Mengirim barang adalah hal yang biasa dilakukan sejak jaman dahulu. Hingga sekarang proses pengiriman barang semakin lama akan semakin mudah. Waktu yang dibutuhkan pun akan semakin singkat. Melihat hal ini ternyata juga banyak bermunculan berbagai macam jasa ekspedisi cargo di berbagai daerah, contohnya seperti Ekspedisi cargo di Jogja, Semarang, Surabaya, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya ekspedisi-ekspedisi tersebut akan memudahkan kita dalam mengirim barang baik antar kota, antar provinsi, hingga antar pulau. Barang yang bisa dikirimkan pun dapat berbagai macam, baik berupa benda mati bahkan benda hidup. Contoh benda hidup yang dapat dikirim melalui jasa ekspedisi adalah tumbuhan.

Dalam melakukan pengiriman barang berupa tumbuhan tentunya tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Mengingat barang ini adalah benda hidup yang mana harus diperlakukan spesial sehingga dapat sampai ke tujuan dengan selamat. Tumbuhan yang dikirimkan pun tentunya akan memiliki berbagai macam. Dari berbagai macam jenis tumbuhan tersebut juga akan diperlakukan berbeda untuk mengirimnya.

Interior Rumah Dengan Tanaman Hias, Sumber: unsplash.com/@heftiba

Hal umum yang biasanya harus diperhatikan saat hendak mengirimkan tanaman ke suatu daerah adalah pengurusan surat karantina tanaman. Surat ini akan diperlukan apabila tanaman tersebut akan dikirimkan antar pulau melalui kapal udara. Hal ini diperlukan supaya tanaman dapat lolos dalam proses skrining yang dilakukan di bandara. Surat karantina tanaman sendiri dapat anda dapatkan di kantor Balai Karantina Pertanian atau lembaga yang melayani pembuatan surat tersebut. namun apabila anda hendak mengirimkan tanaman tanpa menggunakan kapal udara, maka surat tersebut tidak diperlukan.

Tips Mengirim Tanaman Hias

Tanaman hias adalah tanaman favorit bagi kebanyakan orang, apalagi tanaman hias tidak perlu area luas bahkan taman minimalis pun cocok untuk tanaman hias. Tak sedikit orang yang menggemari tanaman ini untuk ditanam di sekitar rumah. Tak heran, dengan memiliki tanaman hias akan memberikan keindahan sendiri untuk lingkungan sekitar. Itulah kenapa banyak orang yang rela mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli tanaman jenis ini.

Dalam melakukan jual beli tanaman hias sering juga melibatkan pengiriman tanaman tersebut dari jarak jauh. Ekspedisi akan mengemudi jarak jauh pula untuk mengirimkan tanaman hias tersebut. Hal ini menuntut seorang penjual untuk melakukan packing kepada tanaman hias dengan baik agar tidak rusak. Dalam melakukannya, packing yang diberikan dengan packing untuk tanaman berkayu atau lentur. Tanaman hias memiliki sifat yang getas dan juga mudah patah.

Kemasan yang terbaik untuk tanaman ini adalah kardus yang memiliki kualitas yang baik dan juga kokoh. Kardus tersebut juga harus memiliki volume yang lebih besar dari tanaman yang akan dikirim. Hal ini supaya didalam masih terdapat ruangan untuk tanaman tersebut. namun ruang kosong yang ada di dalam kardus juga tidak boleh terlalu besar. Toleransi ruang kosong itu adalah sepanjang 3 sampai 6 cm dari lebar dan tinggi kardus.

Bungkus Tanaman Hias untuk Dikirim Jarak Jauh, Sumber: Instagram/@astriega

Pemberian ruang kosong tersebut tentunya untuk mencegah tanaman hias menjadi patah saat berdesakan dengan barang yang lain. selain itu anda juga dapat memberikan penunjang berupa bambu di dalamnya. Bambu-bambu yang telah disiapkan pertama-tama dipotong dengan ukuran yang lebih tinggi dari tanaman. Setelah itu bambu tersebut dipasangkan di berbagai sudut di dalam kotak kardusnya. Pemberian bambu ini akan memperkokoh kardus yang menjadi kemasan dari tanaman hias.

