Setiap orang pasti akan mengalami kematian. Apalagi saat kita ditinggalkan oleh orang yang paling kita cintai. Biasannya setiap orang tidak akan menyampaikan kesedihannya hanya dengan berkunjung.

Namun beberapa orang juga akan mengungkapkan perasaannnya melalui bunga atau buket bunga sebagai lambang duka cita dan belasungkawa. Karena satiap bunga yang diberikan memiliki makna yang bervariasi dan berbeda-beda. Tergantung dari jenisnya.

Bahkan bunga pun juga ada yang dijadikan sebagai simbol atau lambang setiap kematian, namun buket bunga tersebut seringkali dijadikan lambang akan kasih sayang tidak hanya itu saja buket bunga juga bisa dijadikan sebagai lambang peristiwa baik itu percintaan dan persahabatan.

Gambar bunga yang digunakan sebagai simbol belasungkawa sumber merahputih.com

Selain itu bunga yang cantik dan romantis tersebut juga ada makna yang tersimpan pada masing-masing bunga yang belum tentu orang memahaminnya. Agar tidak salah pilih ketika membeli dan memesan bunga.

Ketahuilah jenis-jenis bunga yang sering dijadikan untuk duka cita maupun untuk berbela sungkawa yang mana bunga ini juga dipasang di keranda mayat agar berkesan romantis bagi si mayit. Untuk lebih jelasnya didawah ini ada beberapa bunga cantik  yang ternyat dijadikan sebagi lambang kematian.

1. Bunga Melati

Bunga yang dipakai sebagai simbol duka cita yang pertama adalah bunga melati. Bunga melati ini juga sering dipakau untuk dijadikan hiasan untuk pengantin jawa dan terkenal juga dengan aromanya yang khas.

Ternyata bunga ini juga sering dijadikan sebagai pengungkapan rasa duka cita terhadap orang yang telah meninggal. Sehingga bunga yang sering dijadikan teh ini juga bisa diberikan kepada pelayat dalam bentuk buket kepada anggta keluarga mendiag.

Gambar bunga melati sumber lifestyle.okezone,com

2. Bunga Anyelir

Bunga yang sering dijadikan sebagai simbol duka cita berikutnya adalah bunga anyelir. Bunga ini sering kita jumpai sebagai bunga yang mengekpresikan empati dan kesedihan. Biasannya bunga ini dibuata dalam bentuk karangan atau buket bunga.

Bubga yang satu ini juga memiliki beberapa macan warna dengan makna yang berbeda. Bunga anelir putih bermakna rasa syukur yang mendalam Sementara untuk warna pink ini bermakana kasih sayang abadi seorang ibu terhadap anaknya sedangkan warna kuning melambangkan penolakan.

Jadi jangan salah pilih ketika kita memesan bunga anyelir tersebut. Hal ini karena secara tidak langsung memberikan semangat kepada pihak keluarga yang ditinggalkan dalam bentuk duka cita menggunakan buket bunga dari rangaian bunga anyelir.

3. Bunga Lily

Bunga yang sering menjadi simbol duka cita berikutnya adalah bunga lily. Bunga lily adalah bunga yang paling sering diikatkan dengan pemakaman. Karena melambangkan kepolosan yang dipilihkan pada jiwa si mayit.

Gambar bunga lily sumber kibrispdr.org

Bunga ini melambangan sebagai bunga untuk mengutarakan rasa simpati kepada keluarga yang ditingglkan, bahkan bunga lily ini baunnyamemberikan aura meningkatkan pemakaman.

Bunga lily tersebut juga memiliki beberapa makna antara lain seperti kesucian, kemurnian dan juga simpati atas kejadian atau musibah yang telah terjadi pada seseorang.

4. Bunga Mawar

Bunga yang sering menjadi simbol kematian selanjutnya adalah bunga mawar. Bunga mawar ini biasannya dijadikan sebagai lambang pengungkapan rasa cinta kepata seseorang dan juga bisa dijadikan juga sebagai lambang kematian.

Berbagai jenis bunga mawar ini juga melambangkan simbol utama yaitu spiritualis, kemurnian dan kepolosan. Saat pemakama bunga tersebut melambangkan cinta dan kesedihan. Pada bunga mawar ini juga melambangkan rasa syukur atas si mayat semasa hidupnya.

5. Bunga Gladiol

Bunga gladiol ini juga memiliki tangkaui bunga tinggi yang terdiri dari beberaoa bubga yang tingginya bisa mencapai empat kaki. Bunga gladiol ini adalah bunga yang memiliki arti kerulusan, kehormatan, dan intergrsi moral.

Gambar bunga gladiol sumber shopee.co.id

Oleh karena itu bunga gladiol dapat anda pilih untuk diberikan kepada pihak yang titinggalkan yang mana bunga tersebut untuk lambang wujuda rasa hormat dan ketulusan dari anda.

Sehingga bunga gladiol ini dangat cocok dan sering dipakai untuk membuat serangakaian bunga dan bukrt bunga sebagai bentuk duka cita dan berbeasungkawa.

6. Bunga Crysanthemum

Bunga crysanthemum ini selain di  bisa dijadikan sebagai minuman atau teh bunga ini juga bisa diberikan kepada pelayat dalam bentuk buket untuk menyampaikan rasa duka cita kepada anggota yang ditinggalkan.

Bunga ini sering untuk dijadikan buket kepada pelayat untuk keluarga mendiag karen bungga ini terlihat cantik ketika dipandang tapi akan menentukan ketika tau maknannya salah satunnya untuk pengungkapan rasa duk cita.

7. Bunga Krisan

Bunga krisan ini merupapan bunga yang biasannya dijadikan sebagai tanaman hias sekaligus rangkaian bunga untuk menjadi simbol duka cita saat upacara pemakaman.

Gambar bunga krisan sumber outerbloom.com

Tidak seperti bunga yang lainnya makna dibalik bunga krisan ini sangat bervariasi. Sehingga setiap warna dari bunga ini memiliki makan tersendiri. Salah satunnya untuk melambangkan kesdian saat si mayit dikebumikan.

Maka dari itu bunga ini sangat cocok untuk dijadikan bueket dan serangkaian bunga. Yang memberikan simbol dan melambangkan dari ratapan dan kesedihan bagai keluarga yang ditinggalkan.

Selain dijadikan untuk buket dan karangan bunga jenis tanam bunga seperti mawar, melati dan bunga matahari ini dapat dijadikan sebagai penghias atau dekorasi rumah dan bisa untuk membuat pagar rumah.

Maka dari itu bunga yang dijadikan sebagai pebnghias pagar tersebut nantinnya akan memberikan kesan yang asri dan natural untuk dijadikan sebuah pagar agar tambak hidup saat dilaluinnya dan dilihat.

Itulah beberapa jenis bunga yang sering dipakai menjadi simbol belasungkawa dan duka cita. Semoga jenis bunga tersebut dapat memberikan manfaat untuk anda yang sebelum salah membelinnya.

Dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya mengenai fakta unik bunga edelweis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Open chat
Tukang Taman Berpengalaman.