Desain rumah minimalis memiliki banyak keuntungan dari segi keuangan. Selain biaya pembangunan nya yang murah memiliki furniture yang cocok pun mudah di dapatkan. Saat ini ada beragam gaya atau jenis rumah minimalis yang sangat bagus untuk dijadikan contoh. Desain rumah minimalis dengan taman bisa menjadi pilihan untuk diadopsi pada rumah anda.

Sebagai bentuk rumah impian ada banyak hal yang harus ditambahkan dan diperhatikan agar selalu memiliki hasil yang baik. Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa hal mengenai desain rumah minimalis dengan taman.

Rumah Minimalis Dengan Taman

Rumah Minimalis dengan Taman
Tanaman menjadikan suasana sejuk. Sumber Unsplash

Seperti apapun model rumah yang dibangun, baik rumah Joglo, rumah minimalis maupun gaya modern, maka taman menjadi hal yang penting. Untuk desain rumah minimalis dengan taman, anda bisa memperhatikan hal berikut ini ketka membangun taman.

1. Penggunaan taman

Taman menjadi salah satu unsur yang tidak bisa dipisahkan pada rumah bagi sebagian orang. Selain berfungsi untuik keindahan. Taman juga berfungsi sebagai space spesial untuk bermain anak, beristirahat dan bahkan untuk mengurangi stress. Karena itu anda bisa memanfaatkan lahan yang tersedia di rumah anda untuk membangun taman yang indah.

Memang idealnya membangun taman itu di halaman depan, namun tidak tertutup kemungkinan anda bisa membangun taman di samping rumah atau bahkan di belakang rumah. Semua bisa dilakukan tergantung keberadaan lahan kosong yang anda miliki. Jika lahan kosong yang anda miliki hanya ada di bagian samping rumah dan memanjang, maka anda bisa membuat taman yang memanjang menyesuaikan bentuk lahan.

Beragam gaya dalam pembuatan taman bisa anda adopsi sesuai dengan kebutuhan dan yang anda suka. Anda bisa menggunakan taman jepang minimalis dengan kolam koi jika anda memiliki lahan yang cukup luas. Atau bisa juga mengunakan taman hidroponik untuk lahan yang luasnya terbatas. Semua bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing lahan.

2. Penambahan unsur kayu

Desain rumah minimalis dengan taman akan lebih indah dan terkesan alami jika menggunakan unsur kayu yang sudah banyak digunakan saat ini. Tentunya, desain ini menjadi pilihan bagi banyak pihak dengan keuntungan yang beragam. Ketika menggunakan unsur kayu bukan berarti rumah tidak dapat dibuat nyaman dan modern.

Untuk membuat rumah menjadi lebih nyaman anda bisa menambahkan beberapa ornamen penting lainnya. Anda bisa menambahkan kursi kayu di taman. Selain menggunakan kayu penggunaan material lain seperti batu hias, atau karang buatan dan bahan lainnya di bagian tertentu bisa menambah kesan lebih baik dan lebih indah.

3. Pemanfaatan dinding rumah

Banyak orang yang tidak memanfaatkan dinding rumah. Sebenarnya bagian ini dapat memberikan kesan yang lebih asri pada rumah yang bergaya minimalis. Terdapat beberapa kriteria tertentu yang dapat digunakan untuk memberikan desain dinding ruangan yang indah. Salah satunya adalah dengan menambahkan unsur tanaman yang menempel di dinding.

Beberapa bagian dinidng rumah bisa diberi tanaman yang merambat di dinding. Ini menimbulkan kesan tanaman hijau yang menjulang seperti dinding. Atau bisa juga dengan membuat relief buatan, air terjun dan tempat tanaman yang menempel di dinding. Ide ini terkadang tidak pernah terpikirkan oleh pemilik rumah, padahal dengan memanfaatkan dinding seolah anda mendapatkan tembahan lahan baru.

Yang perlu di perhatikan dalam memanfaatkan dinding rumah sebagai bagian dari taman adalah, ketika anda membangun air terjun buatan yang menggunakan dinding, maka pastikan dinding yang di gunakan bukan dinding bagian rumah. Anda bisa menggunakan dinding pagar samping. Selain itu dalam penggunaan tanaman merambat, anda perlu memperhatikan agar pertumbuhannya tidak mengarah kemana-mana.

Rumah Minimalis dengan Taman
Lampu taman. Sumber Unsplash

4. Penambahan lampu taman pada halaman rumah

Taman menjadi bagian penting bagi rumah sebagai salah satu penyegar. Tentunya, dengan taman yang indah akan menciptakan suasana yang lebih nyaman. Ketika anda memasangkan lampu taman cobalah untuk menggunakan lampu pada bagian jalur di taman. Lampu ini akan menyoroti setiap langkah anda atau seseorang untuk memasuki rumah.

Lampu taman juga akan menjadikan taman terlihat lebih syahdu dan indah di malam hari. Ada banyak pilihan lampu taman yang bisa anda gunakan. Mulai dari lampu dengan tenaga surya, lampu LED sampai dengan lampu filamen dengan gaya vintage. Semua tergantung dengan tema yang akan anda usung dalam membangun taman.

Karena penempatan lampu di luar ruangan atau outdoor, maka pastikan anda menggunakan lampu yang memilikiĀ  kualitas terbaik sehingga bertahan lama. Selain itu wadah atau tudung lampu yang di gunakan harus mempertimbangkan keamanan dan juga menunjang keawetan lampu ketika menghadapi cuaca yang buruk.

Sebenarnya berbagai lampu artistik dari tembaga bisa anda dapatkan di pengrajin tembaga yang biasanya membuat wadah atau tudung lampu yang unik. Namun dalam pemakaiannya, karena terbuat dari tembaga sebaiknya digunakan di dalam ruangan, atau paling tidak di teras yang terlindung dari sinar matahari langsung dan hujan.

5. Minimalis dengan kesan natural di dalam rumah

Rumah Minimalis dengan Taman
Tanaman bisa dimanfaatkan di dalam rumah. Sumber Unsplash

Penambahan kesan yang natural di dalam rumah sangat mudah untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan menambahkan beberapa aspek kesegaran dari tanaman. Anda bisa menambahkan pot kecil di dalam rumah seperti ruang tengah sebagai penyejuk. Bisa juga menggunakan bagian void rumah jika rumah anda dua lantai untuk membuat semacam taman kecil indoor.

Untuk jenis tanaman yang bisa digunakan bisa bermacam-macam. Anda tinggal menyesuaikan dengan penempatan tanaman dan juga area yang digunakan untuk pertumbuhan. Bisa dengan konsep zen garden ala jepang. Bisa juga dengan model seperti hidroponik. Tantu saja masing-masing memiliki keunggulan.

Untuk pembuatan taman di dalam rumah tentu harus memperhatikan tingkat intensitas sinar matahari yang masuk, sirkulasi udara dan juga alur drainase air jika tanaman tersebut membutuhkan banyak air. Lebih amannya memang menggunakan tanaman yang tidak membutuhka banyak air seperti kaktus atau mungkin bonsai.

Itulah ulasan mengenai tips desain rumah minimalis dengan taman. Anda bisa mencoba tips ini dirumah untuk menciptakan kesan sejuk rumah anda. Semoga artikel ini memberikan informasi bermanfaat untuka anda. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya hanya di website jasa taman Jogja ini. Terima kasih.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.