Baik era pandemi seperti pada saat ini (April 2020) ataupun tidak, melakukan aktivitas digital marketing adalah hal yang penting bagi setiap pemilik usaha. Tak terkecuali untuk jasa taman, baik itu di Jogja atau di kota lainnya. Maka dari itu penting bagi pegiat usaha jasa taman untuk berproses melakukan digital marketing mulai dari sekarang. Berikut ini alasan mengapa digital marketing penting untuk usaha gardening.

Menyesuaikan Behaviour Market

Saat ini kita hidup bersama gadget sejak kecil. Target market jasa taman saat ini adalah orang yang sangat familiar dengan teknologi. Mereka akan menggunakan instagram, pencarian google hingga marketplace untuk menemukan yang diinginkan. Termasuk juga dengan jasa taman.

Gambar taman dengan kupu kupu, sumber unsplash @emielmolenaar
Gambar taman dengan kupu kupu, sumber unsplash @emielmolenaar

Toko offline di tempat yang strategis memang penting. Namun digital presence juga hal yang penting. Agar tidak ditinggalkan oleh target market kita. Terutama dari kalangan milenial yang terbiasa mencari infor lewat gadgetnya.

Mendapatkan Klien Baru

Sejalan yang kami sampaikan diatas, jika kita bisa menyesuaikan diri dengan perilaku target market maka kita akan bisa mendapatkan klien baru dari waktu ke waktu. Prinsipnya dalam bisnis sederhana, klien lama diperlakukan dengan baik. Klien baru pun juga. Sehingga bisa tumbuh dari waktu ke waktu.

Dengan instagram, kalangan milenial bisa digaet secara optimal. Investasi untuk branding, sehingga beberapa tahun kedepan saat mereka butuh jasa taman akan menghubungi Anda. Dengan website, gunakan jasa seo untuk optimasi website yang cocok dengan kata kunci yang “gurih” untuk usaha Anda.

Memberikan Informasi & Edukasi

Coba bayangkan jika Anda ingin merubah harga pada produk Anda di tahun 80 an. Anda rubah brosur dan jika punya banyak pelanggan bisa mengirim surat atau telepon satu persatu. Kini dengan digital marketing, Anda bisa melakukan perubahan harga atau hal lain di bisnis jasa taman Anda dengan cepat. Untuk mengkomunikasikannya bisa lewat channel yang Anda punya, mulai dari fanpage, instagram, website hingga email marketing.

Ilustrasi digital marketing, unsplash @firmbee

Katalog Produk Online

Dengan proses digital marketing yang terkonsep dengan baik. Anda bisa memiliki katalog online yang cantik dan bisa diakses oleh calon klien dengan cepat. Sebagai contoh, buatlah instagram untuk katalog tanaman yang sedang dijual secara real. Jadi klien yang membutuhkan perbaikan taman rumah misalnya, bisa mendapatkan informasi tanaman dengan baik sebelum memutuskan membeli.

Proses digital marketing untuk usaha taman bisa jadi terlihat mudah dijalankan. Namun dibalik itu sangat komplek. Jika Anda memiiki ilmu dan waktu untuk melakukannya sendiri, lakukanlah sendiri. Namun saran kami, gaetlah jasa digital marketing untuk mengerjakannya. Agar Anda bisa fokus di proses bisnisnya.

Terimakasih sudah berkenan menyimak tulisan kami ini. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat yang lebih luas lagi. Kami dari GoGreen Garden selalu berupaya memberikan layanan yang lebih baik dari waktu ke waktu untuk klien kami. Website ini salah satu wujud improve yang kami lakukan untuk pelanggan kami.

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.