindahan. Apa saja jenis tanaman pagar yang bisa menjadi pilihan?

Cara Membuat Pagar dari Tanaman

Jika melihat berbagai model rumah yang sedang menjadi trend saat ini pagar dari tanaman adalah salah satu ide yang cocok untuk ditambahkan. Tipe rumah di perumahan atau minimalis yang memang merupakan model rumah kopel atau yang sejenisnya memang dibuat tanpa pagar. Namun tanaman pagar dapat membuatnya lebih segar dan memberikan dampak positif untuk udara yang bersih.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat kreasi tanaman pagar :

Boxwood, sumber : Best4hedging
Boxwood, sumber : Best4hedging

1. Perhatikan Jenis Tanaman

Ada banyak jenis tanaman pagar yang bisa dijadikan pilihan. Ada tanaman yang memiliki bentuk yang indah seperti bambu jepang dan cemara. Ada juga tanaman pagar yang dipilih karena memiliki bunga berwarna yang menarik. Dengan memilih tanaman yang tepat, pagar akan lebih serasi dengan model rumah dan dapat diketahui cara menanam serta perawatan yang tepat.

2. Cara Menaman Tanaman Pagar

Bedanya antara pagar dengan tanaman pagar adalah prosesnya. Jika menggunakan pagar dari kayu atau besi, Anda bisa langsung membuat dan memasangnya, tanaman pagar butuh proses terlebih dahulu. Anda memang perlu menanam dan melakukan perawatan hingga dapat menjadi tanaman agar yang menarik.

3. Lakukan Perawatan Dengan Baik

Beberapa tanaman yang bisa menjadi pagar memang perlu perawatan yang intensif. Anda perlu mengetahui bagaimana cara menanamnya, jadwal pemberian pupuknya, bagaimana menyiramnya dan lain-lain. Beberapa jenis tanaman bisa saja memiliki tata cara perawatan yang lebih simpel. Semua tergantung pilihan tanaman untuk pagar yang Anda tentukan sejak awal.

Jenis Tanaman Untuk Pagar

Mawar Pagar Tanaman, sumber : Mirror Garden Offers
Mawar Pagar Tanaman, sumber : Mirror Garden Offers

Ada berbagai jenis tanaman yang cocok dan pernah dijadikan sebagai tanaman pagar. Semuanya bisa disesuaikan dengan jenis taman rumah Anda. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan manfaat tanaman tersebut. Karena selain estetika, ada beberapa tanaman yang memberikan manfaat seperti membersihkan udara dan manfaat lainnya.

1. Buxus (boxwood)

Buxus atau biasa disebut juga boxwood adalah jenis tanaman yang paling sering untuk dijadikan pagar tanaman hias. Tanaman ini tumbuh rapat-rapat dan daunnya rimbun. Dengan bentuk yang rapat serta daunnya rimbun, tanaman ini mudah dibentuk menjadi pagar dengan memangkasnya.

Yang perlu diperhatikan adalah tumbuhnya tanaman yang satu ini. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 6 meter dan tumbuh dengan cepat seperti tanaman rumput. Karena itu, menjadikan boxwood sebagai tanaman untuk pagar harus rajin memangkasnya.

2. Cemara Kipas

Tanaman cantik selanjutnya yang bisa digunakan sebagai pagar ialah cemara kipas atau Arborvitae. Pohon ini tidak begitu tinggi seperti cemara pada umumnya. Ukurannya sendiri bisa mencapai 3 hingga 6 meter saja. Namun untuk pilihan pagar, lebih baik pilih ketinggian yang medium saja atau sekitar 3 meter. Karena karakteristiknya yang tumbuh tinggi dan tegak, merawat tanaman ini sebagai pagar relatif mudah.

3. Kembang Sepatu

Kembang Sepatu tidak memerlukan media rambat khusus agar dapat dibentuk menjadi pagar tanaman hias, cukup membiarkannya tumbuh lalu potong sehingga dedaunannya membentuk pagar. Untuk memperbanyak tanaman ini di halaman rumah, kamu bisa mengembangkannya dengan teknik cangkok. Rawat tanaman dengan memberkan pupuk sebulan sekali. Selebihnya, ia akan tumbuh sehat dengan bantuan sinar matahari yang baik.

Yang menjadi kelebihan dari tanaman untuk pagar yang satu ini adalah bunganya. Dibandingkan dengan boxwood dan cemara kipas yang monoton dengan warna hijau, kembang sepatu memiliki bunga yang berwarna indah dan cantik. Namun perlu diperhatikan pemberian pupuk yang benar agar bunganya tumbuh dengan baik. Selain itu, bunga pada tanaman pasti akan gugur dan tumbuh kembali.

Hydrangea, sumber : DIY Network
Hydrangea, sumber : DIY Network

4. Mawar

Semua pasti mengenal bunga mawar. Tanaman yang satu ini memperlihatkan kesan indah yang elegan karena warna-warninya yang begitu merekah. Bahkan bisa dikatakan, mawar adalah salah satu tanaman yang menjadi simbol keindahan. Nah, uniknya, mawar adalah tanaman yang juga tumbuh sebagaimana semak belukar yang jika dibentuk dan dirawat dapat menjadi pagar tanaman.

Mawar juga salah satu tanaman yang mudah dirawat. Bahkan dalam kondisi tertentu mawar tetap dapat tumbuh dengan baik meskipun tidak terlalu sering dirawat. Nah, untuk Anda yang suka kesan indah dengan warna yang elegan, mawar sangat cocok untuk menjadi pagar tanaman di rumah Anda.

5. Hydrangea

Mayoritas hydrangea berasal dari Tiongkok dan Jepang. Tanaman ini bisa berkembang di bawah sinar matahari atau pun di tempat teduh. Variasi Hydrangea memberikan Anda pilihan bentuk, ukuran, warna dan waktu mekar bunganya. Tanaman ini cocok untuk menjadi pagar yang rendah saja. Meskipun begitu, tanaman ini salah satu tanaman yang memiliki bunga berwarna indah yang sering dijadikan pagar juga.

Nah, itu dia 5 tanaman pagar yang cocok untuk menjadi pilihan. Tentu saja masih banyak sekali pilihan tanaman pagar lainnya. Semoga informasi ini bisa memberikan wawasan tambahan untuk Anda. Simak terus berbagai informasi seputar taman dan tanaman di gogreengardenjogja.com.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.