Kolam taman depan rumah adalah bagian dari dekorasi halaman yang baik bagi lingkungan. Apabila Anda memiliki rumah dan membuat taman di depannya, ditambah dengan kolam taman depan rumah bisa dikatakan Anda memiliki lingkungan rumah yang sempurna. Tidak jarang komponen natural pada lingkungan rumah seperti taman dan kolam taman depan rumah ini diabaikan keberadaannya.

Bagaimana seharusnya keberadaan kolam taman di rumah Anda? Maka dari itu Anda perlu mengetahui ide kolam taman yang cocok. Karena tentu saja tidak semua rumah memiliki bagian yang cocok untuk dibuat kolam. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Ide untuk kolam taman sudah banyak. Bahkan meskipun Anda tidak memiliki sisa lahan sekalipun, terdapat ide kolam vertikal, perpaduan kolam dan akuarium dan ide lainnya yang bisa diwujudkan.

Manfaat Kolam Taman

Rumah adalah tempat untuk beristirahat dan menikmati waktu luang. Di tengah kesibukan bekerja dan beraktivitas di luar, kembali ke rumah harus menjadi pelepas penat dan lelah untuk mengembalikan energi. Karena itu, rumah harus dirancang memiliki lingkungan yang baik. Salah satunya melalui keberadaan taman dan kolam.

Gambar desain taman minimalis dengan kolam
Kolam Taman Minimalis, sumber : Go Green Garden

Manfaat kolam taman di rumah dapat Anda rasakan. Beberapa diantaranya adalah :

1. Mengatur Kelembaban Udara

Penggunaan alat seperti Air Conditioner atau kipas angin sebenarnya sudah berlebihan. Mengingat sumber energi seperti listrik dan bahan bakar yang semakin mahal dan terbatas. Keberadaan kolam taman depan rumah atau bahkan kolam di dalam rumah bisa memberikan lingkungan sejuk. Sirkulasi udara dengan air yang berada di kolam merupakan kolaborasi untuk menciptakan kesegaran.

2. Memberikan Suasana Alami

Pada lingkungan alami sehari-hari seperti hutan, sawah atau kebun, komponen seperti tumbuhan, air seperti pada kolam atau sungai serta angin merupakan kombinasi suasana alami. Biasanya, bangunan rumah hanya memiliki bangunannya saja atau sedikit tanaman. Apabila bisa ditambah komponen seperti kolam taman, makan suasana di rumah akan menjadi layaknya suasana alami yang memberikan manfaat positif.

3. Menghilangkan Stress

Manfaat membuat lingkungan sealami mungkin adalah menghilangkan stress. Stress atau tekanan mental karena aktivitas yang sibuk dan padat harus diimbangi dengan istirahat yang cukup serta aktivitas refresh. Aktivitas refresh tidak harus selalu berliburan, namun juga bisa dengan memperhatikan tanaman dan kolam yang memberikan ketenangan.

Ide Kolam Taman Depan Rumah

Taman Tropis Kecil, sumber : Kompas Properti
Taman Tropis Kecil dan Kolam, sumber : Kompas Properti

Setiap orang pasti memiliki lahan yang berbeda-beda di rumahnya untuk tempat tinggal. Lantas, desan kolam taman depan rumah seperti apa yang cocok? Berikut ini beberapa ide kolam taman yang menarik.

1. Kolam Taman Minimalis

Desain minimalis akhir-akhir ini menjadi salah satu yang digandrungi. Ciri khas dari desain kolam minimalis adalah bentuknya yang pas namun tampak sebagaimana kolam yang cukup besar. Karena itu, untuk membuatnya, meskipun hanya kolam kecil, pastikan terdapat berbagai komponen seperti air mancur, ikan hias dan tanaman ornamen di dalamnya. Jangan biarkan kolam kecil Anda monoton dengan hanya sekedar air dan ikan.

2. Kolam Bertingkat

Ide lainnya untuk Anda yang punya kendala ketersediaan lahan untuk kolam adalah dengan kolam bertingkat. Kolam bertingkat ini termasuk unik karena aliran air yang bertingkat dapat menggantikan fungsi dari sirkulasi air yang dibutuhkan pada kolam biasanya yang menggunakan air mancur. Dengan desain yang bertingkat, otomatis tidak menggunakan lebar lahan melainkan susunan kolam ke arah vertikal.

3. Kombinasi Kolam dan Aquarium

Kolam juga bisa dikombinasikan dengan aquarium. Caranya adalah dengan menambahkan ornamen kaca pada sisi kolam. Kelebihan dari rancangan kolam ini adalah jangkauan pemandangannya yang lebih jauh. Karena dapat dipandang dari sisi kaca yang tampak dari jauh tanpa harus mendekat untuk melihat kolam dari tepinya.

Rancangan kolam gaya ini juga dapat dijadikan ornamen untuk menghiasi tembok rumah Anda. Bagian tembok rumah yang hanya terlihat monoton tanpa pemandangan ditambahkan dengan kaca aquarium untuk dijadikan kolam. Didalamnya terdapat ikan hias dan tumbuhan air yang memberikan kesan alami.

4. Kolam Jalan Setapak

Jika terdapat lahan di depan rumah Anda yang dapat dihias dengan jalan setapak, tambahkan juga kolam di sisi-sisinya. Sekilas, ide ini tampak sebagaimana selokan di sisi jalan. Namun karena berada di taman sebagai salah satu bagiannya, maka kolam di sisi jalan setapak ini memberikan kesan alami sebagaimana berjalan menyusuri sungai.

Kombinasi Kolam dan Ornamen Kayu, sumber : Dekoruma
Kombinasi Kolam dan Ornamen Kayu, sumber : Dekoruma

5. Perpaduan Kolam dan Ornamen Kayu

Perpaduan kolam dan ornamen kayu ini bisa dibuat misalnya di dekat gazebo taman rumah Anda atau pada lantai papan yang terdapat di rumah Anda. Antara kolam dan ornamen kayu pada bangunan juga cocok dan menambahkan kesan alami sebagaimana antara kolam dan kaca pada kombinasi kolam dan aquarium.

6. Kolam Dengan Air Terjun

Replika air terjun kecil dapat dibuat pada dinding rumah. Dengan menambahkan elemen bebatuan pada dinding kemudian membuat keran aliran air diatasnya, maka dinding tampak sebagaimana air terjun. Nah, jika terdapat kolam kecil dibawahnya dengan tambahan tanaman dan ornamen lainnya maka akan lebih lengkap kesan natural yang dimunculkan.

Itu dia beberapa ide kolam taman depan rumah yang bisa Anda coba. Masih terdapat berbagai macam ide lainnya yang pernah dibuat namun belum bisa kami rangkum dalam kesempatan kali ini. Untuk mencari informasi lainnya seputar taman, jasa taman, tanaman hias, kolam taman dan lain yang sejenisnya, Anda bisa membuka halaman gogreengardenjogja.com. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.