Pada taman-taman kota, seringkali kita jumpai pohon beringin. Pohon yang satu ini bahkan menjadi simbol karena keberadaannya serta manfaatnya bagi kehidupan manusia. Namun sudahkan Anda mengenal pohon beringin? Adakah manfaat pohon beringin yang perlu diketahui?

Pohon beringin memang cenderung tidak cocok sebagai tanaman di taman rumah. Apalagi jika taman berkonsep minimalis. Namun, ada juga rekayasa pohon beringin bonsai yang berbentuk kecil yang bisa dijadikan pilihan untuk taman rumah Anda.

Pohon beringin cenderung besar dan berumur panjang. Karena itu biasanya kita melihat pohon beringin sebagai tanaman yang ada di taman kota atau di alun-alun seperti alun-alun Jogja. Nah, simak berbagai informasi menarik seputar pohon beringin berikut ini.

Pohon Beringin di Alun-alun Jogja, sumber : Portal Jogja - Pikiran Rakyat
Pohon Beringin di Alun-alun Jogja, sumber : Portal Jogja – Pikiran Rakyat

Pohon Beringin

Pohon beringin merupakan tanaman besar dan tinggi serta rindang yang dapat ditemukan di wilayah Asia, Malaysia dan Australia. Keberadaan pohon ini bagi para jasa taman atau perancang bangunan menjadi kontroversi. Ada yang menganggap bahwa pohon yang satu ini tidak begitu baik bagi lingkungan. Namun ada juga yang menganggap bahwa pohon ini dapat bermanfaat.

Di Indonesia sendiri dengan kebudayaan lokalnya menganggap pohon beringin sebagai salah satu yang unik. Maksudnya, bagi sebagian penduduk lokal ada yang menganggap pohon ini sebagai salah satu yang keramat. Apalagi juga sudah besar, tinggi dan berumur tua.

Kata beringin sendiri berasal dari kata Jawa “waringin” yang dalam bahasa Indonesia yang berarti pohon. Pohon ini sebenarnya sejak dulu memang sengaja ditanam bahkan ada yang dijadikan tanaman hias. Jika demikian, pasti terdapat manfaat pohon beringin yang sebenarnya perlu untuk diketahui. Lebih jauh lagi, para ahli tanaman juga mengembangkan pohon yang satu ini sehingga lebih menarik warna daunnya serta menjadi tanaman yang kecil seperti teknik bonsai.

Beringin memiliki akar tunggang yang menyebar ke tanah dan sanggup menopang ukuran pohonnya yang besar. Perakarannya berbentuk mirip jaring dan berfungsi sebagai safety nutrition network atau jaring pengaman nutrisi.

Bentuk batang beringin bentuknya seperti batang pohon lainnya, berbentuk silindris, betekstur kasar dan memiliki percabangan simpodial. Batang simpodial adalah jenis batang dengan banyak percabangan serta tidak memiliki satu batang utama. Diameter batang beringin dapat mencapai 2 meter.

Daun beringin berbentuk oval dengan bagian ujung meruncing dan pangkalnya tumpul. Pertumbuhan daunnya berseling dan tulang daunnya menyirip. Untuk warnanya, saat ini terdapat beringin dengan warna daun yang beraneka macam selain hijau.

Pohon beringin juga menghasilkan bunga berjenis tunggul yang tumbuh di ketiak daun atau cauliflora. Bentuk tangkai bunga beringin silindris dengan kelopak mirip corong dan berwarna hijau. Mahkota bunganya bulat dengan warna kuning kehijauan, sedangkan benang sari dan putiknya berwarna kekuningan.

Akar Gantung, sumber : Satu Jam
Akar Gantung, sumber : Satu Jam

Beringin menghasilkan buah semu atau fig yang menjadi sumber makanan hewan-hewan disekitarnya. Bentuk buahnya bulat dan berwarna hijau saat buah masih mudah. Bentuk tajuk beringin membulat dan lebar, faktor ini pula yang menjadikan pohon ini kerap di tanam di alun-alun atau persimpangan jalan sebagai naungan dan tempat berteduh.

Pertumbuhan pohon beringin dapat mencapai 15meter hingga 25 meter, bahkan di hutan alam juga terdapat beringin dengan tinggi lebih dari itu. Dari karakteristik yang dimilikinya, beringin termasuk pohon berukuran besar.

Manfaat Pohon Beringin

Untuk Anda yang memiliki taman yang luas atau lahan yang ingin dijadikan sebagai taman yang hijau, ketahui manfaat pohon beringin. Ternyata pohon ini adalah salah satu yang paling tua untuk dijadikan sebagai tanaman utama yang menghiasi taman-taman yang besar.

1. Menciptakan Suasana Asri

Salah satu ciri utama beringin adalah adanya akar gantung yang tumbuh dari percabangannya. Fungsi akar gantung adalah untuk respirasi. Akar gantungnya berwarna cokelat, tumbuh kebawah dan akan masuk ke dalam tanah untuk menyerap nutrisi dan air dari dalam tanah.

Keberadaan akar gantung ini memberikan pengaruh positif kepada lingkungan yaitu menjadikan suasana di sekitar pohon menjadi teduh dan hijau. Pohon ini juga dapat dengan mudah tumbuh bahkan jika mendapatkan sinar matahari yang terbatas.

Pohon Beringin, sumber : Wajibbaca.com
Pohon Beringin, sumber : Wajibbaca.com

2. Penyerapan Air yang Banyak

Jika Anda memiliki taman yang kurang dalam penyerapan airnya, terutama saat di musim hujan, keberadaan pohon beringin bisa bermanfaat untuk Anda. Anda tidak perlu lagi takut terdapat genangan pada halaman atau taman rumah Anda. Karena pohon beringin adalah salah satu jenis tanaman dengan kemampuan penyerapan air yang tinggi.

Sebaliknya, untuk taman yang kering atau berada pada lahan yang cenderung sedikit kapasitas airnya, tidak disarankan menanam pohon beringin. Jika ingin tanaman hias untuk karakteristik tanah seperti ini bisa dengan memilih kaktus hias salah satunya.

3. Memberikan Kesegaran Udara

Jika Anda berada pada tempat yang udaraya cenderung terpolusi, misalnya karena sering dilalui oleh kendaraan, maka menanam pohon beringin di sekitarnya menjadi solusi yang ampuh. Pohon ini tumbuh tinggi dan besar serta daunnya rimbun melebar ke sisi-sisinya. Karena itu, keberadaan pohon ini pada tempat yang berudara cenderung berpolusi dapat dengan mudah membersihkan udara di lingkungannya.

Nah, itu dia beberapa informasi menarik seputar pohon beringin. Manfaat pohon beringin bisa menjadi pertimbangan untuk menjadi pohon ini salah satu fitur di taman rumah Anda. Namun tentu saja jika taman rumah Anda cocok.

Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan tambahan untuk Anda. Simak terus berbagai informasi lainnya seputar taman, tanaman hias dan kolam taman di gogreegardenjogja.com. Untuk memesan jasa taman, hubungi nomor kontak yang tersedia.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.