Ikan hias kecil adalah salah satu pilihan yang cocok untuk kolam minimalis di rumah Anda. Terdapat banyak sekali ikan hias kecil yang terkenal dan rata-rata memiliki harga yang terjangkau Untuk perawatannya dan pakannya pun demikian, hampir rata-rata memiliki cara perawatan dan pakan yang sama.

Macam-macam Ikan Hias Kecil

Dibawah ini terdapat 10 macam ikan hias kecil yang bisa Anda dapatkan di pasar ikan hias terdekat. Namun tidak semuanya cocok untuk ditempat di kolam. Beberapa diantaranya lebih cocok ditempat di akuarium. Agar bisa membedakannya, berikut informasinya.

1. Ikan Cupang

Ikan Cupang, sumber : Merdeka.com
Ikan Cupang, sumber : Merdeka.com

Ikan Cupang bisa disebut sebagai salah satu ikan hias kecil yang banyak digandrungi di Indonesia. Meskipun belum tentu cocok dengan lingkungan kolam minimalis, namun tidak ada salahnya mengetahui sedikit informasi seputar ikan hias kecil yang satu ini.

Ikan Cupang adalah ikan yang berasal dari jenis ikan berukuran kecil dengan ukuran sekitar 2,5 cm dan dapat tumbuh hingga 12,5 cm. Ikan ini sangat unik karena dapat menghirup udara yang tidak berada di dalam air yaitu dengan menggunakan organ tubuhnya yang disebut dengan labirin. Perawatan dan budidaya ikan cupang yang cukup mudah membuat banyak orang yang membudidayakannya.

2. Ikan Guppy

Ikan Guppy, sumber : Suka Ikan
Ikan Guppy, sumber : Suka Ikan

Ikan guppy atau sering disebut sebagai ikan gupi, ikan cere, dan ikan seribu ini berasal dari Amerika Selatan. Tubuh ikan ini berukuran 2 – 3.5 cm saja dan berwarna – warni, sehingga ikan ini sangat populer. Guppy termasuk ke dalam ikan yang cepat untuk berkembang biak dan memiliki banyak jenis seperti guppy black moscow, guppy green red dragon, guppy crown tail, guppy platinum half moon, dan lain sebagainya.

Sekilas ikan guppy ini mirip dengan ikan cupang akan tetapi sebenarnya sangat berbeda. Pasalnya ikan guppy memiliki sifat yang tidak terlalu agresif dan sangat bagus untuk dipelihara bersama dengan ikan – ikan hias kecil lain di dalam satu akuarium.

3. Ikan Koi

Ikan Koi Kecil, sumber : Gambar Di Dunia
Ikan Koi Kecil, sumber : Gambar Di Dunia

Salah satu jenis ikan hias yang populer dari waktu ke waktu adalah ikan koi. Ikan koi pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1920-an. Ikan koi termasuk hasil persilangan dari beberapa jenis ikan mas dengan warna putih dan merah.

Jenis ikan hias ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias akuarium. Namun, biasanya orang memelihara ikan koi ini di dalam kolam. Ikan koi bisa tumbuh mencapai ukuran yang besar dan biasanya memiliki warna-warna yang sangat cantik yang bisa membuatnya menjadi sangat mahal jika diperjual belikan.

4. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki, sumber : Dictio Community
Ikan Mas Koki, sumber : Dictio Community

Ikan mas koki banyak sekali jenisnya, mulai dari yang ukurannya kecil sampai ke yang ukuran besar. Ikan Mas Koki merupakan salah satu jenis ikan hias yang populer dikalangan pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki karakteristik perut buncit dan warna yang cerah dan cantik yang membuat banyak orang menyukainya. Juga banyak sekali warnanya seperti jingga, putih, merah, hitam, dan lain sebagainya.

Meskipun ikan mas koki menjadi ikan hias yang cukup populer, namun ikan ini masih memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 hingga puluhan ribu per ekornya. Meski begitu, ada juga jenis ikan mas koki yang mencapai harga ratusan ribu, tergantung jenis dan usianya.

5. Ikan Molly

Ikan Molly, sumber : Tokopedia
Ikan Molly, sumber : Tokopedia

Ikan molly cukup terkenal karena pembawaannya yang tenang dan damai, ia adalah pilihan yang cukup populer sebagai pengisi akuarium air tawar dengan berbagai ukuran. Ia mempunyai beragam corak yang cantik, jenis kelaminnya pun gampang dibedakan. Ikan molly jantan lebih ramping dibandingkan ikan molly betina.

