Ide taman indoor ternyata memiliki banyak dampak positif. Namun tentu saja apabila dikelola dengan baik. Indoor atau bagian dalam rumah harusnya lebih higienis dibandingkan di luar rumah. Namun bagaimana bisa taman di dalam rumah dengan berbagai macam jenis tanamannya tetap menjaga ruangan dalam kondisi yang higienis?

Taman di dalam rumah meskipun tidak sebagaimana taman di halaman rumah ternyata ide yang bagus. Fungsinya bukan hanya memperkaya bagian rumah namun juga memiliki manfaat positif dari sisi kesehatan. Tetapi ada syarat yang perlu dipenuhi. Karena lingkungan di dalam rumah berbeda dengan linkungan luar rumah meskipun sama-sama disebut taman.

Lantas, bagaimana sebenarnya ide taman di dalam rumah ini? Apa saja manfaat keberadaan taman di dalam rumah? Simak berbagai informasinya berikut ini.

Taman Indoor Minimalis, sumber : Lifestyle Okezone
Taman Indoor Minimalis, sumber : Lifestyle Okezone

Ide taman dalam rumah

Apakah Anda memiliki bagian dalam rumah Anda yang kosong? Tidak harus sebuah ruangan, namun juga space tertentu seperti dinding yang belum memiliki ornamen, permukaan yang tidak diletakkan benda apapun atau bahkan kaca jendela yang besar yang harusnya bisa tampak lebih bagus. Idenya adalah dengan menempatkan satu atau beberapa tanaman.

Beberapa konsep ide taman indoor yang bagus yang sudah pernah diwujudkan adalah :

  1. Meletakkan pohon palem diantara kursi ruang tamu
  2. Membuat kolam kecil dan tanaman air di bagian dalam rumah di bawah tempat masuknya cahaya
  3. Menempatkan tanaman merambat pada dinding kamar mandi di dalam rumah
  4. Membuat hidroponik di dapur untuk tanaman herbal atau rempah yang dapat menjadi bumbu dapur dan ide-ide lainnya.

Semua ini adalah ide taman dalam rumah.

Untuk membuat taman di dalam rumah, tentu saja perlu konsep yang tepat, salah satunya adalah menentukan jenis tanaman yang akan diletakkan. Karena tidak mungkin menempatkan tanaman yang dapat tumbuh tinggi misalnya, menempatkan tanaman yang akarnya dapat menembus tembok atau bahkan menempatkan tanaman yang tidak dapat tumbuh karena kekurangan cahaya matahari.

Manfaat taman indoor

Tahukah Anda bahwa pencemaran di suatu ruangan atau dalam rumah (indoor) bisa lebih besar tingkatnya dibandingkan out door? Hal ini disebabkan sekat-sekat yang membatasi ruang dalam rumah tidak memberikan akses udara yang cukup. Sehingga jika terdapat satu saja pemicu pencemaran, maka intensitasnya lebih tinggi.

Tanaman Bumbu di Ruang Dapur, sumber : putra garden bali
Tanaman Bumbu di Ruang Dapur, sumber : putra garden bali

Lantas, bagaimana solusinya? Salah satunya adalah dengan menempatkan tanaman atau bahkan membuat taman kecil di dalam ruangan atau dalam rumah. Untuk mengetahui lebih jauh, berikut manfaat taman dalam rumah yang menarik untuk diketahui.

1. Dampak Positif Untuk Kesehatan

Ada kemungkinan bahwa tanaman dapat menyaring mikroba di udara, yang dapat menginfeksi atau mengakibatkan iritasi pada pernapasan anda. Sebuah penelitian di Washington State University menemukan bahwa tanaman tropis dan tanaman rumah biasa, bermanfaat untuk mengurangi debu hingga 20 persen.

Sehingga, keberadaan tanaman di dalam rumah dapat mengontrol kelembapan udara. Dimana, apabila terlalu kering, lingkungan dalam ruangan dapat mengakibatkan iritasi bagi organ tubuh salah satunya adalah pernapasan.

2. Meningkatkan Oksigen Siang Hari

Sebagaimana yang diketahui, tanaman melakukan fotosintesis. Selama proses fotosintesis, tanaman akan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Proses pernapasan yang berlawanan seperti ini membuat tanaman dan manusia menjadi partner alami yang baik.

Meletakkan tanaman di ruangan rumah atau kantor dapat meningkatkan kadar oksigen. Namun sebagaimana diketahui, fotosintesis ini hanya terjadi pada siang hari. Sedangkan malam hari yang terjadi sebaliknya, tanaman akan melepas karbon dioksida dan menyerap oksigen.

3. Menyaring Udara

Tanaman dapat membantu menghilangkan senyawa berbahaya yang dikeluarkan dari bahan bakar, perabotan, dan pakaian. Terdapat penelitian yang bertentangan terkait apakah tanaman benar-benar dapat membersihkan udara. Banyak situs web mengutip Studi Clean Air NASA dari tahun 1989. Namun, penelitian mereka dilakukan di dalam ruangan yang sangat terkontrol, dan rumah Anda membutuhkan banyak sekali tanaman untuk mendapatkan efek yang sama.

Taman indoor di ruang keluarga, sumber : Mommyasia
Taman Indoor di Ruang Keluarga, sumber : Mommyasia

Karena mampun menghilangkan senyawa berbahaya di udara, maka udara dalam ruangan apabila terpolusi akan disaring sehingga bersih kembali. Tentu saja dengan komposisi tanaman dalam ruangan yang cukup. Namun seharusnya ruangan atau dalam rumah tidak terlalu polusi sebagaiman di luar rumah.

4. Mengurangi Stress dan Meningkatkan Mood

Menurut buku Holistic Solutions for Anxiety & Depression, menyentuh tanaman juga dapat membuat Anda merasa lebih tenang. Bunga dikaitkan dengan kondisi positif dan dapat digunakan untuk meningkatkan mood Anda menjadi lebih baik.

Dengan peningkatan mood, apabila Anda sedang merasakan tekanan karena pekerjaan yang berat misalnya, maka berinteraksi dengan tanaman akan membantu mengurangi stress sekaligus. Jadi, berinteraksi dengan tanaman memberikan dampak yang baik bagi mental.

5. Terapi Hortikultura

Terapi Hortikultura adalah praktik yang menggunakan berkebun sebagai media terapi. Terapi ini juga dapat digunakan sebagai media rehabilitasi. Sehingga manfaat tanaman selanjutnya adalah berkaitan dengan kesehatan bagi secara fisik juga.

Berkebun di luar ruangan dapat mengurangi risiko demensia hingga 36 persen. Anda juga dapat menemukan manfaat terapi serupa dengan skala yang lebih kecil, seperti Zen Garden, pohon bonsai, atau kebun herbal mini.

Terapi Hortikultura memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan dari segi sosial, fisik, dan vokasional. Beberapa studi menunjukkan bahwa Terapi Hortikultura menawarkan perbaikan signifikan untuk beberapa masalah perilaku dan kesehatan, seperti demensia, skizofrenia, depresi, hingga kanker stadium akhir.

Selain itu, tanaman yang diletakkan di rumah sakit atau panti jompo juga memiliki manfaat terhadap pasiennya. Salah satunya mengurangi perasaan cemas dan lelah dan mengurangi waktu pemulihan yang lebih cepat. Serta beberapa manfaat lainnya.

Itu dia sekilas ulasan menarik mengenai ide taman indoor. Selain itu terdapat juga informasi berupa manfaat keberadaan tanaman di dalam rumah atau ruangan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Simak terus halaman gogreen garden Jogja dan konsultasikan permintaan Anda kepada kami.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.