Kolam minimalis bisa menjadi ide yang cocok untuk Anda. Beberapa hal yang juga berkonsep minimalis yang sering menjadi tren adalah desain rumah dan taman. Untuk melengkapi desain rumah dan taman minimalis, kolam minimalis adalah yang paling cocok. Sebenarnya, bagaimana yang disebut konsep minimalis?

Konsep minimalis adalah lawan dari konsep kompleks. Artinya, setiap yang memiliki konsep minimalis biasanya lebih simpel, lebih kecil, lebih hemat dan ciri khas minimalis lainnya. Lantas, bagaimana yang disebut dengan kolam minimalis? Untuk itu mari kita ulasan bersama di artikel ini.

Mengapa Harus Memiliki Kolam?

Gambar desain taman minimalis dengan kolam
Kolam Taman Minimalis, sumber : Go Green Garden

Pertanyaan ini sama dengan saat kita mengulas mengapa harus memiliki taman. Tentu saja ada manfaatnya. Rumah yang merupakan tempat tinggal bukan hanya sekedar bangunan yang kita tempati saja. Namun perlu dilengkapi dengan taman dan kolam untuk menjadikannya sebagai lingkungan tempat tinggal yang sehat.

Lantas, apa manfaat dari kolam di rumah? Di tengah berbagai konsep kolam seperti kolam minimalis, kolam indoor, aquarium outdoor dan konsep lainnya, terlihat bahwa keberadaan kolam diperlukan untuk membentuk lingkungan tempat tinggal yang ideal. Berikut manfaat kolam :

1. Menghemat Energi

Penggunaan alat seperti Air Conditioner atau kipas angin sebenarnya sudah berlebihan. Mengingat sumber energi seperti listrik dan bahan bakar yang semakin mahal dan terbatas. Keberadaan kolam taman depan rumah atau bahkan kolam indoor di dalam rumah bisa menciptakan lingkungan yang sejuk. Sirkulasi udara dengan air yang berada di kolam merupakan kolaborasi untuk menciptakan kesegaran.

2. Memberikan Suasana Alami

Pada lingkungan alami sehari-hari seperti hutan, sawah atau kebun, komponen seperti tumbuhan, air seperti pada kolam atau sungai serta angin merupakan kombinasi suasana alami. Biasanya, bangunan rumah hanya memiliki bangunannya saja atau sedikit tanaman. Apabila bisa ditambah komponen seperti kolam taman, makan suasana di rumah akan menjadi layaknya suasana alami yang memberikan manfaat positif.

3. Menghilangkan Stress

Manfaat membuat lingkungan sealami mungkin adalah menghilangkan stress. Stress atau tekanan mental karena aktivitas yang sibuk dan padat harus diimbangi dengan istirahat yang cukup serta aktivitas refresh. Aktivitas refresh tidak harus selalu berliburan, namun juga bisa dengan memperhatikan tanaman dan kolam yang memberikan ketenangan.

Kolam Minimalis

Biasanya konsep pembuatan kolam untuk halaman rumah disesuaikan dengan konsep rumah dan taman di depan rumah. Agar terlihat lebih serasi dan bisa menjadi pemandangan yang bagus. Namun kolam minimalis sebenarnya cocok untuk berbagai konsep taman yang pernah ada.

Bagaimana cara membuat kolam minimalis? Sebelum Anda langsung menghubungi jasa taman dan kolam, Anda bisa mengetahui beberapa informasinya terlebih dahulu.

Elemen Kolam

Untuk membuat kolam, Anda perlu mengetahui beberapa elemen yang harus ada. Elemen kolam bisa dibagi menjadi elemen keras, elemen lunak dan pelengkapnya. Sebagaimana taman juga demikian, namun untuk kolam ada definisi yang berbeda. Nah, apa definisi dari elemen-elemen ini?

Elemen keras pada kolam adalah bangunan kolam itu sendiri. Ada yang membuat kolam dengan dinding seperti dinding batu, dinding semen atau dinding kaca. Karena konsepnya minimalis dan merupakan desain untuk taman, elemen keras ini tidak terbuat dari tanah sebagaimana kolam peternak ikan.

