Taman tropis bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk membuat ruang hijau yang asri di tempat Anda. Meskipun terdapat berbagai macam ide taman lainnya, taman tropis cocok untuk kondisi tertentu. Ide ini juga bisa digabungkan dengan berbagai ide taman lainnya seperti taman vertikal, taman indoor dan lain-lain.

Ciri khas berbagai hal yang tropis adalah teduh, rindang, berangin sebagaimana suasana di pantai. Jadi, jika ingin mewujudkan taman yang tropis, Anda bisa memperkirakan lingkungan yang cocok. Salah satu contohnya adalah di tempat yang terik dan udara yang berdebu namun tetap memiliki oasis atau sumber air di sekitarnya. Nah, apakah ini sesuai dengan lingkungan tempat Anda ingin mewujudkan taman yang satu ini?

Elemen Taman Tropis

Meskipun sebagian besar dari bagian taman adalah tumbuhan hijau, namun elemen taman bukan hanya itu saja. Jika sepenuhnya terdiri dari tumbuhan saja, sistem lingkungannya tidak seimbang. Keberadaan tumbuhan tentu harus dibarengi dengan elemen taman lainnya. Lantas, apa saja yang menjadi elemen taman tropis?

Taman Tropis Kecil, sumber : Kompas Properti
Taman Tropis Kecil, sumber : Kompas Properti

1. Tumbuhan Tropis

Elemen pokok sekaligus yang utama dari taman ini adalah segala tumbuhan dan pepohonan yang tropis. Inilah yang menjadi ciri khasnya sekaligus yang membedakan dengan berbagai ide taman lainnya. Jadi, elemen yang satu ini tentu saja menjadi salah satu yang wajib ada.

Jenis tanaman palem, pisang-pisangan, anturium, dan berbagai tanaman tropis lain berdaun lebar seperti talas adalah beberapa tanaman yang tak boleh terlewatkan ketika membuat taman tropis. Meskipun pantai sangat khas dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi, namun tentu saja untuk konsep yang minimalis atau kecil tidak cocok. Kecuali jika terdapat alternatif pohon kelapa yang pendek.

2. Elemen Keras

Elemen keras sebagiannya termasuk kebutuhan dari elemen lunak (tanaman atau tumbuhan) pada taman. Beberapa diantaranya adalah tanah, batu dan kayu. Jadi, taman memang tidak hanya diisi oleh tumbuhan dan air saja tanpa elemen keras yang juga menjadi kebutuhannya.

Untuk taman tropis, elemen keras ini berbentuk apa saja? Ada banyak ide yang bisa diwujudkan. Inspirasinya tentu saja lingkungan tropis yang paling alami yaitu pantai. Saat Anda berada di pantai, apa saja yang Anda lihat?

Dibandingkan tanah, biasanya kita menemukan lebih banyak pasir. Namun bisa saja kurang sesuai untuk taman di rumah. Solusi alternatifnya adalah tanah yang tidak basah dan dipadukan dengan kerikil dan sedikit pasir.

Untuk kayu, Anda bisa membuatnya menjadi tempat duduk, tempat berteduh atau bahkan gazebo. Selain itu bisa ditambahkan juga kolam yang bisa melengkapi suasana tropis dengan batu, air dan ikan di dalamnya.

Ornamen Taman Tropis, sumber : Medcom.id
Ornamen Taman, sumber : Medcom.id

3. Ornamen Seni

Ornamen seni yang bisa Anda tambahkan pada taman tropis ada banyak. Anda bisa menambahkan lampu, hiasan khas pantai seperti tempat bermain pasir untuk anak-anak. Dan juga hammock untuk bersantai menikmati suasana khas pantai. Bisa juga membuat jalan setapak yang tersusun dari batu. Selain itu, tentu saja masih terdapat banyak ide lainnya yang bisa menjadi ornamen taman tropis.

Ide Taman Tropis

Dengan berbagai elemen di atas, lantas bagaimana rancangan taman tropis yang menarik untuk Anda? Taman tidak harus selalu dibuat pada lahan yang luas. Jika Anda memiliki hunian yang hanya menyisakan sedikit tempat saja, Anda juga tetap bisa membuat taman. Berikut beberapa ide taman yang menarik.

1. Taman Beranda

Untuk Anda yang memiliki beranda yang cenderung monoton dan kosong karena hanya berisi tempat duduk serta meja atau bahkan tidak dapat ditempatkan kursi dan meja sama sekali, Anda bisa membuatnya menjadi taman tropis yang minimalis.

Anda bisa menempatkan beberapa pot pada lantainya atau membuat pot gantung yang berisi tanaman tropis. Terdapat juga ornamen seperti tiang bercabang yang dapat menjadi tempat meletakkan berberapa pot secara vertikal. Anda juga bisa membuat dudukan pot jenis lainnya.

2. Taman Vertikal

Taman vertikal bukan hanya sekedar pot yang diletakkan dengan tiang bercabang seperti ide taman beranda di atas. Namun taman vertikal memang cara menempatkan taman secara vertikal pada dinding pembatas atau tembok rumah.

Inspirasi ide ini juga telah sering dicoba. Bahkan jika ahli, Anda dapat mengatur sirkulasi air pada tanaman yang disusun vertikal layaknya cara tanam hidroponik menggunakan pipa. Taman vertikal juga bisa dengan jenis taman yang merambat pada dinding atau tembok. Anda tinggal menambahkan berbagai ornamen tropis yang sesuai di sekitarnya.

Taman Tropis, sumber : Annieland Tangerang
Taman Tropis, sumber : Annieland Tangerang

3. Taman Indoor

Membuat taman tidak harus selalu pada ruang terbuka dan bercahaya. Anda juga bisa memberikan berbagai tanaman pada ruangan sehingga menjadi taman indoor. Tentu saja kondisinya akan sedikit berbeda dengan ide taman lainnya.

Pada taman indoor Anda memang perlu menentukan jenis tanaman tertentu yang mudah perawatannya dan mudah tumbuh pada lokasi yang kekurangan udara, air dan sinar matahari. Mendapatkan jenis tanaman seperti ini tidaklah sulit.

Ide taman indoor tropis lainnya adalah dengan sedikit merenovasi bangunan Anda. Buatlah sedikit space yang terpapar sinar matahari. Anda bisa menambahkan kolam kecil dan dikelilingi oleh tanaman tropis serta beberapa batu-batu besar.

Itu dia beberapa ulasan seputar ide taman dengan gaya tropis yang bisa coba Anda terapkan di rumah Anda. Jika merasa kerepotan untuk mewujudkannya sendiri, Anda bisa mencoba menggunakan jasa tukang taman yang sudah berpengalaman. Semoga informasi menarik ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.