Batuan dan segala jenisnya adalah elemen taman yang perlu diketahui dan yang sangat penting bagi pembentukan karakter taman. Seperti halnya unsur alam, batu juga mampu menciptakan kesan yang alami bagi taman minimalis anda. Ada berbagai macam batu hias taman rumah yang bisa anda jadikan pilihan ketika membangun taman.

Berbagai bebatuan yang indah tersebut bisa anda beli di toko perlngkapan taman atau toko tanaman dengan harga yang bervariasi. Bahkan anda bisa mencarinya sendiri di temopat yang kaya akan bebatuan seperti di sungai. Masing masing jenis batu hias taman rumah ini memiliki karakter dan tektur yang khas sehingga mempu menciptakan taman yang benar-benar sesuai keinginan anda. Inilah beberapa jenis batu hias taman rumah yang bisa anda jadikan pilihan.

Batu Hias Taman Rumah
Batu yang ditata. Sumber Unsplash

1. Batu Agregat

Batuan agregat terdiri atas berbagai material yang terbentuk menjadi satu dengan bahan pengikat. Jika anda ingin menambahkan dekorasi pada desain halaman belakang atau taman bunga halaman depan, batu agregat adalah batu tepat untuk dijadikan pilihan. Batu agregat bisa dalam bentuk kerikil kecil dekoratif hingga bongkahan batu besar.

Batuan agregat dapat membantu memberi lanskap anda bentuk tekstur, sekaligus membantu drainase air dan kontrol kelembapan taman. Batuan agregat atau biasa juga disebut batu komposit bisa terbentuk di alam karena proses alamiah, namun ada pula yang buatan manusia. Dengan tangan terampil ahli taman, batu agregat buatan akan tampak indah dan menawan.

2. Batu Kerikil

Kerilil meskipun terlihat sepele namun akan menjadi indah ketika dipadukan dengan material lainnya. Anda bisa dengan mudah menemukan material batu kecil ini di alam. Terbentuknya kerikil karena adabnya angin dan air yang berproses dalam jangka waktu lama menghaluskan bebatuan besar menjadi kerikil. Batu-batu kecil ini sangat cocok untuk penutup tanah. Kerikil cukup ringan untuk ditempatkan di petak bunga anda dan cukup kecil untuk mengisi celah di antara batuan yang ditata di tanah.  

3. Batu Sungai

Batuan sungai memiliki karakter bermacam macam, namun sebagian besar bertekstur keras, bentuk dan bahannya menyerupai kerikil tetapi sedikit lebih besar. Bebatuan sungai adalah pilihan yang sempurna untuk batu hias taman rumah anda. Tidak hanya sangat serbaguna, tetapi juga sangat mudah di dapatkan dan tentu saja lebih murah.

Gunakan bebatuan sungai untuk ditata di tepian hamparan bunga, bisa juga untuk taman batu zen garden, atau susun satu sama lain untuk membuat dinding, namun anda harus memberikan bahan pengikat seperti semen. Batuan sungai sangat cocok untuk menghadirkan kesan alami pada taman rumah anda.

4. Batu Lava

Batu lava berasal dari material vulkanik gunung berapi. Tidak hanya tersedia dalam berbagai warna, mulai dari hitam pekat hingga merah cerah, tetapi batu lava juga tersedia dalam berbagai ukuran.batuan lava bisa dijadikan untuk pengganti rumput bagi anda yang tinggal di daerah kering sehingga rumput hias susah tumbuh.

Sifat batu lava yang ringan, dapat menahan air dan panas dengan baik akan membuat taman anda akan tetap aman meskipun dalam cuaca panas. Anda bisa menata batu lava untuk melengkapi ide kolam taman depan rumah anda. Batu lava mudah sekali didaatkan di Indonesia karena indonesia memiliki banyak gunung berapi aktif yang tersebar di berbagai daerah.

5. Batu Besar atau Boulders

Coba tambahkan batu besar ke hamparan bunga anda untuk menciptakan kesan yang berbeda. Sebagaimana yang ada di alam liar, tidak semua bebatuan di alam besarnya seragam. Karena itu anda bisa menambahkan batu besar. Selain itu batu besar terkadang juga digunakan untuk perlindungan berbagai organisme yang ada di taman seperti lumut, hewan kecil dan sebagainya dimana organisme tersebut memiliki andil dalam keberlangsungan kehidupan di taman.

6. Batu Ubin

Batu ubin besar bagus digunakan sebagaibatu hias taman rumah anda karena akan menciptakan lanskap yang alami dan tentu nyaman untuk bertelanjang kaki. Batu ubin tidak hanya dapat dipotong dengan bentuk yang khusus agar sesuai dan dapat di tata, tetapi juga tersedia dalam berbagai warna, ketebalan, dan tekstur. Batu bentuk lempengan ini biasanya digunakan untuk membuat jalan setapak pada taman anda.

7. Batu Kapur

Batu kapur atau biasa disebut karst, atau batu gamping sangat mudah ditemukan di Indonesia. Batuan ini adalah bahan baku pembuatan semen. Batuan ini sering digunakan sebagai jalan setapak dan dapat diampelas menjadi berbagai tekstur untuk selanjutnya berguna untuk tampilan yang menawan pada rumah anda.

Batu Hias Taman Rumah
Batu bisa dengan mudah ditemukan di alam. Sumber Unsplash

8. Batu pasir

Sesuai dengan namanya, batupasir memiliki tampilan berpasir. Butir kecil dapat menambah arsitektur yang bagus untuk batu hias taman rumah anda. Batu pasir tersedia dalam berbagai warna. Bluestone adalah jenis batu pasir yang umum digunakan untuk membuatcorak yang kontras dari sebuah lanskap. Permukaan yang kasar atau tajam bisa diperhalus sehingga akan aman digunakan dan memberikan sentuhan yang nyaman.

Masih bingung dengan penataan taman berbatu untuk desain lanskap rumah Anda? Hubungi GoGreenGardenJogja.Com sebuah perusahaan jasa taman Jogja yang berpengalaman dalam penbuatan taman dengan profesional. Anda bisa berkonsultasi dengan kami mengenai konsep taman yang anda inginkan, konsultasi harga dan sebagainya.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.