Tanaman lidah buaya salah satu tanaman kaktus hias yang unik dan biasanya ada di taman rumah hunian. Karena bentuknya yang unik, lidah buaya bahkan di jadikan gambar motif batik khas di Indonesia yaitu mootif batik khas Bojonegoro. Jadi jangan kaget kalau ada sebagian seragam batik resmi menggunakan motif tanaman tersebut. Selain unik menaam lidah buaya juga mudah.

Karena kemudahan dalam perawatannya dan juga mudah dalam berkembang biak, banyak tanaman ini yang dibudidayakan untuk di jadikan bahan suplemen untuk menutrisi rambut. Selain itu berbagai olahan lidah buaya seperti sari lidah buaya juga nikmat diminum ketika cuaca panas terik. Anda tertarik untuk menanam lidah buaya ?

Menanam Lidah Buaya
Motif batik Lidah Buaya. Sumber Bukalapak.Com

Cara Menanam Lidah Buaya

Cara menanam lidah buaya sangatlah mudah. Namun jika anda melakukan kesalahan karena tak mengikuti langkah cara menanam lidah buaya dengan benar, maka tidak tertutup kemungkinan tanaman akan mati. Inilah beberapa cara yang di anjurkan :

1. Pilih Tanah yang Tepat

Tanaman lidah buaya cocok untuk ditanam di area yang beriklim panas. Karena itulah sebaiknya tanaman ini di tanam di area luar rumah, seperti pekarangan dan kebun di rumah. Mengenai tanah yang dipilih untuk membesarkan lidah buaya sebaiknya memiliki daya serap air yang baik, sehingga tanaman lidah buaya dapat tumbuh dengan subur.

2. Menanam Lidah Buaya dengan Posisi Tepat

Anda bisa menanam bibit lidah buaya dengan menancapkannya ke tanah atau media tanam yang sudah disiapkan. Sebaiknya anda memilih bibit yang segar dan masih kecil. Jangan menancap terlalu dalam atau dangkal, agar tidak mudah busuk dan roboh ketika sudah tumbuh. Pastikan posisi bibit yang ditanam pada posisi yang benar.

3. Jangan Terlalu Sering Menyiram

Tanaman lidah buaya adalah tanaman yang dapat tumbuh dengan baik tanpa perlu disiram setiap hari. Tanaman ini tergolong jenis tanaman yang memiliki banyak cadangan air dalam tubuhnya. Jadi walaupun tidak disiram setiap hari pun, ia akan tetap tumbuh dengan sehat dan segar. Jika terlalu banyak air, tanaman ini justru cepat membusuk.

4. Pupuk dan Pencahayaan yang Cukup

Gunakanlah pupuk organik secukupnya pada tanaman lidah buaya. Selain pupuk, jangan lupa untuk memberikan pencahayaan yang cukup juga. Tanaman lidah buaya sangat membutuhkan sinar matahari, sehingga perlu ada kontak langsung dengan sinar matahari. Meskipun begitu, terkena sinar matahari secara langsung sepanjang hari akan menjadikan tanaman menjadi bersisik dan berubah warna menjadi jingga.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Lidah buaya ada manfaatnya bagi kesehatan, terutama untuk kesehatan rambut. Inilah ulasannya :

Menanam Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya yang indah. Sumber Unsplash

1. Memperbaiki rambut yang rusak

Rambut rusak biasanya ditandai dengan ciri-ciri rambut yang kasar, bercabang dan kering. Banyak faktor yang menyebabkan rambut rusak seperti penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat, sering terkena paparan sinar matahari langsung atau terlalu sering menata rambut di salon.

 Untuk mengatasi masalah rambut rusak, anda dapat memanfaatkan lidah buaya dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada rambut secara merata mulai dari akar rambut hingga ujung. Diamkan kurang lebih 10 menit baru anda bilas dan keramas menggunakan shampo. Kandungan kolagen dan vitamin A, C dan E pada lidah buaya dapat memperbaiki rambut yang rusak.

 2. Mengatasi rambut berminyak

Jika memiliki masalah rambut berminyak, anda bisa mengatasinya menggunakan lidah buaya. Rambut berminyak disebabkan karena produksi minyak yang berlebihan di kulit kepala dan juga bisa disebabkan dari sisa-sisa produk perawatan rambut yang digunakan.

 Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk mengatasi rambut yang berminyak. Caranya, oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala, akar rambut sampai dengan ujung sambil dilakukan pemijatan secara perlahan.

 Hal ini bertujuan untuk menekan produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala.  Anda dapat melakukan perawatan ini secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut yang sehat.

3. Memperkuat akar rambut

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit, namun juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan rambut. Karena kandungan vitamin A, C dan E yang ada pada lidah buaya sangat bermanfaat untuk menjaga kesuburan rambut.

 Kandungan nutrisi tersebut juga berfungsi untuk menjaga akar rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah atau rontok.  Selain itu, rambut anda juga akan tampak lebih sehat dan berkilau serta tidak mudah patah.

 4. Mengurangi rasa gatal pada bagian kulit kepala

Rasa gatal pada kulit kepala dapat disebabkan karena dermatitis seboroik  atau sering disebut ketombe. Dermatitis seboroik merupakan suatu kondisi pada bagian kulit yang mengelupas atau mengalami peradangan, sehingga menyebabkan munculnya ketombe.

 Untuk mengurangi peradangan pada kulit kepala dapat memanfaatkan lidah buaya. Pasalnya, lidah buaya mengandung asam lemak yang memiliki sifat anti peradangan, sehingga bisa membantu kondisi kulit kepala menjadi lebih baik.

 5. Mengatasi masalah rambut rusak

Anda memiliki masalah rambut rontok? Untuk mengatasinya bisa menggunakan lidah buaya. Karena kandungan asam folat dan vitamin B12 di dalam lidah buaya berfungsi untuk memberikan nutrisi pada rambut sehingga dapat mengurangi kerusakan rambut.

 6. Membuat rambut menjadi hitam berkilau

Memiliki rambut yang berwarna hitam dan berkilau tentu menjadi idaman semua wanita. Namun tidak semua produk perawatan rambut dapat memberikan hasil seperti yang kita inginkan. Sebelum anda menggunakan produk yang mengandung bahan kimia, sebaiknya coba menggunakan bahan alami terlebih dahulu.

Anda bisa mencoba mengoleskan gel aloe vera yang terkenal kaya nutrisi secara rutin.  Jadi lidah buaya tidak hanya berfungsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi rambut, namun juga untuk menjaga kesehatan rambut tetap berkilau.

7. Menyuburkan rambut

Menanam Lidah Buaya
Lidah buaya bermanfaat untuk kesehatan. Sumber Unsplash

Manfaat lidah buaya untuk rambut yaitu dengan mengoleskan gel aloe vera pada kulit kepala dan rambut, sehingga aliran darah di bagian kepala menjadi meningkat. Sehingga dapat meregenerasi pertumbuhan rambut dengan lebih baik.

 Jika anda mengalami masalah rambut rontok dan rusak, maka dapat memanfaatkan lidah buaya sebagai perawatan sehari-hari. Dengan perawatan yang rutin maka proses pertumbuhan rambut dapat terjaga dengan baik.

Itulah beberapa cara menanam lidah buaya dan penjelasan mengenai lidah buaya. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk anda. Jangan lewatkan artikel kami lainnya tentang olahan bambu untuk kesehatan. Terima kasih.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.