Tips Mengirim Tanaman Berkayu

Selain tanaman hias, tanaman berkayu juga sering menjadi idola bagi setiap orang. Tanaman ini akan menunjang keindahan rumah yang dilengkapi dengan tanaman ini. terkadang juga tanaman jenis ini memiliki buah yang bisa dipetik dan dikonsumsi. Tanaman berkayu tentunya memiliki sifat yang berbeda dengan tanaman hias. Tanaman ini memiliki batang yang lebih kuat dan beberapa jenis lainnya memiliki batang yang lentur.

Karena berbeda dengan tanaman hias, perlakuan untuk mengemas tanaman ini untuk dikirim ke suatu daerah juga berbeda. Pengemasan yang dilakukan tidak serepot tanaman hias. Untuk mengatasinya masih diperlukan kardus yang kokoh namun karena tanaman ini memiliki kayu yang kuat dan lentur, maka toleransi ruang kosong di dalamnya tidak diperlukan. Jadi kemasan kardus tidak akan masalah apabila dibuat pas dengan tanaman berkayu.

Baca Juga: Jasa Perawatan Taman

Sebelum membungkusnya dengan kardus, tanaman ini lebih dulu diberikan sedikit tanah liat di bagian akarnya. Hal ini untuk menjaga agar tanaman tetap segar. Setelah itu tanah liat tersbeut dibungkus dengan koran agar tidak rusak dan tidak berceceran. Baru setelah dibungkus dengan koran, tanaman dimasukan ke dalam kardus. Dengan metode pengemasan tersebut, tanaman akan tetap hidup hingga 3 sampai 5 hari kedepan.

Bungkus Bibit dan Tanaman Hidup untuk Pengiriman Melalui Udara, Sumber: Instagram/@pt.jedetaanugerahlogistik

Tips Mengirim Tanaman Besar

Saat mengirimkan tanaman tak jarang tanaman tersebut mempunyai ukuran yang besar. Dengan ukurannya yang besar menuntut anda untuk melakukan packing yang lebih ekstra agar tanaman tidak rusak. Agar kemasan tidak rusak, maka anda dapat menambahkan rangka kayu di luarnya. Kayu tersebut akan menahan barang lain yang berpotensi merusak kemasan tanaman anda.

Digunakannya kemasan kayu karena biasanya barang yang besar akan diletakkan di bagian bawah saat ekspedisi mengirimkan barang. Hal inilah yang menyebabkan kemasan beresiko rusak. Untuk kayu yang digunakan, anda dapat potongan kayu bekas yang masih bagus. Jenis kayu yang bisa anda gunakan pun beragam baik itu kayu lapis, kayu mahoni, atau kayu randu. Masing-masing akan memiliki kelebihan dan harga yang berbeda.

Setelah mengemas tanaman ke dalam kardus, anda dapat membuat kerangka kayu sesuai dengan kardus tersebut. jangan lupa untuk tetap menyesuaikan ukurannya agar tidak goyang saat dilakukan pengiriman. Setelah mengukur dan membuat kerangkanya anda dapat merekatkan antara kayu dengan paku. Namun apabila anda tidak ingin kerepotan untuk membuat kerangka kayu tersebut, beberapa jasa ekspedisi menyediakan fasilitas packing kayu. Jadi anda tidak perlu membuat kerangka kayu, namun pastinya juga akan dimintai biaya tambahan.

Nah, itulah beberapa tips dari Kami yang dapat anda gunakan untuk mengirim tanaman melalui jasa ekspedisi. Semoga dapat menambah wawasan dan memudahkan anda dalam mengirimkan barang khususnya tanaman ke luar kota.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.