Ikan ini berukuran 5 – 10 cm yang termasuk ke dalam hewan omnivora. Mereka akan semangat melahap ganggang yang terdapat pada batu dan tanaman hidup. Ikan ini akan lebih nyaman berada di dalam akuarium berkapasitas minimal 75 liter lengkap dengan batu dan tanaman hidup yang terdapat ganggangnya.

6. Ikan Platy

Ikan Platy, sumber : Suka Ikan
Ikan Platy, sumber : Suka Ikan

Ikan Platy merupakan ikan kecil yang cantik, tersedia dalam berbagai macam warna yang indah. Mereka juga termasuk jenis ikan hias yang melahirkan. Ikan hias ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan juga cukup kebal dari serangan penyakit. Harga ikan platy juga sangat murah, yaitu sekitar Rp1.000 sampai 2.000-an saja.

7. Ikan Bala

Ikan Bala, sumber : Dictio Community
Ikan Bala, sumber : Dictio Community

Ikan bala sering disebut juga dengan ikan hiu bala karena bentuknya yang sekilas menyerupai ikan hiu. Namun ikan ini tidak sebuas ikan hiu, hanya tubuhnya saja yang sekilas mirip. Ikan ini hidup di air tawar dan jika di habitat aslinya, ikan ini dapat tumbuh hingga 35 cm. Ikan hias air tawar ini memiliki sisik dan sirip metalik yang kontras dengan warna hitam dan putih. Warna tersebut akan sangat cantik saat berada di dalam akuarium.

8. Ikan Lemon

Ikan Lemon, sumber : Hewan Air Info
Ikan Lemon, sumber : Hewan Air Info

Ikan lemon memiliki nama latin neolamprologus leleupi. Seperti namanya ikan ini berwarna kuning persis dengan buah lemon. Ikan ini termasuk ke dalam ikan yang agresif, sehingga kalian harus memisahkannya dengan ikan hias yang lainnya. Karena jika terdapat ikan yang lebih kecil dari tubuhnya, maka ikan lemon akan segera melahap ikan tersebut. Ikan ini memiliki daya tahan yang cukup kuat sehingga cocok untuk dipelihara oleh para pemula dalam memelihara ikan hias.

9. Ikan Tetra

Ikan Tetra, sumber : Gerava | Ikan Hias | Burung Kicau | Kucing | Anjing
Ikan Tetra, sumber : Gerava | Ikan Hias | Burung Kicau | Kucing | Anjing

Ikan tetra memiliki banyak jenis seperti neon tetra, lemon tetra, x-ray tetra dan masih banyak lagi. Mereka memiliki tubuh yang transparan yang berfungsi untuk berlindung dari gangguan predator. Bahkan untuk ikan tetra jenis neon tetra mereka memiliki tubuh yang berkilau ketika terkena cahaya. Hal ini menjadikan neon tetra lebih menarik dari ikan tetra yang lainnya.

Selain itu semua jenis ikan tetra dapat dengan mudah beradaptasi, sehingga sangat cocok untuk di pelihara bersama dengan ikan kecil lain dalam satu akuarium. Ikan ini juga tidak membutuhkan perawatan kusus. Jadi untuk kalian para pemula dapat dengan mudah merawat ikan hias kecil yang cantik ini.

10. Ikan Komet

Ikan Komet, sumber : Ikanesia.id
Ikan Komet, sumber : Ikanesia.id

Ikan komet yang memiliki nama latin Carrassius Auratus. Memiliki tubuh yang ramping dengan warna perak mengkilap putih dan merah cerah serta ekor panjang yang melambai saat berenang membuat para pecinta ikan hias memburu ikan ini. Untuk harganya, ikan komet biasanya dijual dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 60.000 per ekor.

Ikan ini dapat dijadikan sebagai sahabat yang baik bagi ikan hias lainnya di dalam akuarium karena sifatnya yang jinak. Kombinasi warna yang dimilikinya sangat beragam yang dapat membuat siapa saja terpana melihatnya. Warna – warna tersebut diantaranya adalah kuning, merah, putih, hitam dengan pola – pola abstrak yang cantik.

Itu dia informasi seputar ikan hias kecil yang menarik untuk Anda. Simak terus berbagai informasi lainnya seputar jasa taman dan kolam di gogreengardenjogja.com. Untuk berkonsultasi, hubungi nomor kontak yang terdapat di halaman kontak.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.