Bambu hias taman adalah salah satu pilihan tanaman yang menarik untuk taman. Beberapa tema taman sering menggunakan bambu hias taman sebagai tanaman utamanya. Salah satunya misalnya taman Jepang. Bambu hias taman memang memiliki bentuk yang tidak biasanya dan tampak indah. Apakah Anda tertarik menggunakan bambu sebagai penghias taman Anda?

Bambu merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia sehari-harinya. Dari dulu hingga kini, tanaman yang satu ini termasuk yang paling sering dimanfaatkan untuk berbagai manfaat dan aktivitas. Bambu dimanfaatkan untuk bangunan bahkan sampai untuk dijadikan bahan makanan.

Sebelum kita membahas berbagai jenis bambu hias, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih jauh terkait tanaman dengan aneka manfaat yang satu ini. Berikut bebeapa informasinya.

Manfaat Bambu

Bambu adalah salah satu tanaman yang cenderung mudah untuk tumbuh. Di beberapa daerah di benua Asia, tanaman yang satu ini memang tumbuh begitu saja tanpa perlu diperhatikan perawatannya secara khusus. Bahkan, China dikenal sebagai negeri tirai bambu karena mungkin tanaman yang satu ini sering dimanfaatkan oleh penduduknya.

Sebagai tanaman yang mudah hidup, bahkan terdapat di daerah-daerah yang berbeda musim seperti daerah musim dingin hingga daerah tropis, bambu banyak dimanfaatkan. Berikut beberapa manfaat dari bambu yang kita kenal.

Bambu Kuning, sumber : Flickr
Bambu Kuning, sumber : Flickr

1. Bahan Konstruksi Rumah

Bambu bisa menjadi bahan yang dibuat menjadi dinding rumah. Serat bambu yang merupakan kulit luar batang bambu dianyam satu sama lain sehingga menjadi lembaran yang cukup kokoh untuk menjadi dinding. Begitulah beberapa rumah di Indonesia pada masa lalu hingga masih terdapat sedikit untuk saat ini yang menggunakan dinding bambu.

2. Bahan Struktur Jembatan

Di daerah Indonesia yang terdapat sungai seringkali terlihat terdapat jembatan dari bambu. Jembatan ini merupakan gabungan dari batang bambu yang dibuat seperti rakit. Kemudian diatasnya juga dibuat pegangan dari bambu juga untuk berjalan di atas jembatan bambu ini.

3. Bahan Peralatan Memasak

Batang bambu bisa dibentuk sedemikian rupa untuk menjadi peralatan masak. Batang bambu bisa dibentuk menjadi sendok, centong dan dipadukan dengan bahan baku lainnya untuk menjadi peralatan memasak. Selain itu, bambu juga dijadikan tempat untuk memasak nasi dan beberapa jenis masakan Indonesia yang dimasak didalam batang bambu.

4. Alat Musik

Jika Anda mengenal Anklung, maka Anda akan melihat bambu sebagai bahan bakunya. Angklung adalah alat musik pukul yang sebagian besar bagiannya terbuat dari bambu. Ternyata bambu memiliki suara nyaring yang nikmat setelah dibuat sedemikian rupa. Angklung adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang legendaris.

5. Bahan Kerajinan Tangan

Bambu juga bisa menjadi bahan yang diproduksi sebagai kerajinan tangan. Misalnya menjadi nampan, hiasan dinding, peci yang semuanya merupakan kerajinan tangan. Banyak pengrajin yang berinovasi dan menyulap bahan ini dan dijadikan kerajinan tangan yang memiliki manfaat serta nilai estetika.

Bambu Gendang, sumber : Bambu Batu
Bambu Gendang, sumber : Bambu Batu

6. Senjata Tradisional

Bambu juga dikenal sebagai senjata di masa lalu. Terdapat beberapa suku tradisional yang menggunakannya. Di Indonesia sendiri terkenal bambu runcing yang dijadikan senjata saat masa penjajahan untuk melawan penjajah. Selain bambu runcing, bambu juga dijadikan tongkat untuk memukul yang menjadi senjata tradisional dari salah satu suku di Dunia.

7. Makanan

Di Indonesia, manfaat bambu juga dikenal dari beberapa makanan. Terdapat makanan yang berbahan bambu muda yang dijadikan sayuran. Di negara-negara seperti Jepang, bambu muda atau rebung ini juga dijadikan makanan. Selain makanan manusia, bambu juga dikenal sebagai bahan makanan beberapa hewan.

8. Alat Transportasi

Sebagaimana yang sudah disebutkan, bambu bisa dibuat menjadi rakit. Rakit adalah alat transportasi yang simpel dan tradisional. Biasanya dipakai untuk menyeberang sungai. Banyak negara yang masih menggunakan transportasi ini sebagai daya tarik yang memiliki keunikan meskipun bukan menjadi alat transportasi utama.

Jenis Bambu Hias Taman

Dari berbagai manfaat bambu di atas yang sudah dipaparkan, terdapat satu lagi yang kurang. Yaitu bambu dimanfaatkan juga untuk keindahan taman rumah. Jenis bambu hias taman terdapat beberapa yang kita kenal. Berikut ulasannya.

Bambu Jepang, sumber : Phinemo
Bambu Jepang, sumber : Phinemo

1. Bambu Kuning

Sebagai penghias taman, bambu yang berwarna hijau mungkin terkesan monoton bagi sebagian orang. Namun Anda tidak perlu khawatir. Jika merasa bambu hias taman lainnya biasa saja karena warnanya yang hijau, cobalah untuk menanam bambu kuning. Bambu jenis ini bisa tumbuh 4-9 meter, sehingga cocok dijadikan pagar hidup.

2. Bambu Jepang

Jenis bambu lainnya yang juga dijadikan sebagai tanaman hias adalah bambu Jepang. Ciri-ciri bambu Jepang adalah batang tegak berwarna hijau kelabu, dengan tinggi sekira 4-5 meter dengan diameter 3 cm, dan panjang ruas sekitar 30 cm.

3. Bambu Gendang

Bambu yang satu ini memiliki keunikan dari sisi bentuknya. Bambu gendang memiliki bantuk menggelembung pada bagian tengah ruasnya. Sedangkan ujung-ujung ruasnya tetap berbentuk standar. Dengan keunikan bentuknya ini, jenis bambu ini dijuluki the budha’s belly atau bambu berbentuk perut budha.

4. Bambu Sian

Bambu hias jenis ini berasal dari Thailand. Ciri-ciri bambu ini adalah batang yang tegak dan ramping berwarna hijau keputihan. Bambu hias biasanya dijejerkan di sisi dinding untuk meredam suara. Selain itu, bambu jenis ini juga bisa digunakan untuk mempercantik taman atau teras rumah.

5. Bambu Pagar

Sebagaimana penamaannya, jenis bambu yang satu ini memang cocok untuk dijadikan sebagai pagar di halaman rumah. Bambu pagar dapat tumbuh rimbun dan rapat. Karena itu, bambu yang satu ini perlu dipangkas agar tetap selalu tampak teratur dan indah.

Itu dia berbagai informasi seputar bambu taman hias dan tanaman bambu. Semoga bisa menjadi informasi menarik dan menambah wawasan Anda. Simak terus berbagai informasi lainnya seputar jasa taman dan berbagai tanaman hias di gogreengardenjogja.com.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.