Elemen lunak pada kolam bisa dikatakan isi dari kolam. Sebagaimana yang sering kita ketahui, kolam berisi air, ikan hias serta tanaman air. Kolam adalah bagian rumah yang berbasis air, sehingga tanpa air tidak bisa disebut kolam. Selain itu, apakah kolam akan diisi ikan atau tanaman, hal ini merupakan pilihan yang variatif bagi setiap orang.

Sedangkan yang disebut dengan pelengkap, adalah berbagai elemen selain elemen keras dan elemen lunak yang biasanya ditambahkan untuk tujuan tertentu misalnya menambah nilai estetik. Contohnya seperti ornamen dengan aneka macam bentuk, pancuran air, lampu dan elemen pelengkap lainnya.

Kolam Minimalis, sumber : Rumahku Unik
Kolam Minimalis, sumber : Rumahku Unik

Cara Membuat Kolam Minimalis

Untuk cara membuat kolam, meskipun namanya minimalis namun tetap saja membutuhkan keahlian tersendiri. Ada bangunan kolam, sistem air dan isi kolam seperti ikan hias atau tanaman air yang semuanya dibuat dan dimasukkan sesuai dengan kondisinya masing-masing. Namun agar dapat dibayangkan, berikut caranya :

1. Tentukan Desain

Agar dapat dibayangkan, kita perlu terlebih dahulu menentukan desainnya. Dalam hal ini tentu saja kita telah menentukan ide kolam minimalis. Namun perlu dilihat lagi, desain minimalis seperti apa yang sesuai dengan suasana tempat tinggal dan taman yang sudah ada di rumah Anda.

2. Menggambar Sketsa

Sampai di tahapan ini sudah memerlukan keahlian. Tidak semua orang mampu menggambarkan sketsa sebuah bangunan (kolam). Namun jika Anda bisa, tidak ada salahnya untuk mencoba menuangkan bentuk yang sesuai dengan keinginan Anda. Jika tidak bisa, Anda bisa memberikan gambaran untuk digambarkan oleh tukang atau jasa yang Anda pakai.

3. Membangun Dasar Kolam dan Dinding Kolam

Selanjutnya adalah kemampuan membuat bangunan. Bangunan kolam berbeda dengan bangunan biasa. Meskipun bangunan biasa juga dibuat agar tidak bocor atau kemasukan air seperti dinding rumah misalnya, namun kolam bukan hanya itu. Kolam adalah bangunan yang sampai harus menampung air secara terus menerus.

Maka, untuk bangunan kolam dibagi menjadi dua yaitu dasar kolam dan dinding kolam. Untuk dasar kolam atau lantainya biasanya dibuat dengan cor yang merupakan kombinasi dari semen, pasir dan air. Terdapat takaran tertentu untuk membuat lantas kolam dari cor sehingga air tidak bocor.

Selanjutnya adalah dinding kolam. Biasanya, dinding kolam ini dibuat berbeda dengan lantai kolam. Namun tidak menutup kemungkinan juga sama-sama menggunakan cor. Untuk yang berbeda antara dinding dan lantainya, biasanya dinding kolam dibuat menggunakan batu sungai atau batu berjenis yang sama dengan batu candi. Bahkan ada juga yang membuat dinding kolam dari kaca.

4. Membangun Sistem Air

Sistem air pada kolam biasanya adalah aliran air masuk serta aliran air keluar untuk menguras kolam. Namun saat ini sudah terdapat alat khusus yang bisa sekaligus menyaring, membersihkan air termasuk memberikan oksigen untuk ikan hias didalam kolam. Alat yang digunakan yaitu pompa dan nozzle yang dilengkapi dengan penyaring air

5. Menambahkan Isi Kolam

Selanjutnya adalah isi kolam. Hal ini menjadi pilihan Anda, apakah akan mengisi kolam dengan ikan hias, tanaman hias serta pelengkap lainnya seperti ornamen. Semua tergantung tema kolam yang Anda pilih.

Itu dia berbagai informasi seputar kolam minimalis mulai dari apa definisinya hingga cara membuat kolam minimalis. Semoga informasi ini bisa menambah ide untuk membuat lingkungan yang ideal di rumah Anda. Simak terus berbagai informasi menarik lainnya seputar jasa taman dan kolam di gogreengardenjogja.com.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.